Nisyhu Sya'ban
● Keutamaan Malam Nishfu Sya'ban
- Ust. Badru Salam -
Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
يطلع الله تبارك وتعالى إلى خلقه ليلة النصف من شعبان فيغفر لجميع خلقه إلا لمشرك أو مشاحن
"Allah Tabaraka wa ta'ala akan melihat kepada makhlukNya pada malam nishfu sya'ban, lalu mengampuni semua makhlukNya (yang beriman) kecuali musyrik dan orang yang sedang bertengkar."
(Hadits shahih diriwayatkan oleh banyak shahabat yaitu Mu'adz bin Jabal, Abu Tsa'labah Al Khusyani, Abdullah bin Amru, Abu Musa Al Asy'ari, Abu Hurairah, Abu Bakar Ash Shidiq, Auf bin Malik dan Aisyah dan riwayat-riwayat ini saling menguatkan. Lihat silsilah shahihah no 1144).
Hadits ini menunjukkan keutamaan malam nishfu Sya'ban..
Namun tidak ada ritual ibadah tertentu di malam itu..
Adapun sholat nishfu sya'ban, haditsnya palsu..
Ibnul Jauzi berkata, "Hadits itu tidak diragukan lagi kepalsuannya..
Lihat kitab al maudlu'aat 2/127-129..
Imam Nawawi menyatakan bahwa sholat nishfu sya'ban adalah bid'ah (tidak ada contoh dr Rasul shallallahu 'alaihi wassalam).
Demikian dalam kitab fatawanya..
Lalu..
Ibadah apa yang bisa kita lakukan di malam itu..
Tentu ibadah apa saja yang disyari'atkan..
Seperti membaca al qur'an, shalat tahajjud dan sebagainya..
Moga kita termasuk yang mendapat ampunan di malam itu..
Aamiin..
≠≠============== ===== ~ • ~====
Malam Nishfu Syaban Seperti Malam Lainnya
Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal
Syaikhuna, Dr. Sholih bin Fauzan bin ‘Abdillah Al Fauzan hafizhohullah ditanya,
“Apakah ada dalil dari Al Qur’an atau hadits nabawi yang menunjukkan anjuran shalat malam nishfu sya’ban dan puasa di siang harinya?
Jika ada dalil, bagaimana cara khusus untuk menghidupkan malam nishfu sya’ban tersebut?
Dr. Sholih bin Fauzan bin ‘Abdillah Al Fauzan hafizhohullah berkata:
Tidaklah ada dalil dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang menunjukkan anjuran menghidupkan malam nishfu Sya’ban atau berpuasa pada siang harinya (15 Sya’ban).
Malam nishfu Sya’ban seperti halnya malam lainnya.
Barangsiapa memiliki kebiasaan menghidupkan malam harinya dengan shalat tahajjud, maka hendaklah ia menghidupkannya sebagaimana ia melakukannya di malam-malam lainnya selama ia tidak menganggap pada malam tersebut punya keistimewaan.
Karena mengkhususkan suatu waktu untuk ibadah harus membutuhkan dalil yang shahih.
Jika tidak ada dalil shahih, maka mengkhususkan suatu ibadah pada waktu tertentu termasuk amalan yang tidak ada tuntunan.
Setiap amalan yang tidak ada tuntunan termasuk kesesatan.
Begitu pula tidak ada dalil yang menunjukkan anjuran berpuasa pada tanggal 15 Sya’ban atau pada hari nishfu Sya’ban.
Tidak ada dalil dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang menunjukkan untuk melakukan puasa pada hari tersebut.
Jadi jika mengistimewakan puasa pada hari tersebut, maka jelas adalah suatu yang tidak ada tuntunannya.
Karena amalan yang tidak ada tuntunan adalah yang tidak memiliki dalil dari Al Qur’an dan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu dianggap oleh orang yang melakukannya sebagai bentuk ketaatan kepada Allah Ta’ala.
Karena sekali lagi ibadah adalah tauqifiyah yang harus didukung oleh dalil syar’i.
=======================
Amalan Keliru di Bulan Sya'ban
Bulan Sya’ban adalah bulan yang penuh kebaikan. Di bulan tersebut banyak yang lalai untuk beramal sholeh karena yang sangat dinantikan adalah bulan Ramadhan. Mengenai bulan Sya’ban, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ
“Bulan Sya’ban adalah bulan di mana manusia mulai lalai yaitu di antara bulan Rajab dan Ramadhan. Bulan tersebut adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan kepada Allah, Rabb semesta alam. Oleh karena itu, aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan.” (HR. An Nasa’i no. 2357. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memperingatkan keras agar umatnya tidak beramal tanpa tuntunan. Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam ingin sekali umatnya mengikuti ajaran beliau dalam beramal sholeh. Jika beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak memberikan tuntunan dalam suatu ajaran, maka tidak perlu seorang pun mengada-ada dalam membuat suatu amalan. Islam sungguh mudah, cuma sekedar ikuti apa yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam contohkan, itu sudah mencukupi.
Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَنْ أَحْدَثَ فِى أَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ مِنْهُ فَهُوَ رَدٌّ
“Barangsiapa membuat suatu perkara baru dalam agama kami ini yang tidak ada asalnya, maka perkara tersebut tertolak.” (HR. Bukhari no. 20 dan Muslim no. 1718)
Dalam riwayat Muslim disebutkan,
مَنْ عَمِلَ عَمَلاً لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ
“Barangsiapa melakukan suatu amalan yang bukan ajaran kami, maka amalan tersebut tertolak.” (HR. Muslim no. 1718)
Bid’ah sendiri didefinisikan oleh Asy Syatibi rahimahullah dalam kitab Al I’tishom,
عِبَارَةٌ عَنْ طَرِيْقَةٍ فِي الدِّيْنِ مُخْتَرَعَةٍ تُضَاهِي الشَّرْعِيَّةَ يُقْصَدُ بِالسُّلُوْكِ عَلَيْهَا المُبَالَغَةُ فِي التَّعَبُدِ للهِ سُبْحَانَهُ
“Suatu istilah untuk suatu jalan dalam agama yang dibuat-buat (tanpa ada dalil, pen) yang menyerupai syari’at (ajaran Islam), yang dimaksudkan ketika menempuhnya adalah untuk berlebih-lebihan dalam beribadah kepada Allah Ta’ala.”
Amalan yang Ada Tuntunan di Bulan Sya’ban
Amalan yang disunnahkan di bulan Sya’ban adalah banyak-banyak berpuasa. ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata,
فَمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – اسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ إِلاَّ رَمَضَانَ ، وَمَا رَأَيْتُهُ أَكْثَرَ صِيَامًا مِنْهُ فِى شَعْبَانَ
“Aku tidak pernah sama sekali melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa secara sempurna sebulan penuh selain pada bulan Ramadhan. Aku pun tidak pernah melihat beliau berpuasa yang lebih banyak daripada berpuasa di bulan Sya’ban.” (HR. Bukhari no. 1969 dan Muslim no. 1156)
Di bulan Sya’ban juga amat dekat dengan bulan Ramadhan, sehingga bagi yang masih memiliki utang puasa, maka ia punya kewajiban untuk segera melunasinya. Jangan sampai ditunda kelewat bulan Ramadhan berikutnya.
Amalan yang Tidak Ada Tuntunan di Bulan Sya’ban
Adapun amalan yang tidak ada tuntunan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam banyak yang tumbuh subur di bulan Sya’ban, atau mendekati atau dalam rangka menyambut bulan Ramadhan. Boleh jadi ajaran tersebut warisan leluhur yang dijadikan ritual. Boleh jadi ajaran tersebut didasarkan pada hadits dho’if (lemah) atau maudhu’ (palsu). Apa saja amalan tersebut? Berikut beberapa di antaranya:
1. Kirim do’a untuk kerabat yang telah meninggal dunia dengan baca yasinan atau tahlilan. Yang dikenal dengan Ruwahan karena Ruwah (sebutan bulan Sya’ban bagi orang Jawa) berasal dari kata arwah sehingga bulan Sya’ban identik dengan kematian. Makanya sering di beberapa daerah masih laris tradisi yasinan atau tahlilan di bulan Sya’ban. Padahal Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabat tidak pernah mencontohkannya.
2. Menghidupkan malam Nishfu Sya’ban dengan shalat dan do’a.
Tentang malam Nishfu Sya’ban sendiri ada beberapa kritikan di dalamnya, di antaranya:
a. Tidak ada satu dalil pun yang shahih yang menjelaskan keutamaan malam Nishfu Sya’ban. Ibnu Rajab rahimahullah mengatakan, “Tidak ada satu dalil pun yang shahih dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabat. Dan dalil yang ada hanyalah dari beberapa tabi’in yang merupakan fuqoha’ negeri Syam.” (Lathoif Al Ma’arif, 248). Juga yang mengatakan seperti itu adalah Abul ‘Ala Al Mubarakfuri, penulis Tuhfatul Ahwadzi.
Contoh hadits dho’if yang membicarakan keutamaan malam Nishfu Sya’ban, yaitu hadits Abu Musa Al Asy’ari, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إِنَّ اللَّهَ لَيَطَّلِعُ فِى لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْفِرُ لِجَمِيعِ خَلْقِهِ إِلاَّ لِمُشْرِكٍ أَوْ مُشَاحِنٍ
“Sesungguhnya Allah akan menampakkan (turun) di malam Nishfu Sya’ban kemudian mengampuni semua makhluk-Nya kecuali orang musyrik atau orang yang bermusuhan dengan saudaranya.” (HR. Ibnu Majah no. 1390). Penulis Tuhfatul Ahwadzi berkata, “Hadits ini munqothi’ (terputus sanadnya).” [Berarti hadits tersebut dho’if/ lemah].
b. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
لاَ تَخْتَصُّوا لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ بِقِيَامٍ مِنْ بَيْنِ اللَّيَالِى وَلاَ تَخُصُّوا يَوْمَ الْجُمُعَةِ بِصِيَامٍ مِنْ بَيْنِ الأَيَّامِ
“Janganlah mengkhususkan malam Jum’at dari malam lainnya untuk shalat. Dan janganlah mengkhususkan hari Jum’at dari hari lainnya untuk berpuasa.” (HR. Muslim no. 1144). Seandainya ada pengkhususan suatu malam tertentu untuk ibadah, tentu malam Jum’at lebih utama dikhususkan daripada malam lainnya. Karena malam Jum’at lebih utama daripada malam-malam lainnya. Dan hari Jum’at adalah hari yang lebih baik dari hari lainnya karena dalam hadits dikatakan, “Hari yang baik saat terbitnya matahari adalah hari Jum’at.” (HR. Muslim). Tatkala Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memperingatkan agar jangan mengkhususkan malam Jum’at dari malam lainnya dengan shalat tertentu, hal ini menunjukkan bahwa malam-malam lainnya lebih utama untuk tidak dikhususkan dengan suatu ibadah di dalamnya kecuali jika ada dalil yang mendukungnya. (At Tahdzir minal Bida’, 28).
c. Malam nishfu Sya’ban sebenarnya seperti malam lainnya. Syaikh Muhammad bin Sholih Al Utsaimin rahimahullah mengatakan, “Malam Nishfu Sya’ban sebenarnya seperti malam-malam lainnya. Janganlah malam tersebut dikhususkan dengan shalat tertentu. Jangan pula mengkhususkan puasa tertentu ketika itu. Namun catatan yang perlu diperhatikan, kami sama sekali tidak katakan, “Barangsiapa yang biasa bangun shalat malam, janganlah ia bangun pada malam Nishfu Sya’ban. Atau barangsiapa yang biasa berpuasa pada ayyamul biid (tanggal 13, 14, 15 H), janganlah ia berpuasa pada hari Nishfu Sya’ban (15 Hijriyah).” Ingat, yang kami maksudkan adalah janganlah mengkhususkan malam Nishfu Sya’ban dengan shalat tertentu atau siang harinya dengan puasa tertentu.” (Liqo’ Al Bab Al Maftuh, kaset no. 115)
d. Dalam hadits-hadits tentang keutamaan malam Nishfu Sya’ban disebutkan bahwa Allah akan mendatangi hamba-Nya atau akan turun ke langit dunia. Perlu diketahui bahwa turunnya Allah di sini tidak hanya pada malam Nishfu Sya’ban. Sebagaimana disebutkan dalam Bukhari-Muslim bahwa Allah turun ke langit dunia pada setiap 1/3 malam terakhir, bukan pada malam Nishfu Sya’ban saja. Oleh karenanya, keutamaan malam Nishfu Sya’ban sebenarnya sudah masuk pada keumuman malam, jadi tidak perlu diistimewakan.
‘Abdullah bin Al Mubarok rahimahullah pernah ditanya mengenai turunnya Allah pada malam Nishfu Sya’ban, lantas beliau pun memberi jawaban pada si penanya, “Wahai orang yang lemah! Yang engkau maksudkan adalah malam Nishfu Sya’ban?! Perlu engkau tahu bahwa Allah itu turun di setiap malam (bukan pada malam Nishfu Sya’ban saja, -pen).” Dikeluarkan oleh Abu ‘Utsman Ash Shobuni dalam I’tiqod Ahlis Sunnah (92).
Al ‘Aqili rahimahullah mengatakan, “Mengenai turunnya Allah pada malam Nishfu Sya’ban, maka hadits-haditsnya itu layyin (menuai kritikan). Adapun riwayat yang menerangkan bahwa Allah akan turun setiap malam, itu terdapat dalam berbagai hadits yang shahih. Ketahuilah bahwa malam Nishfu Sya’ban itu sudah masuk pada keumuman malam, insya Allah.” Disebutkan dalam Adh Dhu’afa’ (3/29).
3. Menjelang Ramadhan diyakini sebagai waktu utama untuk ziarah kubur, yaitu mengunjungi kubur orang tua atau kerabat (dikenal dengan “nyadran”). Yang tepat, ziarah kubur itu tidak dikhususkan pada bulan Sya’ban saja. Kita diperintahkan melakukan ziarah kubur setiap saat agar hati kita semakin lembut karena mengingat kematian. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
زُورُوا الْقُبُورَ فَإِنَّهَا تُذَكِّرُكُمُ الآخِرَةَ
“Lakukanlah ziarah kubur karena hal itu lebih mengingatkan kalian pada akhirat (kematian).” (HR. Muslim no. 976). Jadi yang masalah adalah jika seseorang mengkhususkan ziarah kubur pada waktu tertentu dan meyakini bahwa menjelang Ramadhan adalah waktu utama untuk ‘nyadran’ atau ‘nyekar’. Ini sungguh suatu kekeliruan karena tidak ada dasar dari ajaran Islam yang menuntunkan hal ini.
4. Menyambut bulan Ramadhan dengan mandi besar, padusan, atau keramasan. Amalan seperti ini juga tidak ada tuntunannya sama sekali dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Puasa tetap sah jika tidak lakukan keramasan, atau padusan ke tempat pemandian atau pantai (seperti ke Parangtritis). Mandi besar itu ada jika memang ada sebab yang menuntut untuk mandi seperti karena junub maka mesti mandi wajib (mandi junub). Lebih parahnya lagi mandi semacam ini (yang dikenal dengan “padusan”), ada juga yang melakukannya campur baur laki-laki dan perempuan (baca: ikhtilath) dalam satu tempat pemandian. Ini sungguh merupakan kesalahan yang besar karena tidak mengindahkan aturan Islam. Bagaimana mungkin Ramadhan disambut dengan perbuatan yang bisa mendatangkan murka Allah?!
Cukup dengan Ajaran Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam
Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata,
اتَّبِعُوا، وَلا تَبْتَدِعُوا فَقَدْ كُفِيتُمْ، كُلُّ بِدْعَةٍ ضَلالَةٌ
“Ikutilah (petunjuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, pen), janganlah membuat amalan yang tidak ada tuntunannya. Karena (ajaran Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam) itu sudah cukup bagi kalian. Semua bid’ah adalah sesat.” (Diriwayatkan oleh Ath Thobroniy dalam Al Mu’jam Al Kabir no. 8770. Al Haytsamiy mengatakan dalam Majma’ Zawa’id bahwa para perowinya adalah perawi yang dipakai dalam kitab shohih)
Orang yang beramal sesuai tuntunan Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam, itulah yang akan merasakan nikmat telaga beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam kelak. Sedangkan orang yang melakukan ajaran tanpa tuntunan, itulah yang akan terhalang dari meminum dari telaga yang penuh kenikmatan. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
أَنَا فَرَطُكُمْ عَلَى الْحَوْضِ ، لَيُرْفَعَنَّ إِلَىَّ رِجَالٌ مِنْكُمْ حَتَّى إِذَا أَهْوَيْتُ لأُنَاوِلَهُمُ اخْتُلِجُوا دُونِى فَأَقُولُ أَىْ رَبِّ أَصْحَابِى . يَقُولُ لاَ تَدْرِى مَا أَحْدَثُوا بَعْدَكَ
“Aku akan mendahului kalian di al haudh (telaga). Dinampakkan di hadapanku beberapa orang di antara kalian. Ketika aku akan mengambilkan (minuman) untuk mereka dari al haudh, mereka dijauhkan dariku. Aku lantas berkata, ‘Wahai Rabbku, ini adalah umatku.’ Lalu Allah berfirman, ‘Engkau sebenarnya tidak mengetahui ajaran yang tanpa tuntunan yang mereka buat sesudahmu.’ ” (HR. Bukhari no. 7049). Sehingga kita patut hati-hati dengan amalan yang tanpa dasar. Beramallah dengan ilmu dan sesuai tuntunan Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam. ‘Umar bin ‘Abdul ‘Aziz berkata,
مَنْ عَبَدَ اللهَ بِغَيْرِ عِلْمٍ كَانَ مَا يُفْسِدُ أَكْثَرَ مِمَّا يُصْلِحُ
“Barangsiapa yang beribadah kepada Allah tanpa ilmu, maka dia akan membuat banyak kerusakan daripada mendatangkan kebaikan.” (Amar Ma’ruf Nahi Munkar, Ibnu Taimiyah)
Wallahu waliyyut taufiq.
Prepared @ Panggang-Gunung Kidul, Khutbah Jumat MPR 6th July 2011 (08/07/2011)
www.rumaysho.com
Rumah Tahfidz, Belajar Tahsin dan Tajwid Al Qur'an, Kajian Ilmu syar'i Hub: Diana Gasim (Ummu Achmad ) 085312837788)
Monday, June 1, 2015
Bahan dan Bumbu Resep Martabak Telur Sederhana Spesial
Bahan utama yang dibutuhkan adalah
tepung terigu yang mempunyai kandungan protein sedang sebanyak 200 gram saja (bahan kulit martabak).
Garam dapur beryodium secukupnya atau kurang lebih sebanyak seperempat sampai setengah sendok kecil atau sendok teh.
Air bersih secukupnya atau kurang lebih sebanyak 140 ml.
Telur ayam 1 butir untuk membuat kulit martabaknya.
Minyak secukupnya untuk menggoreng martabaknya nanti dan 50 gram minyak untuk campuran
bahan adonan kulitnya.
Daging sapi cincang kecil kecil atau bisa juga menggunakan daging giling kurang lebih sebanyak 200-250 gram saja.
Daun bawang segar kualitas bagus kurang lebih sebanyak 3-5 batang ukuran sedang besar. Cuci bersih sebelum digunakan dan iris halus halus untuk isi martabaknya.
Bawang putih ukuran sedang besar sebanyak 4 pcs. Kupas kulitnya lalu cincang bawang putihnya sampai benar benar halus untuk bahan isi martabak.
Bawang bombay ukuran sedang besar kualitas bagus sebanyak 1 buah pcs saja. Kupas kulitnya lalu iris halus untuk isi martabak.
Bawang merah lokal ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 8 pcs. Kupas kulitnya lalu iris iris halus/rajang untuk bahan isian martabaknya nanti.
Lada bubuk atau halus secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil.Garam dapur beryodium dan bumbu penyedap rasa secukupnya.
Telur bebek atau telur ayam secukupnya atau kurang lebih sebanyak 4 pcs untuk membuat adonan diatas (1-2 butir per porsi).
Cara Membuat Martabak Telur Sederhana
Langkah pertama adalah
* membuat kulit martabaknya.
Ambil satu wadah ukuran sedang besar. Masukkan tepung terigu protein sedang yang sudah dipersiapkan dan garam dapur beryodium.
*Aduk aduk sampai kedua bahan tercampur rata.Pecahkan satu butir telur dan masukkan ke adonan tepung diatas. Aduk aduk sampai tercampur rata.
*Masukkan air bersihnya sedikit demi sedikit sambil diaduk aduk menggunakan tangan/diuleni sampai adonan menjadi kalis.
*Tambahkan air bila diperlukan.Bagi adonan menjadi 2 bagian lalu bentuk menjadi bulatan.
*Olesi bagian luar adonan dengan minyak lalu diamkan sebentar atau kurang lebih selama 10-13 menit.
*Lapis bagian luar adonan kulit martabak dengan minyak lagi lalu taruh di baskom dan tutup dengan kain selama kurang lebih satu jam.
Langkah kedua adalah
* membuat isi martabaknya.Siapkan penggorengan dan beri minyak sedikit saja.Masukkan bawang merah, bawang putih dan bawang bombay yang sudah di rajang halus. Aduk aduk sebentar sampai tercium bau harum.Masukkan daging cincang atau daging giling yang sudah dipersiapkan ke dalamnya. Aduk aduk semua bahan supaya tercampur rata sampai daging agak matang.Masukkan daun bawang dan lada halus. Aduk aduk dan tumis lagi semua bahan sampai daging cincang matang.
Langkah terakhir adalah
*membuat martabak telurnya.Ambil satu adonan kulit dan pipihkan dengan cara menekan dengan telapak tangan agak memutar sampai adonan melebar.Pegang kedua ujung adonan kulit lalu putar dari kiri kekanan sampai adonan melebar lagi. Lakukan berulang sampai didapat lebar yang diinginkan dan adonan kulit martabak menjadi tipis.Ambil bahan isian martabak secukupnya atau kira kira setengah bagian. Masukkan ke dalam kocokan telur dan tambahkan garam dapur, bumbu penyedap rasa apabila suka, aduk aduk sampai rata.Tuang isian martabak ke atas kulit martabaknya.
*Ambil bagian ujung kulit dan lipat ke tengahnya sampai tertutup rata.
*Goreng martabak dan bolak balik sampai matang dan berwarna kecoklatan.
Bahan utama yang dibutuhkan adalah
tepung terigu yang mempunyai kandungan protein sedang sebanyak 200 gram saja (bahan kulit martabak).
Garam dapur beryodium secukupnya atau kurang lebih sebanyak seperempat sampai setengah sendok kecil atau sendok teh.
Air bersih secukupnya atau kurang lebih sebanyak 140 ml.
Telur ayam 1 butir untuk membuat kulit martabaknya.
Minyak secukupnya untuk menggoreng martabaknya nanti dan 50 gram minyak untuk campuran
bahan adonan kulitnya.
Daging sapi cincang kecil kecil atau bisa juga menggunakan daging giling kurang lebih sebanyak 200-250 gram saja.
Daun bawang segar kualitas bagus kurang lebih sebanyak 3-5 batang ukuran sedang besar. Cuci bersih sebelum digunakan dan iris halus halus untuk isi martabaknya.
Bawang putih ukuran sedang besar sebanyak 4 pcs. Kupas kulitnya lalu cincang bawang putihnya sampai benar benar halus untuk bahan isi martabak.
Bawang bombay ukuran sedang besar kualitas bagus sebanyak 1 buah pcs saja. Kupas kulitnya lalu iris halus untuk isi martabak.
Bawang merah lokal ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 8 pcs. Kupas kulitnya lalu iris iris halus/rajang untuk bahan isian martabaknya nanti.
Lada bubuk atau halus secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil.Garam dapur beryodium dan bumbu penyedap rasa secukupnya.
Telur bebek atau telur ayam secukupnya atau kurang lebih sebanyak 4 pcs untuk membuat adonan diatas (1-2 butir per porsi).
Cara Membuat Martabak Telur Sederhana
Langkah pertama adalah
* membuat kulit martabaknya.
Ambil satu wadah ukuran sedang besar. Masukkan tepung terigu protein sedang yang sudah dipersiapkan dan garam dapur beryodium.
*Aduk aduk sampai kedua bahan tercampur rata.Pecahkan satu butir telur dan masukkan ke adonan tepung diatas. Aduk aduk sampai tercampur rata.
*Masukkan air bersihnya sedikit demi sedikit sambil diaduk aduk menggunakan tangan/diuleni sampai adonan menjadi kalis.
*Tambahkan air bila diperlukan.Bagi adonan menjadi 2 bagian lalu bentuk menjadi bulatan.
*Olesi bagian luar adonan dengan minyak lalu diamkan sebentar atau kurang lebih selama 10-13 menit.
*Lapis bagian luar adonan kulit martabak dengan minyak lagi lalu taruh di baskom dan tutup dengan kain selama kurang lebih satu jam.
Langkah kedua adalah
* membuat isi martabaknya.Siapkan penggorengan dan beri minyak sedikit saja.Masukkan bawang merah, bawang putih dan bawang bombay yang sudah di rajang halus. Aduk aduk sebentar sampai tercium bau harum.Masukkan daging cincang atau daging giling yang sudah dipersiapkan ke dalamnya. Aduk aduk semua bahan supaya tercampur rata sampai daging agak matang.Masukkan daun bawang dan lada halus. Aduk aduk dan tumis lagi semua bahan sampai daging cincang matang.
Langkah terakhir adalah
*membuat martabak telurnya.Ambil satu adonan kulit dan pipihkan dengan cara menekan dengan telapak tangan agak memutar sampai adonan melebar.Pegang kedua ujung adonan kulit lalu putar dari kiri kekanan sampai adonan melebar lagi. Lakukan berulang sampai didapat lebar yang diinginkan dan adonan kulit martabak menjadi tipis.Ambil bahan isian martabak secukupnya atau kira kira setengah bagian. Masukkan ke dalam kocokan telur dan tambahkan garam dapur, bumbu penyedap rasa apabila suka, aduk aduk sampai rata.Tuang isian martabak ke atas kulit martabaknya.
*Ambil bagian ujung kulit dan lipat ke tengahnya sampai tertutup rata.
*Goreng martabak dan bolak balik sampai matang dan berwarna kecoklatan.
Subscribe to:
Comments (Atom)