Wednesday, April 1, 2020

*Bolehkah Belajar Bahasa Arab Kepada Ahlul Bid’ah*

 Apabila ada seorang mubtadi’, namun dia menonjol/kuat dalam ilmu bahasa arab, baik balaghah, nahwu, maupun sharaf.  Bolehkah kita duduk dengannya dan mengambil ilmu darinya – yakini ilmu yang dia menonjol di bidang tersebut – ataukah kita tetap wajib meng-hajr-nya?

*Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-’Utsaimin rahimahullah Jawab :*

 Kita tidak boleh duduk dengannya. Karena hal itu akan memunculkan dua kerusakan:
1. Kerusakan Pertama: Dia (ahlul bid’ah tersebut) tertipu dengan dirinya sendiri. Dia mengira bahwa dirinya berada di atas al-Haq (kebenaran).

2. Kerusakan Kedua : Umat akan tertipu dengannya. Yaitu dengan berdatangannya para penuntut ilmu kepada dia dan mengambil ilmu darinya.

 Sementara orang awam tidak akan membedakan antara ilmu nahwu dengan ilmu aqidah.

*Oleh karena itu KAMI MEMANDANG UNTUK TIDAK BOLEH DUDUK DENGAN AHLUL BID’AH SECARA MUTLAK.*

 Bahkan walaupun dia tidak mendapati ilmu bahasa arab, ilmu balaghah, dan ilmu sharaf – misalnya – kecuali pada mereka.

 Allah akan menjadikan untuknya yang lebih bagi dari itu. Karena berdatangannya para penuntut ilmu kepada mereka (ahlul bid’ah) tidak diragukan akan menyebabkan mereka tertipu (dengan diri sendiri) dan menyebabkan umat tertipu dengan mereka.

*Di sana ada masalah (lain), yaitu : bolehkan mengambil ilmu al-Qur`an (yaitu ilmu qira’ah, tajwid, dll, pen) dari seorang pengajar ahli bid’ah?*

Jawabannya :
*Tidak boleh membaca kepada mereka (yakni tidak boleh mengambil ilmu al-Qur`an dari mereka, pen).* –

Dari kaset : “Syarh Hilyah Thalibul ‘Ilmi Oleh al-’Allamah Muhammad bin Shalih al-’Utsaimin rahimahullah Sumber http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=144312 http://miratsul-anbiya.net/2014/06/07/bolehkah-belajar-bahasa-arab-kepada-ahlul-bidah/

Sumber Artikel: https://salafy.or.id/blog/2014/06/09/bolehkah-belajar-bahasa-arab-kepada-ahlul-bidah/ | Salafy.or.id



Kisah sabahat Mus'ab bin Jabbal


https://youtu.be/7sxoqEiai90
Pahami cara memperbaiki akhlak  dan aqidah kita oleh ustadz Syafiq Reza


Pesan nabi kpd mus'ab bin jabbal:

1. Beribadah kpd Allah dan jangan melakukan kesyirikan

2. Kalo engkau melakukan kesalahan maka tebuslah dengan berbuat kebaikan
Jangan menunda2 tobat

3. Istiqomahlah  dan hendaklah akhlak mu menjadi baik

Yg merasa sudah baik aqidahnya maka perbaiki akhlaknya

Cara memperbaiki karakter
1. Beribadah kpd Allah
Amal sholih itu termasuk iman
Semua yg wajib2 jika dikerjakan  dengan baik maka akhlaknya baik
Jangan menjadi hakim menilai orang lain tapi kita sibuk memperbaiki diri
Dirikanlah sholat karena sholat mencegah dari perbuatan keji dan munkar
Tapi ada org yg sholat masuk neraka..
Sehingga kita harus memperbaiki sholat kita
Celaka orang sholat sifatnya ada 3
1. Lalai dg sholat nya
Ada adzan tdk digubris
2. Riya
3. Melarang orang lain mengambil manfaat dari dirinya
Apa yg dimilikinya mudah utk dipinjamkan

Sholat ini jika dilakukan dg benar maka akhlaknya juga baik

Jika kita yakin bahwa uang itu milik Allah maka kita diperintahkan oleh Allah utk zakat dan shodaqoh

Puasa itu bukan menghalangi makan dan minum tapi utk mengontrol jiwamu
Agar menjadi orang yg bertaqwa kpd Allah

Barangsiapa orang puasa tapi tetap menjalankan perbuatan2 tercela maka Allah tidak butuh kpd orang tsb walaupun meninggalkan makan dan minumnya

Haji dan umroh
Jangan mengeluarkan ucapan2 yg kotor, jangan berdebat, jangan melakukan kefasikan
Haji mengandung pembelajaran akhlak

Pulang haji harus berubah karakter dan sifatnya jika tidak berubah maka tidak ada gunanya

Dengan latihan utk mendapat akhlak yg baik
Sifat sabar itu dilatih, sifat penghuni surga itu penyabar
Jika punya akhlak buruk maka ini point utk berubah.. Jika sudah merasa punya akhlak yg baik maka ini yg susah utk diperbaiki

Cari profesi yg bisa membuat kita berubah akhlaknya ...
Sabar dalam menghadapi orang lain

Oleh karena itu dianjurkan hijrah utk memperoleh aqidah dan akhlak yg baik
Cari lingkungan, teman, majlis ilmu yg membuat kita menjadi lebih baik di hadapan Allah

Jangan nunggu punya usaha sendiri baru shadaqah tapi uang yg kita terima kita shodaqoh kan .. Ini perlu dilatih

Ilmu
Seharusnya dgn ilmu bisa menjadi lebih baik karena yg awalnya tidak tahu menjadi tahu

Jika dalam belajar bisa menjadi lebih baik maka ilmu itu menjadi syafaat bukan malah menjerumuskan..

Pertanyaan di hari kiamat bukan tentang banyaknya hafalan hadist atau hafalan alquran tetapi nanti akan ditanya utk ilmunya dipake utk apa?

Doa
Jalan paling pintas utk berubah akhlak
Banyak doa2 yg Rasulullah panjatkan

Berdoalah Agar Memiliki Adab dan Akhlak yang Mulia
Dari Ziyad bin ‘Ilaqoh dari pamannya, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca do’a,

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ مُنْكَرَاتِ الأَخْلاَقِ وَالأَعْمَالِ وَالأَهْوَاءِ

“Allahumma inni a’udzu bika min munkarotil akhlaaqi wal a’maali wal ahwaa’ [artinya: Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari akhlaq, amal dan hawa nafsu yang mungkar].” (HR. Tirmidzi no. 3591, shahih)

Doa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang lainnya,

اللَّهُمَّ اهْدِنِى لأَحْسَنِ الأَخْلاَقِ لاَ يَهْدِى لأَحْسَنِهَا إِلاَّ أَنْتَ وَاصْرِفْ عَنِّى سَيِّئَهَا لاَ يَصْرِفُ عَنِّى سَيِّئَهَا إِلاَّ أَنْتَ

“Allahummahdinii li ahsanil akhlaaqi laa yahdi li-ahsanihaa illa anta, washrif ‘anni sayyi-ahaa, laa yashrif ‘anni sayyi-ahaa illa anta [artinya: Ya Allah, tunjukilah padaku akhlak yang baik, tidak ada yang dapat menunjukinya kecuali Engkau. Dan palingkanlah kejelekan akhlak dariku, tidak ada yang memalinggkannya kecuali Engkau].” (HR. Muslim no. 771, dari ‘Ali bin Abi Tholib)

أسأل الله أن يزرقنا الأدب وحسن الخلق

Ya Allah, aku meminta pada-Mu agar mengaruniakan pada kami adab dan akhlak yang mulia.


Pilih waktu2 mustajab dalam berdoa..

Sekali lagi yg perlu kita ingat iman dan akhlak tidak bisa dipisahkan yg membedakan itu hanya tingkatannya

Yg paling tinggi iman itu adalah la ilaaha illah
Yg paling rendah itu menyingkirkan gangguan di jalanan
Dan malu itu termasuk  ke dalam iman
Bid’ah-Bid’ahh 


 Oleh Syaikh Bakr bin Abdillah Abu Zaid BEBERAPA BID’AH PARA AHLI QIRA’AH YANG DISEBUTKAN OLEH PARA ULAMA 1. Berlebih-lebihan melafazhkan huruf, bahkan menyalahi cara dan hukum penyebutan huruf karena adanya cara bertajwid yang dibuat-buat dan bahkan dipaksa-paksakan, sehingga meleset dari bacaan yang mudah dan lurus yang sesuai dengan firman Allah: وَرَتِّلِ الْقُرْءَانَ تَرْتِيلا “Dan bacalah al-Qur’an dengan tartil” [al-Muzzamil : 4] 2. Membaca al-Qur’an bukan dengan logat Arab. 3. Membaca seperti cara orang fasik dan fajir (durhaka). 4. Membaca dengan nada dan gerakan tertentu. Seperti yang dilakukan oleh sebagian pengikut Tareqat yang membaca dengan iringan tarian/dansa/joget seperti yang dilakukan di halaman masjid al-Husein di Mesir dengan ditonton oleh orang banyak. 5. Membaca dengan cara melagu. Dan bid’ah yang lebih parah dari itu jika bacaan disertai dengan alat musik. 6. Melagu serta banyak mengulang-ulangi laguan. 7. Membaca cepat seperti halnya syair. 8. Membaca dengan cepat tanpa tadabbur (memperhatikan maknanya). 9. Mengangkat suara saat membaca dengan cara yang berlebih-lebihanan. Dan inilah yang menyebabkan timbulnya cara baru yang dibuat-buat saat membaca al-Qur’an, yaitu menempelkan kedua tangan pada kedua telinga ketika membaca al-Qur’an. 10. Duduk melingkar dan bergantian dalam membaca ayat atau surah sampai bacaan selesai. Tetapi cara ini diperbolehkan saat berkumpul untuk belajar al-Qur’an. 11. Membaca al-Qur’an di menara masjid. Ini merupakan tipu daya Iblis terhadap banyak ahli qira’ah, yaitu mereka membaca al-Qur’an di menara masjid pada waktu malam dengan paduan suara yang keras sampai berjuz-juz, sehingga mereka mengganggu dan menghalangi orang lain tidur, sekaligus dapat menjerumuskan diri mereka kepada perbuatan riya’[1] Bahkan di antara mereka ada yang sengaja membaca al-Qur’an di masjid di waktu setelah adzan, karena ini merupakan waktu berkumpulnya orang-orang di masjid. 12. Qaari’ (orang yang membaca Al-Qur’an) membaca sambil mengisap rokok, atau membaca al-qur’an di suatu majlis di mana orang-orang yang berkumpul mengisap rokok. 13. Menyibukkan diri dengan cara-cara bacaan yang syadz (nyleneh/aneh/rancu), padahal ini merupakan tipu daya Iblis terhadap mereka. Yaitu mereka menyibukkan diri dengan bacaan-bacaan seperti ini sehingga menghabiskan waktu dan umur mereka untuk mendalami, mengajarkan serta menyusun buku untuk hal itu, sehingga mereka sibuk dengan urusan qira’ah (bacaan) dan meninggalkan ilmu yang fardhu atau wajib. Sehingga anda terkadang mendapati seorang imam masjid yang sibuk dengan pengajaran cara bacaan yang syadz, padahal dia sendiri belum mengetahui hal-hal yang membatalkan shalat. Bahkan terkadang sifat fanatik kejahilannya membuat dia berani dengan cepat tampil berfatwa, tetapi enggan ikut duduk menuntut ilmu di majlis ilmu yang dipimpin oleh ulama. Andaikan orang-orang seperti ini mau berfikir, niscaya mereka mengetahui bahwa yang seharusnya menjadi prioritas tujuan ialah menghafal al-Qur’an serta membenarkan cara bacaan (qira’ah), lalu memahami al-Qur’an dan mengamalkannya. Kemudian mempelajari ilmu-ilmu yang dapat memperbaiki hati dan akhlaq, serta ilmu-ilmu syari’at yang lainnya. Dan merupakan kebodohan jika seseorang menghabiskan waktunya pada hal-hal yang tidak penting. Al-Hasan Al-Bashariy berkata: “Al-Qur’an diturunkan untuk diamalkan, akan tetapi manusia menjadikan bacaan al-Qur’an sebagai pekerjaan.” Maksudnya: Mereka hanya mementingkan urusan bacaan tetapi tidak mengamalkan isi Al-Qur’an. 14. Membaca dengan dua qira’ah (cara baca) atau lebih pada satu ayat, di dalam shalat atau di luar shalat di tengah banyak orang. (Cara menbaca seperti ini diperbolehkan saat seorang guru menjelaskan cara-cara bacaan dalam pelajaran tafsir untuk mengetahui maksud setiap bacaan). 15. Termasuk bid’ah adalah mengkhususkan bacaan ayat atau surat tertentu dalam shalat wajib atau selain shalat wajib tanpa dalil, seperti: a. Membiasakan membaca surah al-An’am pada rekaat terakhir malam ke tujuh bulan Ramadhan dengan meyakini bahwa hal itu disunnahkan. b. Membaca surah al-Muddatstsir, al-Muzzammil atau al-Insyraah pada malam Maulid Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam di shalat Isya’ atau shalat Fajar. c. Membaca surat yang menyebutkan Nabi Musa Alaihissallam pada shalat fajar hari ‘Asyura. d. Membaca surah al-Kafiruun dan al-Ikhlash di shalat maghrib pada malam Jum’at. e. Membaca surah al-Falaq dan an-Naas pada shalat Maghrib pada malam Sabtu. f. Menggabung ayat-ayat tertentu untuk dibaca secara khusus pada akhir-akhir shalat tarawih. g. Membaca ayat-ayat yang berisi do’a di malam khatam pada rekaa’at terakhir shalat tarawih setelah membaca surah an-Naas. h. Membaca dengan dua qira’ah (cara baca) dalam shalat adalah bid’ah, sama hukumnya dengan menggabung dua qira’ah saat membaca di luar shalat. i. Membaca surah yang di dalamnya ada ayat sajadah selain (Alif Laam Miim –Tanzil- As-Sajdah) pada shalat fajar hari jum’at karena yang disunahkan ialah: membaca pada rekaat pertama (Alif Laam Miim –Tanziil- As-Sajdah) dan (surah al-Insan) pada rekaat kedua. j. Menggabungkan ayat-ayat yang berisi tahlil (kalimat Laa ilaaha illa Allah) dan membacanya seperti halnya membaca surah. 16. Termasuk bid’ah adalah mengkhususkan membaca suatu ayat atau surah tanpa dalil pada waktu atau tempat tertentu untuk suatu hajat. Seperti: a. Membaca al-Fatihah dengan niat untuk hajat tertentu atau menghilangkan kesusahan. b. Membaca surah al-Kahfi pada hari Jum’at untuk orang-orang yang akan shalat Jum’at sebelum memulai khutbah Jum’at dengan suara yang keras. c. Membaca surah Yaasiin 40 kali dengan niat terpenuhinya suatu hajat. d. Mengkhususkan bacaan surah al-Kahfi sesudah Ashar pada hari Jum’at di masjid. (Kesalahannya karena mengkhususkan tempat dan waktu). e. Membaca surah Yaasin saat memandikan mayit. f. Membaca sepersepuluh dari al-Qur’an (oleh anak-anak dan selain anak-anak) pada malam Maulid. g. Membaca al-Qur’an di hadapan jenazah atau di atas kubur. h. Mengharuskan diri untuk senantiasa membaca al-Qur’an saat thawaf. 17. Termasuk bid’ah adalah kebiasaan para qaari’ (orang yang membaca Al-Qur’an) atau yang mendengarkan bacaannya mengucapkan do’a-do’a atau dzikir-dzikir yang tidak ada nash dalilnya saat membaca suatu ayat atau surah. Seperti: a. Ucapan mereka setelah membaca al-Qur’an: “al-Fatihah.” b. Ucapan mereka saat membaca al-Fatihah: “Shalluu ‘alaihi wa sallimuu tasliimaa.” c. Ucapan qaari’ (orang yang membaca Al-Qur’an): “al-Fatihah –Ziyaadatan Fii Syarafin Nabiyyi Shallaahu ‘Alaihi Wa Sallam.” d. Ucapan orang-orang yang mendengarkan bacaan qaari’ (orang yang membaca Al-Qur’an): “Allah, Allah,” atau ucapan-ucapan lainnya yang ditujukan kepada qaari saat ia membaca, padahal Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: وَأِذَا قُرِىءَ القُرءَانُ فاَستمعُوا لَهُ وَأنصِتُوا لَعَلكُم تُرحَمُونَ “Dan apabila dibacakan al-Qur’an, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat” [al-A’raaf: 204] e. Membiasakan ucapan: “Shadaqa Allaah ul-‘Azhiim” setelah selesai membaca al-Qur’an. 18. Bid’ah-bid’ah khatam, seperti: a. Membaca semua ayat-ayat sajadah setelah khatam. b. Bertahlil empat belas kali. c. Mengadakan perayaan malam khatam. d. Khutbah sebelum atau sesudah acara. e. Saling berjanji untuk khatam. f. Berteriak saat khatam. g. Menyalakan api malam khatam 19. Termasuk bid’ah adalah membaca al-Qur’an untuk meminta-minta. Di antaranya dengan cara memutar bacaan kaset Qur’an sambil meminta-minta di gang-gang jalanan dan di toko-toko pasar. 20. Meletakkan kedua tangan di kedua telinga atau satu tangan di sebelah telinga saat membaca al-Qur’an. 21. Tujuh hal yang menyangkut khatam: a. Penyempurnaan khatam, artinya: makmum membaca semua ayat yang ditinggalkan oleh imam, setelah itu imam kembali membaca semua ayat yang telah ia tinggalkan. b. Menganggap bahwa disukai mengkhatam qur’an pada sore hari di musim dingin, dan di pagi hari pada musim kemarau. c. Menyambung satu khatam dengan khatam lain dengan perantaraan/sambungan surah al-Fatihah atau dengan membaca lima ayat dari surah al-Baqarah. d. Mengulang-ulangi surah al-Ikhlash tiga kali. e. Bertakbir di akhir surat ad-Dhuha sampai akhir surah An-Naas di dalam shalat atau di luar shalat. f. Puasa pada hari khatam. g. Membaca do’a khatam dalam shalat. TAQLID (MENIRU) SUARA QAARI’ Fitnah (kesesatan; kesalahan) meniru suara para qaari’ (orang yang membaca Al-Qur’an) dan mempraktekkannya di masjid-masjid di hadapan Allah adalah perkara yang dianggap bid’ah (tambahan) dalam urusan ibadah membaca qur’an . Padahal merupakan suatu hal yang dimaklumi bahwa hal meniru suara yang qaari’ yang baik bisa dilakukan pada zaman Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan pada zaman para sahabat Radhiyallahu ‘anhum, tetapi tidak diketahui adanya di kalangan mereka yang bertaqaarub (beribadah) kepada Allah dengan meniru-niru suara Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sehingga dari sini diketahui bahwa perbuatan tersebut tidak masyru’ (disyari’atkan/diajarkan) sekaligus merupakan sikap mengada-ada dalam persoalan ibadah. Padahal menurut qaidah syara’ bahwa setiap perkara ibadah yang diada-adakan adalah bid’ah dan semua bid’ah adalah kesesatan. Hal inilah -pada zaman kita ini- yang membuat banyak orang berdesak-desakan mengerumuni masjid-masjid yang imamnya mempunyai prinsip seperti di atas (meniru suara para qaari’ yang terkenal). Sehingga banyak orang pada bulan Ramadhan yang bepergian dari satu negeri ke negeri lain dengan tujuan shalat tarawih di suatu masjid yang imamnya mempunyai “suara yang bagus”. Coba anda camkan baik-baik hal ini, betapa terinjak-injaknya Sunnah Nabi tentang larangan “sengaja bepergian (ke tempat yang dimuliakan-red) kecuali ke tiga masjid: Masjid Haram, Masjid Nabawi, dan Masjid al-Aqsha”.[2] Dan di antara hal yang muncul dari perbuatan tadi: 1. Adanya perasaan tidak senang shalat di belakang imam yang tidak begitu bagus suaranya. 2. Banyaknya orang yang kehilangan khusyu’ dalam shalatnya akibat ketergantungan kepada kebagusan suara. Dan saya menasehati setiap muslim yang membaca Kitab Allah Ta’ala, khususnya para imam masjid-masjid, agar menghentikan sifat meniru-niru dan taqlid dalam membaca kalam Allah Rabbul-Alamiin. Kalam Allah lebih mulia dan lebih besar nilainya dibanding dengan perbuatan seorang qaari’ dalam melakukan apa-apa yang tidak diperintahkan secara syar’iy kepadanya. Allah berfirman tentang perihal sifat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam : وَمَاأَنَا مِنَ المُتَكَلفِينَ “Dan bukanlah aku termasuk orang-orang yang mengada-adakan”. [Shaad: 86] Hendaknya setiap hamba berusaha untuk menghadirkan hati dan memperbaiki niat, sehingga ia membaca al-Qur’an dengan memperbagus suaranya tanpa mengada-ada dan memaksakan diri di luar kemampuannya. Janganlah mengada-ada dengan melagu serta memaksa-maksakan bacaan serta cara baca yang dilarang. Dan sepantasnya orang-orang yang diberi kekuasaan oleh Allah untuk mengangkat imam masjid supaya memilih imam yang lebih memadai keilmuaanya, bertaqwa, bersifat wara’, mempunyai aqidah yang bersih dari penyakit syubhat, mempunyai perangai bersih dari penyakit syahwat, serta lebih mendahulukan yang bersuara baik. MENGGOYANG-GOYANGKAN KEPALA DAN BADAN SAAT MEMBACA AL-QUR’AN Yaitu bid’ah kebiasaan orang-orang Yahudi yang biasa mereka lakukan saat mereka belajar, kemudian merembet kepada anak-anak kaum muslimin, pertama-tama di Mesir. Jika mereka membaca al-Qur’an di sekolah, mereka mengerak-gerakan kepala dan melenggak-lenggok. (Seperti yang dijelaskan oleh Abu Hayyan Al-Andalusiy dan Al-Raa’iy Al-Andalusiy). MEMILIH BACAAN AYAT-AYAT PADA SHALAT JUM’AT YANG SESUAI DENGAN PEMBAHASAN KHUTBAH Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyusun bacaan shalat Jum’at dengan tiga sunnah bacaan: 1. Surah Al-Jumu’ah dan Surah Al-Munafiqun 2. Surah Al-Jumu’ah dan surah Al-Ghaasyiyah 3. Surah Al-‘A-laa (Sabbihisma) dan surah Al-Ghaasyiyah. Sungguh pada zaman kita ini telah terjadi adanya sikap berpaling sebagian orang dari bacaan yang disyari’atkan ini kepada pilihan pribadi imam, yaitu memilih ayat-ayat atau surah yang menurutnya sesuai dengan thema khutbah. Cara ini tidak berasal dari sunnah Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan tidak berasal dari pengaalan Salaful-Ummah, sehingga menjadikan cara tadi sebagai suatu kebiasaan pengamalan adalah bid’ah. Begitu pula (jika) dengan niat meninggalkan yang disyari’atkan dan mengamalkan selain yang disunnahkan untuk dijadikan sebagai cara pengamalan yang dianggap sunnah, maka sikap ini dianggap sebagai sikap ingin menyempurnakan syariat (yang seakan-akan belum sempurna), meninggalkan yang masyru’, menganggap cara tadi sunnah serta membuat orang-orang awam terkecoh dengan cara-cara seperti itu, Wallahu a’lam. MELAFAZHKAN AYAT-AYAT TERTENTU SAAT BERKHUTBAH DENGAN NADA SUARA BERUBAH-UBAH Di antara hal-hal yang diada-adakan oleh para penceramah dan sebagian khatib pada zaman ini ialah merubah-ubah suara saat membaca ayat-ayat al-Qur’an untuk mengatur suaranya saat berceramah atau berkhutbah. Cara ini tidak dikenal dari ulama-ulama salaf terdahulu, dan juga para ulama yang mempunyai banyak pengikut. Dan anda tak menjumpainya di kalangan ulama-ulama yang mulia yang diakui pada zaman kita, bahkan mereka menghindari cara bacaan seperti ini, dan banyak hadirin yang mendengarkan bacaan itu yang merasa tidak suka. Cara membacanyapun berbeda-beda, dan semua cara yang salah tidak diperhitungkan, sebagaimana tidak diperhitungkannya orang yang menyalahi metode periode awal umat ini dan ulama salaf. [Ringkasan kitab Bida’ul Qura’ Al-Qadimah wal Mu’ashirah karya Syeikh Bakr bin Abdillah Abu Zaid, diringkas oleh M. Dahri] [Disalin dari majalah As-Sunnah Edisi 05/Tahun V/1422/2001M. Penerbit Yayasan Lajnah Istiqomah Surakarta, Jl. Solo-Purwodadi Km.8 Selokaton Gondangrejo Solo 57183 Telp. 0271-7574821] ________ Footnote [1]. Sebagaimana banyak dilakukan di masjid-masjid kaum muslimin di negeri ini, yang mereka membaca Al-Qur’an lewat pengeras suara masjid sebagai ganti di menara, ini tentulah lebih mengganggu tidur orang lain daripada sekedar membaca di menara. Wallahu Musta’an-Red [2]. Lihat majalah Sunnah edisi 11/Th.IV/1421-2000, hal:52-54-Red]

Referensi: https://almanhaj.or.id/2825-bidah-bidah-seputar-qiraah.html


Bahasa Arab bagian pertama dengan ustadz firanda

📝Perjalanan Belajar Bahasa Arab Ust. Firanda Andirja Hafidzahullahu sebelum ke Madinah

Sewaktu di Papua, beliau bertanya kepada gurunya dari Muhammadiyah, butuh berapa lama belajar bahasa arab untuk bisa baca kitab gundul? Dijawab, 7 tahun.
Saat itu beliau belajar bersama ustad tersebut kitab Tauhid Syaikh Sholih Fauzan (muqoror pondok moderen gontor).

Wah, lama sekali ya... Sempat putus asa dengar jawaban beliau.

Lalu beliau di terima kuliah di UGM, Jogjakarta.

Saat disana ada dauroh bahasa arab selama dua minggu full, maka beliau ikut. Gurunya kala itu Ust. Afifi Abdul Wadud Hafidzahullahu Ta’ala, tapi beliau tidak mengikuti hingga selesai karena kesibukan kuliah.

Ketika liburan, beliau pergi ke Pondok Pesantren Al-Furqon di Gresik untuk ikut dauroh bahasa arab disana, guru beliau saat itu adalah Ust. Dr.Abdullah Roy dan Ust. Hubaib (Nahwu dan Shorof).

Setelah itu beliau matengkan dengan ust. Marwan Hafidzahullahu Ta’ala, darisitulah beliau mulai percaya diri untuk bisa bahasa arab.

Intinya adalah semangat, serius. In syaa Allah kita akan bisa.

Sekilas yang beliau ceritakan. Hafidzahullahu Ta’ala

_____________________________

Perjalan berikutnya tentu lebih panjang lagi, hingga akhirnya ke Madinah hingga S3 lalu di percaya mengajar di Ma'had Lughoh di Univ Islam Madinah, dan kemudian dipercaya untuk ngajar di Masjid Nabawi, Madinah.

Ikuti terus setiap hari pelajarannya.
Catet dan hafalkan PR nya.....

Mumpung ada waktu, manfaatkan...!!

Ingat terus jasa gurumu, doakan mereka kebaikan. Hafidzahumullahu Ta’ala

Madinah, 08 Sya'ban 1441 H

~Abu Yusuf ~
_________________

Beliau dulu cerita kepada kami, kalau beliau pas awal masuk madinah tidak bisa ngomong Bahasa Arab (gk lancar), sehingga susah mengikuti pelajaran kuliah.

Akhirnya beliau minta turun tingkat ke Ma'had Lughoh di UIM. Dengan taufiq Allah dan kemudian memang kecerdasan yang beliau miliki sehingga bisa mengalahkan banyak mahasiswa yang lulusan pondok-pondok. Masya Allah

Setelah lulus S1 dan lanjut S2 hingga doktor
Beliaupun di amanahi ngajar di Ma'had Lughoh di Univ Islam Madinah.

Kalau antum tau, di ma'had lughoh itu ngajari dari nol, mulai Alif Ba' hingga mahir selama dua tahun. Sehingga beliau in syaa Allah sudah paham metode ngajar bahasa di UIM.

Silahkan diikuti......!!
Jangan disia siakan
Siapkan kuota, belajar gratis.

Jangan lupa nyatet, biar banyak faidahnya.

Barokallahu fikum

~Abu Yusuf ~

___________________________


Resume kajian *Ustadz DR Firanda Andirja حفظه الله* di Kediaman Ustadz Firanda, Ceger, Rabu ba'da ashar, 7 Sya’ban 1441 *(kajian rutin setiap hari ba'da ashar)*

*Belajar Bahasa Arab _(Nahwu)_ dari Nol*
*Pertemuan 1: _Mukaddimah_*

Bahasa arab adalah pelajaran yang sangat penting. Sebagian ulama mengatakan *hukum mempelajarinya adalah wajib.* Jika ingin memahami agama Islam dengan baik, maka harus mengerti bahasa Arab.

Ketika seseorang memahami bahasa Arab:
1. Dia akan mudah memahami Al Qur’an.
2. Dia akan mudah memahami hadits Nabi.
3. Dia dapat sholat dengan lebih khusyu’ karena faham apa yang dibacanya.
4. Dia bisa lebih khusyu’ saat membaca Al Qur’an.

Intermezo: Ustadz Firanda pertama kali belajar bahasa Arab dengan Ustadz Afifi Abdul Wadud حفظه الله (saat ini berdomisili di Jogja). Beliau juga pernah belajar dengan Ustadz DR Abdullah Roy حفظه الله (saat ini berdomisili di Jember).

_*Ilmu nahwu*_ adalah ilmu yang mempelajari tentang *perubahan harokat di akhir kalimah.* Misalnya: _muhammadun (dhommah), muhammadan (fathah), muhammadin (kasroh)._

_*Ilmu shorof*_ adalah ilmu yang mempelajari tentang *perubahan-perubahan bentuk _kalimah_.* Misalnya: dari kata _dhoroba,_ bisa dibentuk menjadi _yadhrubu, dhooribun, madhruubun, idhrib,_ dst...

Dalam bahasa arab, huruf = _huruf (حرف),_ kata = _kalimah (کلمة),_ kalimat = _jumlah (جملة)_ atau _jumlah mufidah (جملة مفيدة)._

Dari kumpulan _huruf_ tersusunlah _kalimah._ Dari kumpulan _kalimah_ tersusunlah _jumlah._

_Huruf_ ada 2:
1. _*Huruf hijaiyah,*_ yaitu huruf yang belum mempunyai makna. Misalnya: _alif, ba, ta, tsa,_ dst...

2. _*Huruf ma’ani,*_ yaitu huruf yang mempunyai makna. Misalnya: _bi_ (ب) = dengan, _fa_ (ف) = maka, _tsumma_ (ثم) = kemudian, dst...

_Kalimah_ ada 3:
1. _*Isim.*_ Yaitu: kata benda (tidak berkaitan dengan waktu).
2. _*Fi’il.*_ Yaitu: kata kerja (berkaitan dengan waktu).
3. _*Huruf.*_ Yaitu: _huruf ma’ani,_ yang memiliki makna.

Fi’il ada 3:
1. _*Fi’il madhi.*_ Yaitu: kata kerja bentuk lampau. Misalnya: _dhoroba_ (ضرب) = telah memukul.

2. _*Fi’il mudhori’.*_ Yaitu: kata kerja bentuk sekarang. Misalnya: _yadhribu_ (يضرب) = sedang memukul.

3. _*Fi’il amr.*_ Yaitu: kata kerja bentuk perintah. Misalnya: _idhrib_ (إضرب) = pukullah!

Buku referensi yang dianjurkan:
1. _Al Muyassar_. Penulis: Ustadz Aceng Zakaria حفظه الله.
2. _Al Mukhtarot_. Penulis: Ustadz Aunur Rofiq حفظه الله

*PR: Hafalkanlah mufrodat berikut.*
1. _ustaadzun._ (أستاذ) = guru.
2. _qolamun_ (قلم) = pena.
3. _kitaabun_ (کتاب) = buku.
4. _madrosatun_ (مدرسة) = sekolah.
5. _suuqun_ (سوق) = pasar.

6. _rojulun_ (رجل) = laki-laki.
7. _imro-atun_ (إمرأة) = perempuan.
8. _waladun_ (ولد) = anak laki-laki.
9. _marodhun_ (مرض) = sakit.
10. _samakun_ (سمك) = ikan.

11. _masjidun_ (مسجد) = masjidun.
12. _thoolibun_ (طالب) = murid laki-laki.
13. _thoolibatun_ (طالبة) = murid perempuan.
14. _kursiyyun_ (کرسي) = kursi.
15. _baitun_ (بيت) = rumah.

16. _bintun_ (بنت). = anak perempuan.
17. _yaumun_ (يوم) = hari.
18. _syamsun_ (شمس) = matahari.
19. _qomarun_ (قمر) = bulan.
20. _najmun_ (نجم) = bintang.

@ _Abu Aliyah Al Maidaniy_
5 bahasa cinta dari Buku
Pemateri




Awalnya saya bersama beberapa teman yang tergabung dalam grup pernikahan/munakahat banyak membahas topik tentang hubungan yang baik antara suami istri.
[1/4 20.12] +62 812-9540-4680: Tidak jarang kita menemukan, suami orang baik, istri juga orang baik namun banyak masalah komunikasi diantara mereka.
[1/4 20.12] +62 812-9540-4680: Suami merasa kurang dimengerti oleh istri dan juga sebaliknya.
[1/4 20.12] +62 812-9540-4680: Oleh karena itu, saya mencoba mencari beberapa referensi buku karena sedang mempersiapkan topik tersebut.
[1/4 20.12] +62 812-9540-4680: Dan salah satu buku penting adalah 5 Love Languages ini.
[1/4 20.14] +62 812-9540-4680: Buku ini membahas 5 bahasa cinta tersebut, namun sebelumnya saya ingin membahas beberapa bab awal buku.
[1/4 20.14] +62 812-9540-4680: What happen to the love after you get married?
[1/4 20.14] +62 812-9540-4680: Suatu hari Gary Chapman sang penulis bertemu dengan seseorang.
[1/4 20.14] +62 812-9540-4680: Orang tersebut curhat sedikit ke dia. Bingung dengan pernikahannya.
[1/4 20.15] +62 812-9540-4680: Intinya orang tersebut bilang begini, "Saya koq bingung ya dengan pernikahan. Awalnya sebelum menikah saya merasa baik-baik saja.
[1/4 20.15] +62 812-9540-4680: Saya mencintai pasangan dengan menggebu-gebu.
[1/4 20.15] +62 812-9540-4680: Tapi entah mengapa setelah beberapa tahun perasaan tersebut mulai berkurang dan menghilang.
[1/4 20.16] +62 812-9540-4680: Pasangan yang tadinya saya rasakan sangat supportif, sekarang terlihat berbeda. Juga dalam komunikasi dll."
[1/4 20.16] +62 812-9540-4680: Kurang lebih itulah yang disampaikan.
[1/4 20.17] +62 812-9540-4680: Pertanyaan ini menggelitik Gary untuk menggali lebih jauh, apa yang membuat cinta semakin berkurang dan dalam kasus beberapa pasangan menjadi padam?
[1/4 20.17] +62 812-9540-4680: Maka dari berbagai sesi konselingnya selama sekian tahun dia menemukan sebuah pola yang dirangkum dalam 5 bahasa cinta ini.
[1/4 20.17] +62 812-9540-4680: Jadi apa itu bahasa cinta?
[1/4 20.18] +62 812-9540-4680: Secara sederhana adalah cara seseorang meng-ekspresikan rasa cinta dan kasih sayangnya kepada pasangan.
[1/4 20.18] +62 812-9540-4680: Disebut dengan bahasa cinta karena rasa tersebut juga bisa diberikan kepada anak, orangtua, dst.
[1/4 20.18] +62 812-9540-4680: Karena dia sebuah bahasa, maka tiap individu punya bahasa yang berbeda-beda.
[1/4 20.19] +62 812-9540-4680: Seorang suami mungkin sangat mencintai istrinya dan sering mengucapkan, "I love you honey"
[1/4 20.19] +62 812-9540-4680: "You are the best"
[1/4 20.19] +62 812-9540-4680: Tapi si istri bisa jadi merespon di luar dugaan.
[1/4 20.19] +62 812-9540-4680: Apaan sih love you - love you terus.
[1/4 20.20] +62 812-9540-4680: Udah sana tuh buang sampah ke luar.
[1/4 20.20] +62 812-9540-4680: Juga lampu kamar mandi di atas mati beberapa hari, coba ganti dulu.
[1/4 20.20] +62 812-9540-4680: Si suami pun jadi bingung, lha saya mau menyampaikan cinta koq direspon demikian.
[1/4 20.21] +62 812-9540-4680: Sementara dalam pandangan si istri kalau kamu benar-benar cinta, tolong bantuin dong. Itu banyak urusan yang harusnya kamu bisa kerjakan.
[1/4 20.21] +62 812-9540-4680: Ini contoh sederhana bahwa sepasang suami istri, bisa jadi saling mencintai, menggunakan bahasa cinta yang berbeda.
[1/4 20.21] +62 812-9540-4680: Si suami bahasa cintanya dengan ucapan
[1/4 20.22] +62 812-9540-4680: Adapun istri bahasa cinta nya dengan perbuatan menolong.
[1/4 20.22] +62 812-9540-4680: Contoh kasus lain.
[1/4 20.22] +62 812-9540-4680: Ketika suami pulang dari kerja, setelah suami istirahat, istri pun mendekat.
[1/4 20.23] +62 812-9540-4680: Dia memegang tangan suaminya, tersenyum dan sedikit menggelendot di suami.
[1/4 20.23] +62 812-9540-4680: Maksud si istri berharap suami untuk memeluknya, mencium keningnya dan saling bertatapan untuk beberapa lama.
[1/4 20.24] +62 812-9540-4680: Namun apa yang terjadi, si suami malah bilang. "Mah ntar dulu nih, ayah lagi repot. Kamar si adek pintu lemarinya lepas. Ayah mau betulin dulu."
[1/4 20.24] +62 812-9540-4680: Bayangkan apa yang terjadi pada si istri. Tentu dia akan terluka.
[1/4 20.25] +62 812-9540-4680: Buat si istri dia ingin mendapat sentuhan fisik. Urusan lemari lepas adalah urusan nomor sekian.
[1/4 20.25] +62 812-9540-4680: Tapi tidak demikian dengan pandangan suaminya.
[1/4 20.25] +62 812-9540-4680: Ini contoh lain dua orang yang bisa jadi saling mencintai tapi dengan cara berbeda, bahasa berbeda.
[1/4 20.26] +62 812-9540-4680: Akibatnya pelan-pelan rasa cinta yang sebelumnya penuh mulai menurun, dan dalam kondisi yang parah bisa kosong sama sekali.
[1/4 20.26] +62 812-9540-4680: Ini versi asli dari Gary Chapman saya kutip dalam bahasa Inggrisnya.
[1/4 20.26] +62 812-9540-4680: *Love After The Wedding*
What happen to the love after you get married?
If we speak only our primary language and encounter someone else who speaks only her primary language, which is different from ours, our communication will be limited. We must rely on pointing, grunting, drawing pictures, or acting out our ideas.
We can communicate but is is awkward.
Your emotional language and the language of your spouse may be as different as Chinese from English.
We must be willing to learn our spouse’s primary love language.
Five emotional love languages, five ways that people speak and understand emotional love.
Once you identify and learn to speak your spouse’s primary love language, I believe that you will have discovered the key to a long lasting, loving marriage.
[1/4 20.27] +62 812-9540-4680: Dari sana muncul sebuah konsep yang disebut gary sebagai tanki cinta (Love Tanks)
[1/4 20.27] +62 812-9540-4680: Ketika kita mendapatkan perasaan cinta, ungkapan kasih sayang maka tangki tersebut terisi.
[1/4 20.27] +62 812-9540-4680: Seiring waktu isi tangki terpakai, jika tidak direfill kembali mulailah si tangki jadi kosong.
[1/4 20.28] +62 812-9540-4680: Mempertahankan tangki cinta untuk selalu penuh menjadi penting agar masing-masing suami istri merasa dicintai.
[1/4 20.28] +62 812-9540-4680: Akibatnya dia pun berperilaku seperti orang yang dicintai dan membalas cinta pasangannya.
[1/4 20.29] +62 812-9540-4680: Di sinilah pentingnya mengenali bahasa cinta yang kita miliki dan kita gunakan serta bahasa cinta apa yang dimiliki oleh pasangan.
[1/4 20.29] +62 812-9540-4680: Salah bahasa maka cinta tak berbalas. Orang akhirnya merasa lelah dalam sebuah hubungan karena merasa sudah melakukan usaha banyak namun tidak mendapat respon yang tepat.
[1/4 20.29] +62 812-9540-4680: Berikut kutipan versi aslinya.
[1/4 20.29] +62 812-9540-4680: *Keeping The Love Tanks Full*
We focus on that kind of love that is essential to our emotional health.
Among many emotional needs, none is the more basic than the need for love and affection, the need to sense that he or she belongs and is wanted.
With adequate supply of affection, a child will likely develop into a responsible adult.
Inside every child is an ‘emotional tank’ waiting to be filled with love.
We needed love before we ‘fell in love,’ and we will need it as long as we live.
The need to feel loved by one’s spouse is at the heart of marrital desires.
Keeping the emotional love tank full is as important to a marriage as maintaining the proper oil level is to an automobile.
The potential of saving thousands of marriages and can even enhance the emotional climate of a good marriage.
Understanding the five love languages and learning to speak the primary love language of your spouse may radically affect his or her behavior. People behave differently when their emotional love tanks are full.
[1/4 20.30] +62 812-9540-4680: Sebelum saya masuk mengenalkan 5 bahasa tersebut saya minta waktu sedikit ya untuk elaborasi lagi.
[1/4 20.30] +62 812-9540-4680: Sebelum menikah, biasanya seseorang jatuh cinta dulu. Nah jatuh cinta ini adalah sebuah kondisi di mana si doi terlihat sangat istimewa di mata kita.
[1/4 20.31] +62 812-9540-4680: Yang terlihat yang baik-baiknya saja. Sementara yang jelek gak terlalu kelihatan. Wajar, namanya mabuk cinta.
[1/4 20.31] +62 812-9540-4680: Namun setelah menikah, orang mulai menjalani kenyataan.
[1/4 20.31] +62 812-9540-4680: Ada urusan pekerjaan, anak, tagihan ini itu, mertua, ipar dll.
[1/4 20.31] +62 812-9540-4680: Maka si pasangan yang tadi dicintai sekarang jadi kelihatan banyak jeleknya.
[1/4 20.32] +62 812-9540-4680: Gary Chapman menjelaskan kondisi awal sebagai "Falling in Love"
[1/4 20.32] +62 812-9540-4680: Adapun kondisi kedua setelah menerima kenyataan sebagai "Real Love"
[1/4 20.33] +62 812-9540-4680: Maka tantangan setiap pasangan adalah bagaimana membuat real love tadi terus-terusan terjadi. Jadi bagaimana kita jatuh cinta terus menerus pada orang yang sama.
[1/4 20.34] +62 812-9540-4680: Dengan cara itulah tangki cinta-nya akan selalu penuh. Dan perasaan menggebu-gebu ketika pacaran, taaruf, atau apapun bisa terus terjadi meskipun sudah menikah bertahun-tahun bahkan puluhan tahun.
[1/4 20.34] +62 812-9540-4680: Ini kutipan dari bahasa aslinya om Chapman
[1/4 20.34] +62 812-9540-4680: Real love that unites reason and emotion. It involves an act of the will and requires discipline, and it recognize the need for personal growth.
Our most basic emotional need is not to fall in love but to be genuinely loved by another.
I need to be loved by someone who chooses to love me, who see in me something worth loving.
Satisfaction of having genuinely loved another.
True love cannot begin until the ‘in love’ experience has run its course.
The emotional need for love must be met if we are to have emotional health.
If love is a choice, then they have the capacity to love after the ‘in love’ obsession has died and they have returned to the real world.
This book is how do we meet each other’s deep, emotional need to feel loved.
When your spouse’s emotional love tank is full and he feels secure in your love, the whole world looks bright and your spouse will move out to reach his highest potential in life.
But when the love tank is empty and he feels used but not loved, the whole world looks dark and he will likely never reach his potential for good in the world.
[1/4 20.34] +62 812-9540-4680: Lantas, bagaimana kita mengenali bahasa cinta yang kita miliki dan dimiliki oleh pasangan?
[1/4 20.35] +62 812-9540-4680: Berikut penjelasan singkat 5 bahasa cinta.
[1/4 20.36] +62 812-9540-4680: Ada 5 bahasa cinta:
1. Words of Affirmation - Kata kata yang Menguatkan
2. Quality Time - Waktu berkualitas
3. Receiving Gifts - Hadiah
4. Act of Service - Pelayanan
5. Physical Touch - Sentuhan Fisik
[1/4 20.36] +62 812-9540-4680: Kita bahas no. 1 Word of Affirmation.
[1/4 20.36] +62 812-9540-4680: Orang yang punya bahasa cinta ini senang dengan ucapan.
[1/4 20.37] +62 812-9540-4680: Mulai dari ucapan yang romantis-romantis. I love you, you are my best wife, dst.
[1/4 20.37] +62 812-9540-4680: Sampai sebuah komplimen atau pujian ke pasangan.
[1/4 20.37] +62 812-9540-4680: "Mas, kamu kelihatan ganteng deh pakai baju itu."
[1/4 20.37] +62 812-9540-4680: Inilah bahasa cinta yang pertama.
[1/4 20.38] +62 812-9540-4680: Dalam bahasa ini maka seseorang pecinta akan memilih kata-katanya yang halus yang lembut kepada pasangan. Pasangannya yang memang menggunakan bahasa ini akan sangat tersanjung.
[1/4 20.39] +62 812-9540-4680: Tidak hanya itu bahasa cinta ini juga mengisyaratkan kata-kata yang lemah lembut. Jadi tidak boleh memerintah pasangan, namun harus memintanya dengan halus.
[1/4 20.39] +62 812-9540-4680: "Mas haus nih, mama bisa buatin minum gak"
[1/4 20.39] +62 812-9540-4680: Itu contoh kalimatnya. Orang yang tidak sensitif dengan bahasa ini tidak bisa berkata demikian.
[1/4 20.39] +62 812-9540-4680: Kalimat yang muncul akan terkesan perintah.
[1/4 20.40] +62 812-9540-4680: 2. Quality Time - Waktu yang berkualitas.
[1/4 20.40] +62 812-9540-4680: Inti dari bahasa cinta ini adalah memberi perhatian penuh dan tidak terbagi dengan yang lain.
[1/4 20.40] +62 812-9540-4680: Bisa dengan cara jalan bareng sambil mengobrol, hanya berdua saja.
[1/4 20.41] +62 812-9540-4680: Bisa dengan makan malam berdua sambil saling melihat, saling mendengar, saling berbicara, saling tersenyum.
[1/4 20.41] +62 812-9540-4680: Itu adalah quality time.
[1/4 20.41] +62 812-9540-4680: Memberikan hal tersebut tidak sama dengan bicara dengan pasangan sambil nonton berita.
[1/4 20.41] +62 812-9540-4680: Quality time berarti kita memiliki perhatian yang fokus dan perhatian penuh ke pasangan.
[1/4 20.42] +62 812-9540-4680: Jadi kalau pasangan Anda tipe yang begini, jangan pernah ngobrol sambil melirik ke HP. Itu akan sangat menyakitinya.
[1/4 20.42] +62 812-9540-4680: Dia akan merasa tidak lebih penting dari WA yang kita baca.
[1/4 20.43] +62 812-9540-4680: Quality time akan bisa terbangun kalau kita punya Quality coversation. Jadi diskusi antar suami istri dengan saling memahami, mendengarkan, dan saling merasakan hasrat masing-masing.
[1/4 20.43] +62 812-9540-4680: Kalimat kerennya begini.
[1/4 20.43] +62 812-9540-4680: Marriage is a relationship, not a project to be completed or a problem to solve.
A relationship calls for sympathetic listening with a view to understanding the other person’s thoughts, feelings, and desires.
[1/4 20.43] +62 812-9540-4680: 3. Receiving Gifts - Memberi Hadiah
[1/4 20.43] +62 812-9540-4680: Ada orang yang tidak cukup dengan kata-kata atau waktu. Namun dia perlu benda fisik.
[1/4 20.44] +62 812-9540-4680: Memberi hadiah tidak harus berupa berlian yang mahal, mobil atau benda mewah.
[1/4 20.44] +62 812-9540-4680: Ketika sedang berjalan dan ada sepotong bunga lalu kita petik dan bawa pulang, itu pun sebuah hadiah.
[1/4 20.44] +62 812-9540-4680: Sebelum pulang kerja mampir dulu ke toko beli coklat untuk diberikan ke pasangan, itu pun hadiah.
[1/4 20.45] +62 812-9540-4680: Esensi hadiah adalah seseorang merasa dicintai karena pasangannya rela menghabiskan waktu, mencari sesuatu, untuk diberikan sebagai hadiah.
[1/4 20.45] +62 812-9540-4680: Usahanya itu yang lebih dihargai ketimbang nilai hadiahnya sendiri.
[1/4 20.45] +62 812-9540-4680: Karena bersifat fisik, hadiah bisa disimpan.
[1/4 20.46] +62 812-9540-4680: Jadi sebuah bros kecil buat istri, sebuah dasi untuk suami, adalah bentuk-bentuk sederhana pemberian hadiah.
[1/4 20.46] +62 812-9540-4680: Buat orang yang bahasa cintanya ini hadiah tersebut akan sangat berharga dan dikenang sepanjang hidup.
[1/4 20.46] +62 812-9540-4680: Namun jika pasangan bukan ini bahasanya, jangan dipaksakan.
[1/4 20.47] +62 812-9540-4680: Suami dibelikan dasi terus dia nanti bisa berkomentar menyakitkan, "Ngapain sih mah beli-beli dasi. Kan papa sudah punya banyak. Sayang uangnya. Mending buat yang lain yang lebih penting."
[1/4 20.47] +62 812-9540-4680: Bayangkan bagaimana perasaan si pemberi hadiah. Sudahlah susah payah mencari demi menyenangkan pasangan, tidak dianggap lagi. Ini contoh kasus bahasa cintanya tidak nyambung.
[1/4 20.48] +62 812-9540-4680: Sedikit lagi ya.
[1/4 20.48] +62 812-9540-4680: 4. Act of Service - Tindakan Pelayanan
[1/4 20.48] +62 812-9540-4680: Bahasa cinta ini mensyaratkan adanya bentuk tindakan untuk melayani pasangan.
[1/4 20.48] +62 812-9540-4680: Buat suami yang bahasa cintanya seperti ini akan sangat senang ketika istri memasak buat dirinya.
[1/4 20.48] +62 812-9540-4680: Dihidangkan dengan rapi di meja makan.
[1/4 20.48] +62 812-9540-4680: Terus sang suami dipanggil.
[1/4 20.49] +62 812-9540-4680: Juga ketika suami sedang bekerja, tanpa diminta, tiba-tiba si istri membawakan minuman dan cemilan sambil memijit punggung suami yang pegal.
[1/4 20.49] +62 812-9540-4680: Itu bentuk pelayanan. Cinta perlu bukti. Dan buktikan dengan sebuah tindakan.
[1/4 20.50] +62 812-9540-4680: Buat istri, tindakan pelayanan ini bisa berbentuk sederhana.
[1/4 20.50] +62 812-9540-4680: Dia tidak perlu disanjung, dibelikan hadiah mahal.
[1/4 20.50] +62 812-9540-4680: Cukup dibantu memandikan anak, maka dia akan sangat bahagia.
[1/4 20.50] +62 812-9540-4680: Ketika istri sedang mencuci, suami bantu menjemurkan, ini akan membuat sang istri merasa sangat dicintai.
[1/4 20.51] +62 812-9540-4680: Memang bisa dikerjakan ART, tapi ketika pasangan sendiri yang melakukan akan jadi berbeda.
[1/4 20.51] +62 812-9540-4680: 5. Physical Touch - Sentuhan Fisik
[1/4 20.51] +62 812-9540-4680: Ini bahasa cinta yang terakhir.
[1/4 20.51] +62 812-9540-4680: Ada orang yang memang perlu sentuhan, belaian, dekapan, pelukan untuk mencintai dan merasa dicintai.
[1/4 20.51] +62 812-9540-4680: Jika pasangan Anda seperti ini, tidak perlu repot-repot.
[1/4 20.52] +62 812-9540-4680: Sering-seringlah memeluk maka dia akan bahagia.
[1/4 20.52] +62 812-9540-4680: Ketika istri sedang mencuci piring, peluk dari belakang dan kecup keningnya.
[1/4 20.52] +62 812-9540-4680: Ketika akan dan setelah berhubungan seksual, belai dengan lembut penuh kasih sayang pasangan kita.
[1/4 20.53] +62 812-9540-4680: Maka dia akan merasa sangat dicintai dan tangki cintanya pun penuh sampai meluber.
[1/4 20.53] +62 812-9540-4680: Buat orang yang punya bahasa ini, ketika pasangan jarang menyentuh akan jadi sangat menyakitkan.
[1/4 20.53] +62 812-9540-4680: Dia bisa merasa tidak diinginkan. Tidak dihargai.
[1/4 20.53] +62 812-9540-4680: Itulah ringkasan bahasa cinta untuk malam ini.
[1/4 20.53] +62 812-9540-4680: Jadi buat semuanya, coba kenali bahasa cinta yang kita miliki. Kita senangnya diapain.
[1/4 20.54] +62 812-9540-4680: Dan juga kenali bahasa cinta pasangan, dia sukanya diapain.
[1/4 20.54] +62 812-9540-4680: Jika perlu komunikasikan berdua. Dan tampilkan bahasa cinta ke pasangan seperti yang dia inginkan.


[1/4 21.47] +62 812-9540-4680: Setidaknya 1-2 tahun pertama masa saling pengenalan, penjajagan, dan mulai mengenal pasangan lebih dalam.
[1/4 21.47] +62 812-9540-4680: Setelah itu harus belajar melepas ego.
[1/4 21.47] +62 812-9540-4680: Pernikahan adalah memasangkan dua orang yang berbeda. Karena beda, pasti sakit ketika dipasangkan.
[1/4 21.47] +62 812-9540-4680: Obatnya adalah dengan melepas ego tadi, maka rasa sakitnya akan hilang.
[1/4 21.47] +62 812-9540-4680: Kalau pasangan belum sempurna, belum sebaik yang kita harapkan sangat wajar.
[1/4 21.48] +62 812-9540-4680: Jangan berpikiran untuk mengubah pasangan, tidak mungkin. Dia adalah dirinya.
[1/4 21.48] +62 812-9540-4680: Ingat, diri kita sendiri pun tidak mudah untuk berubah.
[1/4 21.48] +62 812-9540-4680: Maka langkah terbaik adalah, berjuang menjadi yang terbaik, berikan rasa cinta terbaik, dan hubungkan ke Sang Pencipta bahwa saya melakukan ini dalam proses memperbaiki diri.
[1/4 21.49] +62 812-9540-4680: Biarkan Allah yang nanti mengubah pasangan kita.

Dengan cara ini, jika ada kekhilafan, hal-hal yang kurang dari pasangan, diri kita pun akan lebih mudah memaafkan. Sebab jika tidak dimaafkan, tangki cintanya bocor. Lama-lama bisa habis juga isinya karena kesal, kecewa, pasangan tidak seperti yang kita harapkan.




Masya Allah bahasa cinta tsb sudah diajarkan dan dicontohkan oleh Nab
Memahami alquran dan hadist sesuai pemahaman para sahabat

https://youtu.be/JM2VTz_gIq4


Pertemuan ke 4 dalam risalah ke 2 yaitu Nasehat wanita dan pada pertemuan sebelum sudah dibahas baba pertama yaitu  *Pokok2 penting dalam kehidupan seorang wanita muslimah.  Dan pokok2 tsb adalah :*

1. Seorang wanita muslimah harus  meyakini  bahwa sebaik2 hukum adalah hukum yg di buat oleh Allah

2. Bahwa kebahagiaan sangat erat kaitannya dgn ketaatan kpd  Allah

3. Seorang wanita muslimah Harus meyakini bahwa ia memliki musuh 2 yg banyak baik dari syaiton maupun manusia

4. Bahwa Dia hrs menyakkni betul segala macam kebaikan berada ditangan Allah. Maka jangan sampe lepas dan selalu memohon kpd  Allah

5. Seorang wanita muslimah harus meyakini bahwa yg paling mulia di sisi Allah adalah yg paling bertaqwa

6. Seorang wanita muslimah harus meyakini baik2 bahwa Seluruh syariat Allah adalah syariah yg berkiatan dg perempuan sama dg syariat yg berkaitan dg agama.
Maka seluruh syariat Allah penuh dengan kebijaksanan dan syairat Allah penuh dg kerapihan dan juga keadilan.

Itulah 6 pokok penting bagi seorang wanita muslimah yg harus selalu pegang saat dia  mengarungi kehidupan saat dia menghadapi masalah berbagai peroblrmatika hidup di dunia ini.

Petunjuk 2 alquran utk wanita muslimah, makna dari bab ini adalah Penulis Prof Syaikh Abdurrazaq akan menjelaskan beberapa petunjuk alquran yg al Quran berikan kpd wanita2  muslimah yg dengannya jika wanita mengikuti petunjuk 2 tsb maka hidupnya akan berbahagia di dunia sebelum di akherat.

Sesungguhnya Al Quran adalah kitab Allah yg diturunkan utk manusia sebagai Petunjuk dan sebagai Rahmat.

Dia adalah kitab yg membawa kebahagian yg haqiqi dan keberuntungan di dunia dan akherat.
Maksudnya : Bahwa alquran bukan hanya kitab bacaan yg ketika kita mrmbacanya kita dapat pahala..tidak bukan demkian
tetapi alquran adalah kitab petunjuk yg didalamnya terdapat hukum2 dan apabila kita mengerjakannya maka kita akan mendapatkan kebahagiaan yg haqiqi dan keberuntungan.

*Orang yg paling bahagia di dunia ini, orang yg paling besar petunjuk nya dari Allah di dunia ini adalah orang yg  paling dekat dengan alquran Tapi ingat !!! bukan hanya sekedar membaca dan menghafalkannya tetapi yg paling penting dan utama adalah mempelajarinya (mentadaburi dan mengamalkannya). Sebagaimana perkataan Tabiin Fudhail Bin Iyadh : "Sesungguhnya Allah menurunkan  alquran agar diamalkan tetapi  manusia menjadikan  bacaannya sebagai amalannya". (Al Quran Allah turunkan utk dibaca, dipahami dan  diamalkan)*

Al-quran dijadikan hanya  bacaannya saja sebagai amalan  (Hal inilah yg keliru)
Jangan sampe kita tidak  memahami apalagi mengalamalkannya

*Pesan ustadz kepada para orang tua :*
Boleh berharap dan punya cita2 anak hafal al Quran tetapi yg yg lebih utama adalah bagiamana anak anda  memahami alquran kemudian mengamalkannya

Q. S. Shad : 29 , Allah berfirman:

كِتٰبٌ اَنْزَلْنٰهُ اِلَيْكَ مُبٰرَكٌ لِّيَدَّبَّرُوْۤا اٰيٰتِهٖ وَلِيَتَذَكَّرَ اُولُوا الْاَ لْبَا بِ

"Kitab (Al-Qur'an) yang Kami turunkan kepadamu penuh berkah agar mereka menghayati ( memperhatian, mempelajari) ayat-ayatnya dan agar orang-orang yang berakal sehat mendapat pelajaran."
(QS. Sad 38: Ayat 29)

Dia adalah buku kitab yg didalamnya adalah pedoman dan penyembuh (sifa dan penawar) utk penyakit hati ( ujub, riya, sum'ah, hasad dll) dan penyakit fisik (lahiriah) ..

Allah  berfirman:

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْـقُرْاٰ نِ مَا هُوَ شِفَآءٌ وَّرَحْمَةٌ لِّـلْمُؤْمِنِيْنَ ۙ وَلَا يَزِيْدُ الظّٰلِمِيْنَ اِلَّا خَسَا رًا

"Dan Kami turunkan dari Al-Qur'an (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (Al-Qur'an itu) hanya akan menambah kerugian."
(QS. Al-Isra' 17: Ayat 82)


https://youtu.be/JM2VTz_gIq4


Pertemuan ke 4 dalam risalah ke 2 yaitu Nasehat wanita dan pada pertemuan sebelum sudah dibahas baba pertama yaitu  *Pokok2 penting dalam kehidupan seorang wanita muslimah.  Dan pokok2 tsb adalah :*

1. Seorang wanita muslimah harus  meyakini  bahwa sebaik2 hukum adalah hukum yg di buat oleh Allah

2. Bahwa kebahagiaan sangat erat kaitannya dgn ketaatan kpd  Allah

3. Seorang wanita muslimah Harus meyakini bahwa ia memliki musuh 2 yg banyak baik dari syaiton maupun manusia

4. Bahwa Dia hrs menyakkni betul segala macam kebaikan berada ditangan Allah. Maka jangan sampe lepas dan selalu memohon kpd  Allah

5. Seorang wanita muslimah harus meyakini bahwa yg paling mulia di sisi Allah adalah yg paling bertaqwa

6. Seorang wanita muslimah harus meyakini baik2 bahwa Seluruh syariat Allah adalah syariah yg berkiatan dg perempuan sama dg syariat yg berkaitan dg agama.
Maka seluruh syariat Allah penuh dengan kebijaksanan dan syairat Allah penuh dg kerapihan dan juga keadilan.

Itulah 6 pokok penting bagi seorang wanita muslimah yg harus selalu pegang saat dia  mengarungi kehidupan saat dia menghadapi masalah berbagai peroblrmatika hidup di dunia ini.

Petunjuk 2 alquran utk wanita muslimah, makna dari bab ini adalah Penulis Prof Syaikh Abdurrazaq akan menjelaskan beberapa petunjuk alquran yg al Quran berikan kpd wanita2  muslimah yg dengannya jika wanita mengikuti petunjuk 2 tsb maka hidupnya akan berbahagia di dunia sebelum di akherat.

Sesungguhnya Al Quran adalah kitab Allah yg diturunkan utk manusia sebagai Petunjuk dan sebagai Rahmat.

Dia adalah kitab yg membawa kebahagian yg haqiqi dan keberuntungan di dunia dan akherat.
Maksudnya : Bahwa alquran bukan hanya kitab bacaan yg ketika kita mrmbacanya kita dapat pahala..tidak bukan demkian
tetapi alquran adalah kitab petunjuk yg didalamnya terdapat hukum2 dan apabila kita mengerjakannya maka kita akan mendapatkan kebahagiaan yg haqiqi dan keberuntungan.

*Orang yg paling bahagia di dunia ini, orang yg paling besar petunjuk nya dari Allah di dunia ini adalah orang yg  paling dekat dengan alquran Tapi ingat !!! bukan hanya sekedar membaca dan menghafalkannya tetapi yg paling penting dan utama adalah mempelajarinya (mentadaburi dan mengamalkannya). Sebagaimana perkataan Tabiin Fudhail Bin Iyadh : "Sesungguhnya Allah menurunkan  alquran agar diamalkan tetapi  manusia menjadikan  bacaannya sebagai amalannya". (Al Quran Allah turunkan utk dibaca, dipahami dan  diamalkan)*

Al-quran dijadikan hanya  bacaannya saja sebagai amalan  (Hal inilah yg keliru)
Jangan sampe kita tidak  memahami apalagi mengalamalkannya

*Pesan ustadz kepada para orang tua :*
Boleh berharap dan punya cita2 anak hafal al Quran tetapi yg yg lebih utama adalah bagiamana anak anda  memahami alquran kemudian mengamalkannya

Q. S. Shad : 29 , Allah berfirman:

كِتٰبٌ اَنْزَلْنٰهُ اِلَيْكَ مُبٰرَكٌ لِّيَدَّبَّرُوْۤا اٰيٰتِهٖ وَلِيَتَذَكَّرَ اُولُوا الْاَ لْبَا بِ

"Kitab (Al-Qur'an) yang Kami turunkan kepadamu penuh berkah agar mereka menghayati ( memperhatian, mempelajari) ayat-ayatnya dan agar orang-orang yang berakal sehat mendapat pelajaran."
(QS. Sad 38: Ayat 29)

Dia adalah buku kitab yg didalamnya adalah pedoman dan penyembuh (sifa dan penawar) utk penyakit hati ( ujub, riya, sum'ah, hasad dll) dan penyakit fisik (lahiriah) ..

Allah  berfirman:

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْـقُرْاٰ نِ مَا هُوَ شِفَآءٌ وَّرَحْمَةٌ لِّـلْمُؤْمِنِيْنَ ۙ وَلَا يَزِيْدُ الظّٰلِمِيْنَ اِلَّا خَسَا رًا

"Dan Kami turunkan dari Al-Qur'an (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (Al-Qur'an itu) hanya akan menambah kerugian."
(QS. Al-Isra' 17: Ayat 82)

_______________

Al-quran dan hadist sebagai buku pedoman  dan petunjuk yg apabila kita mengkuti petunjuknya kita akan bahagia dunia dan akherat.

*Al Quran dan hadist tidak bisa dipahami dengan pemahamn  kita sendiri, disebabkan oleh beberapa sebab:*

1. Karena kita orang 'aajam ( non Arab) , orang Arab sendiri juga belum tentu paham betul maksud dari al Quran maka diperlukan memahami alquran dengan pemahaman yg benar

2. Alquran agar menjadi ilmu yg bisa  diamalkan sehingga mendapat ridho dari Allah kita harus memahami dengan pemahaman para sabahat kenapa??

✅ Karena mereka lebih paham asbabun nuzul dan paham bahasa Arab karena alquran diturunkan dalam bahasa Arab yaitu bahasa mereka (para sahabat)

3. Alquran dan hadist dipahami oleh para sahabat Karena para sahabat langsung belajar alquran dan hadist tsb dari Rasulullah

4. Apabila para sahabat Nabi keliru dalam mengamalkan alquran dan hadist2 Rasul maka akan ada  koreksian dari  Allah langsung dari langit
Dan itu tidak didapati kecuali di jamannya para sahabat

*Al-quran dan hadist jika kita benar2 amalkan maka akan mendatangkan kebahagiaan dunia dan akherat ..tapi ingat!! Al-quran harus di baca dan dipahami  sesuai dengan pemahaman para sahabat . Maka ikutilah para sahabat dari kaum muhajirin dan anshor ..*

*Di menit ke 44.00 -48. 25*

_________________________

Masya Allah...
Semoga kita senantiasa Allah mudahkan utk terus istiqomah mengikuti para sahabat dalam beragama  dan beribadah agar Allah ridho.. Aamiin

______________________


https://youtu.be/JTEl2QaPDG0
Ahlul Quran syaikh Abdul Karim
Belajar online

Bismillahirrahmanirrahim

*Tilawah Online*

adalah Program Baru dari Markaz Qur’an yang dilaksanakan menggunakan aplikasi media online.


*Program ini sangat cocok* untuk anda yang :
🔵 Sangat sibuk untuk belajar Al Quran
🔵 Lokasi belajar yang sulit dijangkau
🔵 Masih segan / malu untuk mulai belajar Qur'an
🔵 Belum bisa baca Quran bahkan hingga belum mengenal huruf
-🔵 Kondisi yang tidak memungkinkan untuk mendatangi lokasi belajar

🕌🕌🕌🕌🕌🕌🕌
InsyaAllah program ini bertujuan untuk :
✅ Memperbaiki bacaaan Al-Qur’an dari Nol hingga Lancar dengan teknik mudah dipahami
✅ Membantu memperbaiki hafalan Quran sesuai dengan standar Sanad Quran
✅ Memahami kaidah - kaidah dasar utama dalam men-Tilawah Quran

👳🏻‍♀️👳🏻‍♀️👳🏻‍♀️👳🏻‍♀️👳🏻‍♀️👳🏻‍♀️👳🏻‍♀️👳🏻‍♀️
Program ini menyajikan kurikulum tahsin yang kompeherensif dan tersusun mudah

*Level Dasar* :
🔰 Memperbaiki bacaan Surat Al Fatihah sesuai Standar Sanad
🔰 Mengenal Huruf - huruf Hijayah sesuai dengan makhroj dan sifat serta praktik cara melafalkan

*Level Menengah* :
🔰memperbaiki Bacaan Juz 30 ( surat - surat pilihan )

*Level Mahir* :
🔰 Menyetorkan hafalan Juz 30 dengan Bacaan sesuai dengan Standar Sanaad Quran

*Dibimbing oleh*

👳🏻‍♀️Al _ Ustadz Choirul anam
- Pimpinan Markaz Quran
- Murid Syaikh Abu Hibban Pemegang Sanad Qiraat 'Asyroh
- Sanad Quran QIraat 'Ashim Riwayat Hafs Surat Al Fatihah
- Pemegang beberapa Sanad Mutun Kitab dari Imam Masjid Madinah Al Munawwarah Syaikh Abdul Qasim bin salam
-Pemegang Sanad Matan Jazari
-Pemegang Sanad Matan Tuhfatul Athfal

Serta para pengajar Bersanad lain yang dibina oleh Beliau..

Tersedia kelas :

- Grup Online Tilawah
- Privat Online tilawah

*Kelebihan Program tilawah Online*

☑️Biaya sukarela/ infaq terbaik untuk kegiatan Dakwah Quran*
☑️Waktu bisa disesuaikan
☑️Grup terpisah ikhwan dan akhwat
☑️peserta akan dibekali materi
☑️Peserta terbatas
☑️peserta yang Selesai tiap level akan mendapat Syahadah /sertifikat dari Markaz Quran
☑️Ijazah Sanad Bagi yang berhak


Informasi ini kami berikan kepada seluruh jamaah, maka kami hanya menerima peserta yang memiliki komitmen dalam mengikuti kegiatan Tilawah Online ini.

Segera Raih Kebaikan Tilawahmu dengan ikhtiar terbaik dalam belajar Al quran..

Gabung dalam Grup Whatsapp :
*https://chat.whatsapp.com/JCAvBtDwhA9K1TlOCNpz1l*


Bantu share agar semakin banyak yang dapat memperbaiki Tilawah Quran

#sharekebaikan
#tilawahonline
#talaqqi
#Quranmylife
#sunnah
Nasehat buat wanita...


https://youtu.be/JM2VTz_gIq4


Pertemuan ke 4 dalam risalah ke 2 yaitu Nasehat wanita dan pada pertemuan sebelum sudah dibahas baba pertama yaitu  *Pokok2 penting dalam kehidupan seorang wanita muslimah.  Dan pokok2 tsb adalah :*

1. Seorang wanita muslimah harus  meyakini  bahwa sebaik2 hukum adalah hukum yg di buat oleh Allah

2. Bahwa kebahagiaan sangat erat kaitannya dgn ketaatan kpd  Allah

3. Seorang wanita muslimah Harus meyakini bahwa ia memliki musuh 2 yg banyak baik dari syaiton maupun manusia

4. Bahwa Dia hrs menyakkni betul segala macam kebaikan berada ditangan Allah. Maka jangan sampe lepas dan selalu memohon kpd  Allah

5. Seorang wanita muslimah harus meyakini bahwa yg paling mulia di sisi Allah adalah yg paling bertaqwa

6. Seorang wanita muslimah harus meyakini baik2 bahwa Seluruh syariat Allah adalah syariah yg berkiatan dg perempuan sama dg syariat yg berkaitan dg agama.
Maka seluruh syariat Allah penuh dengan kebijaksanan dan syairat Allah penuh dg kerapihan dan juga keadilan.

Itulah 6 pokok penting bagi seorang wanita muslimah yg harus selalu pegang saat dia  mengarungi kehidupan saat dia menghadapi masalah berbagai peroblrmatika hidup di dunia ini.

Petunjuk 2 alquran utk wanita muslimah, makna dari bab ini adalah Penulis Prof Syaikh Abdurrazaq akan menjelaskan beberapa petunjuk alquran yg al Quran berikan kpd wanita2  muslimah yg dengannya jika wanita mengikuti petunjuk 2 tsb maka hidupnya akan berbahagia di dunia sebelum di akherat.

Sesungguhnya Al Quran adalah kitab Allah yg diturunkan utk manusia sebagai Petunjuk dan sebagai Rahmat.

Dia adalah kitab yg membawa kebahagian yg haqiqi dan keberuntungan di dunia dan akherat.
Maksudnya : Bahwa alquran bukan hanya kitab bacaan yg ketika kita mrmbacanya kita dapat pahala..tidak bukan demkian
tetapi alquran adalah kitab petunjuk yg didalamnya terdapat hukum2 dan apabila kita mengerjakannya maka kita akan mendapatkan kebahagiaan yg haqiqi dan keberuntungan.

*Orang yg paling bahagia di dunia ini, orang yg paling besar petunjuk nya dari Allah di dunia ini adalah orang yg  paling dekat dengan alquran Tapi ingat !!! bukan hanya sekedar membaca dan menghafalkannya tetapi yg paling penting dan utama adalah mempelajarinya (mentadaburi dan mengamalkannya). Sebagaimana perkataan Tabiin Fudhail Bin Iyadh : "Sesungguhnya Allah menurunkan  alquran agar diamalkan tetapi  manusia menjadikan  bacaannya sebagai amalannya". (Al Quran Allah turunkan utk dibaca, dipahami dan  diamalkan)*

Al-quran dijadikan hanya  bacaannya saja sebagai amalan  (Hal inilah yg keliru)
Jangan sampe kita tidak  memahami apalagi mengalamalkannya

*Pesan ustadz kepada para orang tua :*
Boleh berharap dan punya cita2 anak hafal al Quran tetapi yg yg lebih utama adalah bagiamana anak anda  memahami alquran kemudian mengamalkannya

Q. S. Shad : 29 , Allah berfirman:

كِتٰبٌ اَنْزَلْنٰهُ اِلَيْكَ مُبٰرَكٌ لِّيَدَّبَّرُوْۤا اٰيٰتِهٖ وَلِيَتَذَكَّرَ اُولُوا الْاَ لْبَا بِ

"Kitab (Al-Qur'an) yang Kami turunkan kepadamu penuh berkah agar mereka menghayati ( memperhatian, mempelajari) ayat-ayatnya dan agar orang-orang yang berakal sehat mendapat pelajaran."
(QS. Sad 38: Ayat 29)

Dia adalah buku kitab yg didalamnya adalah pedoman dan penyembuh (sifa dan penawar) utk penyakit hati ( ujub, riya, sum'ah, hasad dll) dan penyakit fisik (lahiriah) ..

Allah  berfirman:

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْـقُرْاٰ نِ مَا هُوَ شِفَآءٌ وَّرَحْمَةٌ لِّـلْمُؤْمِنِيْنَ ۙ وَلَا يَزِيْدُ الظّٰلِمِيْنَ اِلَّا خَسَا رًا

"Dan Kami turunkan dari Al-Qur'an (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (Al-Qur'an itu) hanya akan menambah kerugian."
(QS. Al-Isra' 17: Ayat 82)

_________________

https://youtu.be/JTEl2QaPDG0
Ahlul Quran