๐ _*KJ SOAL TRY OUT BINREG 11 - SABTU*_ ๐
*1. PEDOMAN PENILAIAN MEMBUAT KALIMAT*
๐ _Setiap nomor bernilai 20 (jika benar semua)_
๐ _Jumlah point setiap nomor = jumlah kata yang diminta + terjemah_
๐ _Nilai tiap point = 20/jumlah point_
๐ _Nilai kalimat = (jumlah point yang benar) x (nilai tiap point)_
◎❅❀❦๐ถ❖๐ ❖๐ถ❦❀❅◎
Bagian 2
๐ *KOREKSI KALIMAT*
ูก. َูุงَู ุฃُู
ُّ َูุงุทِู
َุฉِ : ุงِุฐَْูุจْ ุฅَِูู ุงْูู
َุณْุฌِุฏِ َูุง ุฃَุจَْูุงุกُ ุจَْูุฑٍ َُُّูููู
ْ!❌
๐ฐ _Telah berkata ibunya fathimah: pergilah kalian ke masjid itu wahai anak-anak(lk) Bakr, semuanya!_
๐ฐkata َูุงَู sebagai fiil tidak MANIS dengan fail. Harusnya َูุงَูุชْ
๐ฐkata َูุงุทِู
َุฉِ sebagai mudhof ilaih majrur dengan Fathah karena IGM. Harusnya َูุงุทِู
َุฉَ
๐ฐkata ุงِุฐَْูุจْ sebagai fiil amr harus mnyesuaikan dhomir (ุฃุจูุงุก) jamak. Harusnya ุงِุฐَْูุจُْูุง
๐ฐkata ุฃَุจَْูุงุกُ sebagai munada irobnya dengan fathah karena pola idhofah. Harusnya ุฃَุจَْูุงุกَ
๐ฐkalimat yang benar:
َูุงَูุชْ ุฃُู
ُّ َูุงุทِู
َุฉَ : ุงِุฐَْูุจُْูุง ุฅَِูู ุงْูู
َุณْุฌِุฏِ َูุง ุฃَุจَْูุงุกَ ุจَْูุฑٍ َُُّูููู
ْ!
๐ฆ Total Nilai : 20
๐ Nilai Bonus : Jumlah ๐ฐ yang benar x 3,3
✒NB : Jika ada yang merubah َُُّูููู
ْ menjadi َُُّูููู
ْ maka bisa dibenarkan
▫️◻️▫️◻️▫️◻️▫️◻️▫️◻️▫️
ูข. َูุจَุชَุชِ ุงْูุบِุฑْุณُ ุนََูู ุงْูุฃََูู
َุฉِ َูุจَุงุชَ ุงْูุงِْูุชِุตَุงุฏُ ِْูู َูุฐِِู ุงْูุจََูุฏِ ❌
๐พ _Bibit/biji itu telah tumbuh diatas bukit (gundukan tanah) seperti tumbuhnya perekonomian di negeri itu._
๐พkata َูุจَุชَุชْ sebagai fiil tidak MANIS dengan fail. Harusnya َูุจَุชَ
๐พkata ุงْูุงِْูุชِุตَุงุฏُ sebagai Mudhof ilaih Majrur dengan kashroh. Harusnya ุงْูุงِْูุชِุตَุงุฏِ
๐พkata َูุฐِِู sebagai isim isyaroh tidak sesuai dengan badal ุงْูุจََูุฏِ. Harusnya َูุฐَุง
๐พKalimat yang benar:
َูุจَุชَ ุงْูุบِุฑْุณُ ุนََูู ุงْูุฃََูู
َุฉِ َูุจَุงุชَ ุงْูุงِْูุชِุตَุงุฏِ ِْูู َูุฐَุง ุงْูุจََูุฏِ
๐ฆ Total Nilai : 20
๐ Nilai Bonus : Jumlah ๐พ yang benar x 4
ูฃ. ุณََّูุงุฑَุฉُ ุงْูู
ُุฏِْูุฑِ ุฃَْูุซَุฑُ ู
ِْู ุฌََّูุงَูุฉِ ุงْูุฃُุณْุชَุงุฐِ َูุงุฆِุฏَุฉً ✅
๐ _Mobilnya kepala sekolah itu lebih banyak daripada motornya pak guru, manfaatnya._
Irobnya:
๐ ุณََّูุงุฑَุฉُ :
Mubtada, Marfu, dhommah, Mudhof
๐ ุงْูู
ُุฏِْูุฑِ :
Mudhof ilaih, Majrur, kashroh
๐ ุฃَْูุซَุฑُ :
khobar, Marfu, dhommah
๐ ู
ِْู :
Huruf jar, Mabniy, sukun
๐ ุฌََّูุงَูุฉِ :
Isim Majrur, Majrur, kashroh, Mudhof
๐ ุงْูุฃُุณْุชَุงุฐِ :
Mudhof Ilaih, Majrur, kashroh
๐ َูุงุฆِุฏَุฉً :
Tamyiz, manshub, Fathah
๐ฆ Total Nilai : 20
๐ Nilai Bonus : Jumlah ๐ yang benar x 2,5
✏Setiap Kesalahan pada kedudukan/tanda/irob : -0,8
▫️◻️▫️◻️▫️◻️▫️◻️▫️◻️▫️
ูค. َูุตْุนَุฏُ ุฃَุญْู
َุฏُ َูุญَู
ُْู ุนَุจَّุงุณٍ ุงْูุฌَุจََู ََููุทْุฑَุฉَ ุงْูุจَุฑَุฏِ ََููุงุฑًุง ✅
๐ _Ahmad dan mertuanya abbas sedang mendaki gunung itu bersama tetesan (air) salju disiang hari_
Irobnya:
๐ َูุตْุนَุฏُ :
Fiil mudhori, Marfu, dhommah
๐ ุฃَุญْู
َุฏُ :
Fail, Marfu, dhommah
๐ َู :
Huruf athof, Mabniy, Fathah
๐ ุญَู
ُْู :
Mathuf, Marfu, wawu, Mudhof
๐ ุนَุจَّุงุณٍ :
Mudhof Ilaih, Majrur, kashroh
๐ ุงْูุฌَุจََู :
Maful bih, manshub, Fathah
๐ َู :
Huruf Wawu maiyah, Mabniy, Fathah
๐ َูุทْุฑَุฉَ :
Maful ma'ah, manshub, Fathah, Mudhof
๐ ุงْูุจَุฑَุฏِ :
Mudhof ilaih, Majrur, kashroh
๐ ََููุงุฑًุง :
Dzorof zaman, manshub, Fathah
๐ฆ Total Nilai : 20
๐ Nilai Bonus : Jumlah ๐ yang benar x 1,8
✏Setiap Kesalahan pada kedudukan/tanda/irob : -0.6
▫️◻️▫️◻️▫️◻️▫️◻️▫️◻️▫️
ูฅ. ุญَุณِุจَ ุงุจُْู ุงูุชَّุงุฌِุฑِ ุงْูู
َُูุฒِّุนُ ุตَุงุฏٌِู َูุฃَู
ٌِْูู ِْูู ุงูุดِّุฑَِูุฉِ ❌
๐ฐ _Anak pedagang itu telah mengira bahwa distributor (penyalur) itu jujur dan amanah dalam perusahaan itu/syarikat itu_
๐ฐkata ุงْูู
َُูุฒِّุนُ sebagai maf'ul awwal manshub dengan Fathah, karena ada amil nashob ุญَุณِุจَ. Harusnya ุงْูู
َُูุฒِّุนَ
๐ฐkata ุตَุงุฏٌِู sebagai maful tsani manshub dengan Fathah. Harusnya ุตَุงุฏًِูุง
๐ฐkata ุฃَู
ٌِْูู sebagai mathuf harus mengikuti i'rob ุตَุงุฏًِูุง. Harusnya ุฃَู
ًِْููุง
๐ฐKalimat yang benar:
ุญَุณِุจَ ุงุจُْู ุงูุชَّุงุฌِุฑِ ุงْูู
َُูุฒِّุนَ ุตَุงุฏًِูุง َูุฃَู
ًِْููุง ِْูู ุงูุดِّุฑَِูุฉِ
๐ฆ Total Nilai : 20
๐ Nilai Bonus : Jumlah ๐ฐ yang benar x 4
๐ Nilai Total : (Nilai Bagian 1 + Nilai Bagian 2) / 2 ๐
▫️◻️▫️◻️▫️◻️▫️◻️▫️◻️▫️
Rumah Tahfidz, Belajar Tahsin dan Tajwid Al Qur'an, Kajian Ilmu syar'i Hub: Diana Gasim (Ummu Achmad ) 085312837788)
Friday, March 22, 2019
๐๐ KJ SOAL TRY OUT ๐๐
SABTU / AHAD
*Sesi 2*
✅ Bagian 1
ุฃَุตُْู ุงูุฏِِّْูู ََููุงุนِุฏَุชُُู ุฃَู ْุฑَุงِู . ุงูุฃََُّูู : ุงูุฃَู ْุฑُ ุจِุนِุจَุงุฏَุฉِ ุงَِّููู َูุญْุฏَُู َูุง ุดَุฑَِْูู َُูู َูุงูุชَّุญْุฑِْูุถُ ุนََูู ุฐََِูู َูุงูู َُูุงَูุงุฉُ ِِْููู َูุชَِْْูููุฑُ ู َْู ุชَุฑََُูู . ุงูุซَّุงِْูู : ุงูุฅِْูุฐَุงุฑُ ุนَِู ุงูุดِّุฑِْู ِْูู ุนِุจَุงุฏَุฉِ ุงَِّููู َูุงูุชَّุบِْْููุธُ ِْูู ุฐََِูู َูุงูู ُุนَุงุฏَุงุฉُ ِِْููู َูุชَِْْูููุฑُ ู َْู َูุนََُูู .
_Pokok dan pondasi agama Islam ada dua._
_Pertama yaitu memerintahkan (manusia) untuk beribadah kepada Allah saja tanpa ada sekutu baginya, mendorongnya kepada hal itu, memberikan kesetiaan berdasarkan hal tersebut, dan meyakini kekafiran orang yang meninggalkannya._
_Kedua yaitu memperingatkan (manusia) dari melakukan kesyirikan dalam beribadah kepada Allah, bersikap tegas terhadap hal itu, melakukan permusuhan berdasarkan hal tersebut, dan meyakini kekafiran orang yang melakukannya._
๐ JAWABAN I'ROB:
๐ฌุฃَุตُْู :
Mubtada, marfu, dhammah, mudhaf
๐ฌุงูุฏِِّْูู :
Mudhaf ilaih, majrur, kasrah
๐ฌَู \ ุงููุงู :
Huruf athaf, mabni, fathah
๐ฌَูุงุนِุฏَุฉُ :
Ma'thuf, marfu, dhammah, mudhaf
๐ฌُู \ ุงููุงุก :
Dhamir muttashil, mabni, dhammah, pd posisi jar sbg mudhaf ilaih
๐ฌุฃَู ْุฑَุงِู :
Khabar mubtada, marfu, alif
๐ฌุงูุฃََُّูู :
Mubtada, marfu, dhammah
๐ฌุงูุฃَู ْุฑُ :
Khabar, marfu, dhammah
๐ฌุจِ \ ุงูุจุงุก :
Huruf jar, mabni, kasrah
๐ฌุนِุจَุงุฏَุฉِ :
Isim majrur, majrur, kasrah, mudhaf
๐ฌุงَِّููู :
Lafzhul Jalalah, majrur, kasrah, mudhaf ilaih
๐ َูุญْุฏَ :
Haal, manshub, fathah, mudhaf
๐ฌُู \ ุงููุงุก :
Dhamir muttashil, mabni, dhammah, pd posisi jar mudhaf ilaih
๐ฌَูุง :
Huruf laa nafiyah (lil jinsi), mabni, sukun
๐ฌุดَุฑَِْูู :
Isim laa, mabni, fathah, pd posisi nashab
๐ฌَู \ ุงููุงู :
Huruf jar, mabni, fathah
๐ฌُู \ ุงููุงุก :
Dhamir muttashil, mabni, dhammah, pd posisi jar isim majrur
๐ฌSyibhul jumlah ูู pd posisi marfu, khabar laa nafiyah (lil jinsi)
๐ Jumlah ismiyyah ูุง ุดุฑูู ูู pada posisi nashab sbg haal
๐ฌَู \ ุงููุงู :
Huruf athaf, mabni, fathah
๐ฌุงูุชَّุญْุฑِْูุถُ :
Ma'thuf, marfu, dhammah
๐ฌุนََูู :
Huruf jar, mabni, sukun
๐ฌุฐََِูู :
Isim isyarah, mabni, fathah, pd posisi jar isim majrur
๐ฌَู \ ุงููุงู :
Huruf athaf, mabni, fathah
๐ฌุงูู َُูุงَูุงุฉُ :
Ma'thuf, marfu, dhammah
๐ฌِْูู :
Huruf jar, mabni, sukun
๐ฌِู \ ุงููุงุก :
Dhamir muttashil, mabni, kasrah, pd posisi jar isim majrur
๐ฌَู \ ุงููุงู :
Huruf athaf, mabni, fathah
๐ฌุชَِْْูููุฑُ :
Ma'thuf, marfu, dhammah, mudhaf
๐ฌู َْู :
Isim maushul, mabni, sukun, pd posisi jar mudhaf ilaih
๐ฌุชَุฑََู :
Fi'il madhi, mabni, fathah, fa'il dhamir mustatir taqdirnya Huwa
๐ Jumlah fi'liyyah ุชَุฑََู sebagai shilah maushul
๐ฌُู \ ุงููุงุก :
Dhamir muttashil, mabni, dhammah, pd posisi nashab maf'ul bih
๐ฌุงูุซَّุงِْูู :
Mubtada, marfu, dhammah muqaddarah
๐ฌุงูุฅِْูุฐَุงุฑُ :
Khabar mubtada, marfu, dhammah
๐ฌุนَْู :
Huruf jar, mabni, sukun
๐ฌุงูุดِّุฑِْู :
Isim majrur, majrur, kasrah
๐ฌِْูู :
Huruf jar, mabni, sukun
๐ฌุนِุจَุงุฏَุฉِ :
Isim majrur, majrur, kasrah, mudhaf
๐ฌุงَِّููู :
Lafzhul Jalalah, majrur, kasrah, mudhaf ilaih
๐ฌَู \ ุงููุงู :
Huruf athaf, mabni, fathah
๐ฌุงูุชَّุบِْْููุธُ :
Ma'thuf, marfu, dhammah
๐ฌِْูู :
Huruf jar, mabni, sukun
๐ฌุฐََِูู :
Isim isyarah, mabni, fathah, pd posisi jar isim majrur
๐ฌَู \ ุงููุงู :
Huruf athaf, mabni, fathah
๐ฌุงูู ُุนَุงุฏَุงุฉُ :
Ma'thuf, marfu, dhammah
๐ฌِْูู :
Huruf jar, mabni, sukun
๐ฌِู \ ุงููุงุก :
Dhamir muttashil, mabni, kasrah, pd posisi jar isim majrur
๐ฌَู \ ุงููุงู :
Huruf athaf, mabni, fathah
๐ฌุชَِْْูููุฑُ :
Ma'thuf, marfu, dhammah, mudhaf
๐ฌู َْู :
Isim maushul, mabni, sukun, pd posisi jar mudhaf ilaih
๐ฌَูุนََู :
Fi'il madhi, mabni, fathah, fa'il dhamir mustatir taqdirnya Huwa
๐ Jumlah fi'liyyah َูุนََู sebagai shilah maushul
๐ฌُู \ ุงููุงุก :
Dhamir muttashil, mabni, dhammah, pd posisi nashab maf'ul bih
▪▪▪▪▪▪▪▪▪▪▪
❁══════✿۩۞۩✿══════❁
✒ *Penilaian Sesi 2* ✒
➡ Jumlah kata yang di i'rab = 50
➡ Nilai satu kata = 2
➡ Nilai Total = 100 -
(jumlah nilai yang salah)
๐ BONUS
*Jika:*
๐ ada kata yang tidak disebutkan sama sekali = -2
๐ Satu kata ada 3 point penilaian (kedudukan, keadaan, tanda). Jika ada satu yang tidak disebutkan maka nilai = -0.6
๐ Khusus untuk kata yg didalamnya terkandung *fail dhamir mustatir/khabar ghairu mufrad/ket menempati posisi....*, maka ada 4 penilaian (kedudukan, keadaan, tanda, dan fail mustatir/ket khabar/menempati posisi...).
Jika ada satu yang tidak disebutkan maka nilai = - 0.5
๐ Jika ada huruf yang ditulis huruf saja tanpa menyebutkan jenis hurufnya dibenarkan
❁══════✿۩۞۩✿══════❁
SABTU / AHAD
*Sesi 2*
✅ Bagian 1
ุฃَุตُْู ุงูุฏِِّْูู ََููุงุนِุฏَุชُُู ุฃَู ْุฑَุงِู . ุงูุฃََُّูู : ุงูุฃَู ْุฑُ ุจِุนِุจَุงุฏَุฉِ ุงَِّููู َูุญْุฏَُู َูุง ุดَุฑَِْูู َُูู َูุงูุชَّุญْุฑِْูุถُ ุนََูู ุฐََِูู َูุงูู َُูุงَูุงุฉُ ِِْููู َูุชَِْْูููุฑُ ู َْู ุชَุฑََُูู . ุงูุซَّุงِْูู : ุงูุฅِْูุฐَุงุฑُ ุนَِู ุงูุดِّุฑِْู ِْูู ุนِุจَุงุฏَุฉِ ุงَِّููู َูุงูุชَّุบِْْููุธُ ِْูู ุฐََِูู َูุงูู ُุนَุงุฏَุงุฉُ ِِْููู َูุชَِْْูููุฑُ ู َْู َูุนََُูู .
_Pokok dan pondasi agama Islam ada dua._
_Pertama yaitu memerintahkan (manusia) untuk beribadah kepada Allah saja tanpa ada sekutu baginya, mendorongnya kepada hal itu, memberikan kesetiaan berdasarkan hal tersebut, dan meyakini kekafiran orang yang meninggalkannya._
_Kedua yaitu memperingatkan (manusia) dari melakukan kesyirikan dalam beribadah kepada Allah, bersikap tegas terhadap hal itu, melakukan permusuhan berdasarkan hal tersebut, dan meyakini kekafiran orang yang melakukannya._
๐ JAWABAN I'ROB:
๐ฌุฃَุตُْู :
Mubtada, marfu, dhammah, mudhaf
๐ฌุงูุฏِِّْูู :
Mudhaf ilaih, majrur, kasrah
๐ฌَู \ ุงููุงู :
Huruf athaf, mabni, fathah
๐ฌَูุงุนِุฏَุฉُ :
Ma'thuf, marfu, dhammah, mudhaf
๐ฌُู \ ุงููุงุก :
Dhamir muttashil, mabni, dhammah, pd posisi jar sbg mudhaf ilaih
๐ฌุฃَู ْุฑَุงِู :
Khabar mubtada, marfu, alif
๐ฌุงูุฃََُّูู :
Mubtada, marfu, dhammah
๐ฌุงูุฃَู ْุฑُ :
Khabar, marfu, dhammah
๐ฌุจِ \ ุงูุจุงุก :
Huruf jar, mabni, kasrah
๐ฌุนِุจَุงุฏَุฉِ :
Isim majrur, majrur, kasrah, mudhaf
๐ฌุงَِّููู :
Lafzhul Jalalah, majrur, kasrah, mudhaf ilaih
๐ َูุญْุฏَ :
Haal, manshub, fathah, mudhaf
๐ฌُู \ ุงููุงุก :
Dhamir muttashil, mabni, dhammah, pd posisi jar mudhaf ilaih
๐ฌَูุง :
Huruf laa nafiyah (lil jinsi), mabni, sukun
๐ฌุดَุฑَِْูู :
Isim laa, mabni, fathah, pd posisi nashab
๐ฌَู \ ุงููุงู :
Huruf jar, mabni, fathah
๐ฌُู \ ุงููุงุก :
Dhamir muttashil, mabni, dhammah, pd posisi jar isim majrur
๐ฌSyibhul jumlah ูู pd posisi marfu, khabar laa nafiyah (lil jinsi)
๐ Jumlah ismiyyah ูุง ุดุฑูู ูู pada posisi nashab sbg haal
๐ฌَู \ ุงููุงู :
Huruf athaf, mabni, fathah
๐ฌุงูุชَّุญْุฑِْูุถُ :
Ma'thuf, marfu, dhammah
๐ฌุนََูู :
Huruf jar, mabni, sukun
๐ฌุฐََِูู :
Isim isyarah, mabni, fathah, pd posisi jar isim majrur
๐ฌَู \ ุงููุงู :
Huruf athaf, mabni, fathah
๐ฌุงูู َُูุงَูุงุฉُ :
Ma'thuf, marfu, dhammah
๐ฌِْูู :
Huruf jar, mabni, sukun
๐ฌِู \ ุงููุงุก :
Dhamir muttashil, mabni, kasrah, pd posisi jar isim majrur
๐ฌَู \ ุงููุงู :
Huruf athaf, mabni, fathah
๐ฌุชَِْْูููุฑُ :
Ma'thuf, marfu, dhammah, mudhaf
๐ฌู َْู :
Isim maushul, mabni, sukun, pd posisi jar mudhaf ilaih
๐ฌุชَุฑََู :
Fi'il madhi, mabni, fathah, fa'il dhamir mustatir taqdirnya Huwa
๐ Jumlah fi'liyyah ุชَุฑََู sebagai shilah maushul
๐ฌُู \ ุงููุงุก :
Dhamir muttashil, mabni, dhammah, pd posisi nashab maf'ul bih
๐ฌุงูุซَّุงِْูู :
Mubtada, marfu, dhammah muqaddarah
๐ฌุงูุฅِْูุฐَุงุฑُ :
Khabar mubtada, marfu, dhammah
๐ฌุนَْู :
Huruf jar, mabni, sukun
๐ฌุงูุดِّุฑِْู :
Isim majrur, majrur, kasrah
๐ฌِْูู :
Huruf jar, mabni, sukun
๐ฌุนِุจَุงุฏَุฉِ :
Isim majrur, majrur, kasrah, mudhaf
๐ฌุงَِّููู :
Lafzhul Jalalah, majrur, kasrah, mudhaf ilaih
๐ฌَู \ ุงููุงู :
Huruf athaf, mabni, fathah
๐ฌุงูุชَّุบِْْููุธُ :
Ma'thuf, marfu, dhammah
๐ฌِْูู :
Huruf jar, mabni, sukun
๐ฌุฐََِูู :
Isim isyarah, mabni, fathah, pd posisi jar isim majrur
๐ฌَู \ ุงููุงู :
Huruf athaf, mabni, fathah
๐ฌุงูู ُุนَุงุฏَุงุฉُ :
Ma'thuf, marfu, dhammah
๐ฌِْูู :
Huruf jar, mabni, sukun
๐ฌِู \ ุงููุงุก :
Dhamir muttashil, mabni, kasrah, pd posisi jar isim majrur
๐ฌَู \ ุงููุงู :
Huruf athaf, mabni, fathah
๐ฌุชَِْْูููุฑُ :
Ma'thuf, marfu, dhammah, mudhaf
๐ฌู َْู :
Isim maushul, mabni, sukun, pd posisi jar mudhaf ilaih
๐ฌَูุนََู :
Fi'il madhi, mabni, fathah, fa'il dhamir mustatir taqdirnya Huwa
๐ Jumlah fi'liyyah َูุนََู sebagai shilah maushul
๐ฌُู \ ุงููุงุก :
Dhamir muttashil, mabni, dhammah, pd posisi nashab maf'ul bih
▪▪▪▪▪▪▪▪▪▪▪
❁══════✿۩۞۩✿══════❁
✒ *Penilaian Sesi 2* ✒
➡ Jumlah kata yang di i'rab = 50
➡ Nilai satu kata = 2
➡ Nilai Total = 100 -
(jumlah nilai yang salah)
๐ BONUS
*Jika:*
๐ ada kata yang tidak disebutkan sama sekali = -2
๐ Satu kata ada 3 point penilaian (kedudukan, keadaan, tanda). Jika ada satu yang tidak disebutkan maka nilai = -0.6
๐ Khusus untuk kata yg didalamnya terkandung *fail dhamir mustatir/khabar ghairu mufrad/ket menempati posisi....*, maka ada 4 penilaian (kedudukan, keadaan, tanda, dan fail mustatir/ket khabar/menempati posisi...).
Jika ada satu yang tidak disebutkan maka nilai = - 0.5
๐ Jika ada huruf yang ditulis huruf saja tanpa menyebutkan jenis hurufnya dibenarkan
❁══════✿۩۞۩✿══════❁
_Silsilah Fiqih Pendidikan Anak - No: 129_
*๐๐ฅ ORTU BERMASALAH, PENDIDIKAN ANAK SUSAH*.
Youtube:
๐ฅ https://www.youtube.com/c/ustadzabdullahzaenma
Saat anak nakal dan sulit diatur, tidak sedikit orang tua yang berusaha mencari kambing hitam. Teman, lingkungan, sekolah dan lain sebagainya. Padahal yang paling bertanggungjawab atas segala perubahan anak adalah orang tua. Rasulullah _shallallahu ’alaihi wasallam_ mengingatkan,
"ู َุง ู ِْู ู َُْูููุฏٍ ุฅَِّูุง َُูููุฏُ ุนََูู ุงِْููุทْุฑَุฉِ َูุฃَุจََูุงُู َُِّูููุฏَุงِِูู ุฃَْู َُููุตِّุฑَุงِِูู ุฃَْู ُูู َุฌِّุณَุงِูู"
_"Setiap bayi lahir dalam keadaan fitrah. Orang tuanya lah yang akan menjadikan ia Yahudi, Nasrani atau Majusi"._ HR. Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah _radhiyallahu ‘anhu._
Banyak permasalahan anak justru penyebabnya adalah dari orang tua anak itu sendiri.
Ada orang tua yang *terlalu keras* pada anak. Sehingga anak menjadi keras dan memberontak. Menerapkan pendidikan disiplin pada anak, tidaklah sama dengan sikap otoriter pada anak.
Tapi ada juga yang *terlalu memanjakan,* sehingga anak menyepelekan orang tuanya. Lembut kepada anak itu wajib. Tapi lembek tidak boleh. Menuruti apapun yang diminta anak itu sikap lembek.
Sebagian orang tua juga *kurang peduli,* atau *terlalu sibuk* dengan urusannya. Sehingga anak merasa tidak diperhatikan. Pagi buta saat anaknya masih tertidur, mereka telah berangkat meninggalkan rumah. Setelah larut malam mereka baru tiba di rumah. Para orang tua ini jauh lebih sering bertemu dengan rekan kerjanya, ketimbang dengan anaknya sendiri.
Ada juga yang hubungan kedua orang tuanya *kurang harmonis,* bahkan hingga berpisah. Sehingga anak pun menjadi korban.
Dari sini kita bisa memahami betapa vitalnya peran orang tua dalam pendidikan anak. Mereka tidak boleh menumpukan semua beban pendidikan anak pada sekolah saja. Melainkan mereka juga harus terlibat aktif di dalamnya.
*Tugas Orang Tua*
Di dunia ini, satu-satunya pekerjaan paling menantang dan tidak dibayar, bahkan jarang mendapatkan penghargaan, adalah menjadi orang tua.
Tugas orang tua tidak berhenti setelah menyediakan sandang, pangan dan papan. Justru anak-anak membutuhkan *kehadiran orang tua seutuhnya, lahir dan batin.* Mereka dituntut 24 jam sehari dalam seminggu untuk menjadi pencari nafkah, guru, juru masak, _baby siter,_ juru damai, perawat, motivator, _bodyguard,_ dan profesi-profesi lainnya.
Kalaupun di dunia orang tua tidak menerima imbalan apa pun, di akhirat beda cerita. Anak salih akan menjadi sebuah investasi yang sangat berharga. Dengan doa-doa tulusnya, bisa mengangkat derajat orang tua di surga, _insyaAllah._
*Sekolah Orang Tua*
Menjadi orang tua memang tidak ada sekolah formalnya. Padahal, menjadi orang tua ibarat mengarungi samudra yang sangat luas. Betapa tidak, mulai dari proses kehamilan, melahirkan dan tumbuh kembang anak, orang tua terlibat langsung. Kompleksnya permasalahan menjadi orang tua, ternyata tidak diimbangi dengan banyaknya ilmu pengetahuan yang dimiliki orang tua.
Maka, para orang tua berkewajiban untuk *terus belajar.* Baik dengan menghadiri kajian atau pelatihan tentang pendidikan anak. Serta membaca buku-buku bermutu bertemakan hal tersebut.
Setelah itu, bertahaplah untuk *menerapkan ilmu* yang didapatkan secara konsisten.
Bila menghadapi kendala, jangan segan untuk *berkonsultasi* dengan para ahli di bidangnya.
Berbagai upaya pendidikan yang dilakukan adakalanya belum membuahkan hasil yang diharapkan. Karena itu jangan lelah menengadahkan tangan seraya *memanjatkan doa* ke hadirat Allah Yang membolak-balikkan hati anak-anak kita. Kepada-Nya lah kita menggantungkan segala harapan.
_Pesantren “Tunas Ilmu” Kedungwuluh Purbalingga, 11 Rajab 1440 / 18 Maret 2019_
Youtube:
๐ฅ https://www.youtube.com/c/ustadzabdullahzaenma
===๐๐ฅ๐===
*๐๐ฅ ORTU BERMASALAH, PENDIDIKAN ANAK SUSAH*.
Youtube:
๐ฅ https://www.youtube.com/c/ustadzabdullahzaenma
Saat anak nakal dan sulit diatur, tidak sedikit orang tua yang berusaha mencari kambing hitam. Teman, lingkungan, sekolah dan lain sebagainya. Padahal yang paling bertanggungjawab atas segala perubahan anak adalah orang tua. Rasulullah _shallallahu ’alaihi wasallam_ mengingatkan,
"ู َุง ู ِْู ู َُْูููุฏٍ ุฅَِّูุง َُูููุฏُ ุนََูู ุงِْููุทْุฑَุฉِ َูุฃَุจََูุงُู َُِّูููุฏَุงِِูู ุฃَْู َُููุตِّุฑَุงِِูู ุฃَْู ُูู َุฌِّุณَุงِูู"
_"Setiap bayi lahir dalam keadaan fitrah. Orang tuanya lah yang akan menjadikan ia Yahudi, Nasrani atau Majusi"._ HR. Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah _radhiyallahu ‘anhu._
Banyak permasalahan anak justru penyebabnya adalah dari orang tua anak itu sendiri.
Ada orang tua yang *terlalu keras* pada anak. Sehingga anak menjadi keras dan memberontak. Menerapkan pendidikan disiplin pada anak, tidaklah sama dengan sikap otoriter pada anak.
Tapi ada juga yang *terlalu memanjakan,* sehingga anak menyepelekan orang tuanya. Lembut kepada anak itu wajib. Tapi lembek tidak boleh. Menuruti apapun yang diminta anak itu sikap lembek.
Sebagian orang tua juga *kurang peduli,* atau *terlalu sibuk* dengan urusannya. Sehingga anak merasa tidak diperhatikan. Pagi buta saat anaknya masih tertidur, mereka telah berangkat meninggalkan rumah. Setelah larut malam mereka baru tiba di rumah. Para orang tua ini jauh lebih sering bertemu dengan rekan kerjanya, ketimbang dengan anaknya sendiri.
Ada juga yang hubungan kedua orang tuanya *kurang harmonis,* bahkan hingga berpisah. Sehingga anak pun menjadi korban.
Dari sini kita bisa memahami betapa vitalnya peran orang tua dalam pendidikan anak. Mereka tidak boleh menumpukan semua beban pendidikan anak pada sekolah saja. Melainkan mereka juga harus terlibat aktif di dalamnya.
*Tugas Orang Tua*
Di dunia ini, satu-satunya pekerjaan paling menantang dan tidak dibayar, bahkan jarang mendapatkan penghargaan, adalah menjadi orang tua.
Tugas orang tua tidak berhenti setelah menyediakan sandang, pangan dan papan. Justru anak-anak membutuhkan *kehadiran orang tua seutuhnya, lahir dan batin.* Mereka dituntut 24 jam sehari dalam seminggu untuk menjadi pencari nafkah, guru, juru masak, _baby siter,_ juru damai, perawat, motivator, _bodyguard,_ dan profesi-profesi lainnya.
Kalaupun di dunia orang tua tidak menerima imbalan apa pun, di akhirat beda cerita. Anak salih akan menjadi sebuah investasi yang sangat berharga. Dengan doa-doa tulusnya, bisa mengangkat derajat orang tua di surga, _insyaAllah._
*Sekolah Orang Tua*
Menjadi orang tua memang tidak ada sekolah formalnya. Padahal, menjadi orang tua ibarat mengarungi samudra yang sangat luas. Betapa tidak, mulai dari proses kehamilan, melahirkan dan tumbuh kembang anak, orang tua terlibat langsung. Kompleksnya permasalahan menjadi orang tua, ternyata tidak diimbangi dengan banyaknya ilmu pengetahuan yang dimiliki orang tua.
Maka, para orang tua berkewajiban untuk *terus belajar.* Baik dengan menghadiri kajian atau pelatihan tentang pendidikan anak. Serta membaca buku-buku bermutu bertemakan hal tersebut.
Setelah itu, bertahaplah untuk *menerapkan ilmu* yang didapatkan secara konsisten.
Bila menghadapi kendala, jangan segan untuk *berkonsultasi* dengan para ahli di bidangnya.
Berbagai upaya pendidikan yang dilakukan adakalanya belum membuahkan hasil yang diharapkan. Karena itu jangan lelah menengadahkan tangan seraya *memanjatkan doa* ke hadirat Allah Yang membolak-balikkan hati anak-anak kita. Kepada-Nya lah kita menggantungkan segala harapan.
_Pesantren “Tunas Ilmu” Kedungwuluh Purbalingga, 11 Rajab 1440 / 18 Maret 2019_
Youtube:
๐ฅ https://www.youtube.com/c/ustadzabdullahzaenma
===๐๐ฅ๐===
┏━━━━━━━❃❀❃๐❃❀❃━━━━━━━┓
*TATA TERTIB GROUP*
*_MT. Ash-Shalihah_*
*๐ Masjid Al-Mukhlisun ~ Griya Depok Asri*
┗━━━━━━━❃❀❃๐❃❀❃━━━━━━━┛
๐ฐ *TATA TERTIB GROUP WA - Majelis Taklim Khusus Akhwat MT. Ash-Shalihah* ๐ฐ
ุงูุณَّูุงَู ُ ุนََُْูููู ْ َูุฑَุญْู َุฉُุงِููู َูุจَุฑََูุงุชُُู
Akhawat fillah yang semoga senantiasa di rahmati Allah Subhanahu wa Ta’ala.
*_Demi menjaga tujuan dari terbentuknya group WA Majelis Taklim (MT) Ash-Shalihah, adalah untuk ber'Amar Ma'ruf Nahi Munkar serta Istiqamah dalam Keta'atan kepada Allah Ta'ala dan Rasul-Nya dengan mengikuti pemahaman salafush shalih, maka dengan ini dibuatkan Tata Tertib group, untuk dapat di PERHATIKAN dan DITAATI._*
===================
*TATA TERTIB GROUP WA - Majelis Taklim Khusus Akhwat MT. Ash-Shalihah*
๐บ️ *1. GROUP WA KHUSUS AKHWAT.*
_Sebagai wadah menimba ilmu syar'i dan mempererat ukhuwah persaudaraan sesama jama'ah MT. Ash-Shalihah._
๐บ️ *2. WAKTU AKTIF PERCAKAPAN*
_Pkl. 05.00 s/d 22.00 setiap harinya_ (diutamakan percakapan terkait menimba ilmu syar'i).
๐บ️ *3. JADWAL KAJIAN MT. ASH-SHALIHAH :*
(1). Kamis pekan ke 1, pemateri : Ustadz Najmi Umar Bakkar
(2). Kamis pekan ke 3, pemateri : Ustadz Abu Asma Andre
๐บ️ *4. SETIAP JAMA'AH WAJIB MENCATAT, MENYIMPAN & MEMPELAJARI KEMBALI MATERI KAJIAN YANG SUDAH DIBERIKAN.*
_Hal tsb untuk menambah ilmu & meminimalisir pertanyaan yang berulang atas materi yang telah disampaikan atau pertanyaan yang sudah pernah dijawab._
๐บ️ *5. DILARANG MENAMPILKAN SESUATU YANG MENYALAHI SYARIAT.*
_Seperti terbukanya aurat baik laki-laki maupun perempuan, postingan mengandung musik dan lagu-lagu dll._*
๐บ️ *6. DILARANG MENGINFORMASIKAN SUATU BERITA YANG BELUM JELAS KEBENARANNYA.*
_Postingan harus disertai dalil-dalil yang shohih dan jelas sumber rujukannya. Tidak sekedar copi paste saja dari group lain karena dikhawatirkan ada kesalahan yang tidak diketahui._
๐บ️ *7. HANYA ADMIN YANG BERHAK MEMPOSTING KAJIAN DAN DONASI DI GRUP*
Bagi member yang ingin mengusulkan untuk posting kajian dan donasi dimohon melewati admin.
๐บ️ *8. WAKTU MUAMALAH (Info Usaha, Penawaran Product) : SABTU & AHAD ⏰ PKL. 07.00 s/d 20.00 (8 malam).*
Yang diposting adalah Info usaha / penawaran product dg max 4 gambar. Lengkapi dengan PIC dan no. HP ๐ฒ , jika ada yang berminat dapat dilanjutkan via Japri.
๐บ️ *9. SALING MENJAGA ADAB & ETIKA, BERAKHLAQ BAIK DALAM PEMBICARAAN/ DISKUSI. HINDARI PERDEBATAN.*
๐บ️ *10. SALING MENGINGATKAN SESAMA JAMA'AH AGAR MEMATUHI TATA TERTIB GROUP.*
➖➖➖➖➖
Insya Allah kita mendapatkan keberkahan, tambahan iman dan ilmu yang bermanfaat serta semangat untuk mengamalkan Islam dengan manhaj yang lurus sesuai pemahaman para salafush shahih. Aamiin Yaa Rabbal’alamin.
َูุงูุณَّูุงَู ُ ุนََُْูููู ْ َูุฑَุญْู َุฉُ ุงِّููู َูุจَุฑََูุงุชُُู
-----
๐ *Admin Group WA MT. Ash-Shalihah :*
▫Rini ummu 'Afif ▫Ira ummu Qarni▫️ Lenny ummu Kezia▫️ Nia ummu Farah
*TATA TERTIB GROUP*
*_MT. Ash-Shalihah_*
*๐ Masjid Al-Mukhlisun ~ Griya Depok Asri*
┗━━━━━━━❃❀❃๐❃❀❃━━━━━━━┛
๐ฐ *TATA TERTIB GROUP WA - Majelis Taklim Khusus Akhwat MT. Ash-Shalihah* ๐ฐ
ุงูุณَّูุงَู ُ ุนََُْูููู ْ َูุฑَุญْู َุฉُุงِููู َูุจَุฑََูุงุชُُู
Akhawat fillah yang semoga senantiasa di rahmati Allah Subhanahu wa Ta’ala.
*_Demi menjaga tujuan dari terbentuknya group WA Majelis Taklim (MT) Ash-Shalihah, adalah untuk ber'Amar Ma'ruf Nahi Munkar serta Istiqamah dalam Keta'atan kepada Allah Ta'ala dan Rasul-Nya dengan mengikuti pemahaman salafush shalih, maka dengan ini dibuatkan Tata Tertib group, untuk dapat di PERHATIKAN dan DITAATI._*
===================
*TATA TERTIB GROUP WA - Majelis Taklim Khusus Akhwat MT. Ash-Shalihah*
๐บ️ *1. GROUP WA KHUSUS AKHWAT.*
_Sebagai wadah menimba ilmu syar'i dan mempererat ukhuwah persaudaraan sesama jama'ah MT. Ash-Shalihah._
๐บ️ *2. WAKTU AKTIF PERCAKAPAN*
_Pkl. 05.00 s/d 22.00 setiap harinya_ (diutamakan percakapan terkait menimba ilmu syar'i).
๐บ️ *3. JADWAL KAJIAN MT. ASH-SHALIHAH :*
(1). Kamis pekan ke 1, pemateri : Ustadz Najmi Umar Bakkar
(2). Kamis pekan ke 3, pemateri : Ustadz Abu Asma Andre
๐บ️ *4. SETIAP JAMA'AH WAJIB MENCATAT, MENYIMPAN & MEMPELAJARI KEMBALI MATERI KAJIAN YANG SUDAH DIBERIKAN.*
_Hal tsb untuk menambah ilmu & meminimalisir pertanyaan yang berulang atas materi yang telah disampaikan atau pertanyaan yang sudah pernah dijawab._
๐บ️ *5. DILARANG MENAMPILKAN SESUATU YANG MENYALAHI SYARIAT.*
_Seperti terbukanya aurat baik laki-laki maupun perempuan, postingan mengandung musik dan lagu-lagu dll._*
๐บ️ *6. DILARANG MENGINFORMASIKAN SUATU BERITA YANG BELUM JELAS KEBENARANNYA.*
_Postingan harus disertai dalil-dalil yang shohih dan jelas sumber rujukannya. Tidak sekedar copi paste saja dari group lain karena dikhawatirkan ada kesalahan yang tidak diketahui._
๐บ️ *7. HANYA ADMIN YANG BERHAK MEMPOSTING KAJIAN DAN DONASI DI GRUP*
Bagi member yang ingin mengusulkan untuk posting kajian dan donasi dimohon melewati admin.
๐บ️ *8. WAKTU MUAMALAH (Info Usaha, Penawaran Product) : SABTU & AHAD ⏰ PKL. 07.00 s/d 20.00 (8 malam).*
Yang diposting adalah Info usaha / penawaran product dg max 4 gambar. Lengkapi dengan PIC dan no. HP ๐ฒ , jika ada yang berminat dapat dilanjutkan via Japri.
๐บ️ *9. SALING MENJAGA ADAB & ETIKA, BERAKHLAQ BAIK DALAM PEMBICARAAN/ DISKUSI. HINDARI PERDEBATAN.*
๐บ️ *10. SALING MENGINGATKAN SESAMA JAMA'AH AGAR MEMATUHI TATA TERTIB GROUP.*
➖➖➖➖➖
Insya Allah kita mendapatkan keberkahan, tambahan iman dan ilmu yang bermanfaat serta semangat untuk mengamalkan Islam dengan manhaj yang lurus sesuai pemahaman para salafush shahih. Aamiin Yaa Rabbal’alamin.
َูุงูุณَّูุงَู ُ ุนََُْูููู ْ َูุฑَุญْู َุฉُ ุงِّููู َูุจَุฑََูุงุชُُู
-----
๐ *Admin Group WA MT. Ash-Shalihah :*
▫Rini ummu 'Afif ▫Ira ummu Qarni▫️ Lenny ummu Kezia▫️ Nia ummu Farah
Subscribe to:
Comments (Atom)