Tuesday, March 5, 2019

 🔊 الدروس الصوتية للأسبوع الخامس 🔊

Insya Allah di pekan 5 ini Kita mulai belajar keterangan tambahan dalam kalimat. Pekan ini Kita akan belajar Jar Majrur dan Mudhaf - Mudhaf Ilaih. Silahkan disimak

🔊 Pengantar Keterangan dalam kalimat 👇
[11/1 05.50] ‪+62 822-6072-4043‬: *🔉 Audio Durus Bina Pekan 5 Versi Dropbox 🔉*

*Dars 22: Pengantar Keterangan Dalam Kalimat*

http://bit.ly/1TGsBaY

*Dars 23:  Jar dan Majrur*

http://bit.ly/20VRkHA

*Dars 24: Keterangan Mudhaf-Mudhaf Ilaih*

http://bit.ly/1oIfOZ9

 📝 Transkrip Audio Bina Reguler Pekan 05 👇🏼

http://bit.ly/2vK6F8q

*📺 Video Durus 📺*

Keterangan Jar Majrur:

m.youtube.com/watch?v=xSVYAMxSXoY

Keterangan Mudhaf - Mudhaf Ilaih:

m.youtube.com/watch?v=0nI8dawd6B8
[11/1 05.54] ‪+62 822-6072-4043‬: *📺 Video Durus Animasi 📺*

Keterangan Tambahan :

https://youtu.be/Li-j6wn5FXA

# Selesai. Silahkan dibaca bukunya, didengarkan audionya, dan tonton video nya, insya Allah BISA! Barakallahu fiikum wama'akumunnajaah wajaaahiduuu 💪 #
 *🏆PEMENANG PEMANASAN🏆*

           *📆Pekan 5📆*

Selamat kepada Ukht *Farida Riyani Indah* dari kelas  11.1 Akhawat yang telah menjawab pemanasan dengan benar dan indah.

بارك الله فيها 🌹

•┈┈┈•✿❁✿• 5 •✿❁✿•┈┈┈•

🔥 *PEMANASAN PEKAN 5⃣* 🔥

🌈🌈🌈🌈🌈🌈🌈🌈🌈🌈🌈🌈
🌈                                                         🌈
🌈    *Nama : Farida Riyani Indah*       🌈
🌈           *Kelas : BINREG 11.1*            🌈
🌈                                                         🌈
🌈🌈🌈🌈🌈🌈🌈🌈🌈🌈🌈🌈

*1. Apa yg antum ketahui tentang jar dan majrur* ❓ *Berikan 5 contoh* ❗

💦 *JAR* _adalah_ huruf jar yang membuat isim sesudahnya menjadi majrur.

💦 *MAJRUR* _adalah_ yang di jarkan 👉🏻 kondisi isim yang disebabkan karena didahului oleh huruf JAR atau karena sebab lain (contoh sebagai mudhaf ilaihi).

📝 *_Tanda asal Jar adalah kasrah. Tapi tidak smua kata yang majrur itu diakhiri kasroh, ada juga yang diakhiri dengan fathah, juga ya._*

🔖 *Macam - macam huruf jar* 🔖
🌀 *مِنْ*  👉🏻  dari
🌀 *إِلَى*   👉🏻 ke
🌀 *عَنْ*   👉🏻 dari
🌀 *عَلَى* 👉🏻 diatas
🌀 *فِيْ*  👉🏻  di/didalam
🌀 *رُبَّ*   👉🏻 kadang / jarang
🌀 *بِ*   👉🏻 dengan
🌀 *كَ*    👉🏻 seperti
🌀 *لِ*     👉🏻 kepemilikan/ untuk

💠 *Huruf - huruf sumpah* 💠
🖍 الوَاوُ (وَ)
🖍 البَاءُ (بِ)
🖍 التَّاءُ (تَ)

⏩ *Contoh* ⏪
👈🏻 *إِلَى البَيْتِ*
🌱 _Terjemah_ : ke dalam rumah 🏡
👈🏻 *فِي  المَسْجِدِ*
🌱 _Terjemah_ :  di masjid 🕌
👈🏻 *مِنَ الْهِنْدِ*
🌱 _Terjemah_ : dari India 🇮🇳
👈🏻 *عَلَى الكُرْسِيِّ*
🌱 _Terjemah_ : diatas kursi 🛋
👈🏻 *بِالْقَلَمِ*
🌱 _Terjemah_ : dengan pena/pulpen 🖊

*2. Apa yang antum ketahui tentang mudhaf - mudhaf ilaih* ❓

💦 *Mudhof - mudhof ilaih* _adalah_ susunan kata yang terdiri dari dua isim namun belum menjadi kalimat yang sempurna karena mudhof - mudhof ilaih hanya digunakan untuk menjelaskan kepemilikan atau asal dari mudhof 🌺

✅ Mudhof ↔ isim yang pertama yang ingin dijelaskan.
✅ Mudhof ilaih ↔ isim yang kedua sebagai penjelasan

*3. Bagaimana kaidah mudhaf-mudhaf ilaih* ❓ *Berikan 1 contoh untuk masing-masing kaidah tersebut* ❗

⚠ *Kaidah mudhof - mudhof ilaih* ⚠
1⃣ *Mudhof tidak boleh bertanwin (–ً—ٍ—-ٌ–)*
🌀 *Contoh* :
♻ Mudhof= حَقِيْبِةٌ mudhof ilaihi= مُحَمَّدٌ.
✅ Maka susunannya menjadi ➡
💡 حَقِيْبَةُ مُحَمَّدٍ 💡
🔆 Terjemah : Tasnya Muhammad

2⃣ *Mudhof tidak boleh dilekati “al” (ال)*
🌀 *Contoh* :
♻ Mudhof= الرَّسُوْلُ mudhof ilaih= اللهُ.
✅ Maka susunannya menjadi ➡
💡 رَسُوْلُ اللهِ💡
🔆 Terjemah : Rasulnya Alloh

3⃣ *Mudhof ilaih harus dalam keadaan jar (majrur) sesuai dengan kondisi i'rabnya*
🌀 *Contoh* :
♻ Mudhof : كِتَابٌ , mudhof ilaih : ٌمُحَمَّد
✅ Maka susunannya menjadi ➡
📖 كِتَابُ مُحَمَّدٍ 📘
🔆 Terjemah :  buku nya Muhammad

4⃣ *Mudhof boleh rofa’ (–ُ–), nashob (–َ–), dan jar (–ِ–)*
🌀 *Contoh* :
🌈 هُوَ مُدَرِّسُ الْجَامِعَةِ => mudhof khobar ( marfu)
(Dia gurunya universitas)
🌈 جَاءَ أبُوْ مُحَمَّدٍ => fa'il ( marfu')
(Telah datang ayahnya Muhammad )
🌈رَأَيْتُ طَبِيْبَ الْمُسْتَشْفَى => maf'ul bih ( manshub)
🌈مَرَرْتُ بِطَالِبِ الْمَعْهَدِ => Jar majrur
(Saya telah berpapasan dengan siswanya ma'had)

*4. Jelaskan keadaan i'rab kata-kata berikut ini ketika jar* 

☀ *Isim Mufrad*                ☀ _Kasrah_   (–ِ–)                                     ☀ *Mutsanna*                             ☀ _Ya_ (ي) atau ayni (ــَيْنِ)       
☀ *Jamak Muannats Salim*     
☀ _Kasrah_ (–ِ–) atau aatin (ــَاتٍ)     
☀ *Jamak Mudzakkar Salim*   
☀ _Ya_ (ي) atau iina (ــِيْنَ)   
☀ *Jamak Taksir lil 'aqil*     
☀ _Kasrah_  (–ِ–)                                       
☀ *Jamak Taksir lighairil 'aqil* 
 ☀ _Kasrah_ (–ِ–)   
                               
*5. Brikan masing-masing 1 contoh kalimat untuk point soal no 4*❗

1⃣ *Isim Mufrad* 👉🏻 *_kasroh (–ِ–)_* 
📌 _Misal_ —> *ذَهَبَ زَيْدٌ إِلَى المَسْجِدِ*
📝 _Terjemah_ ➡  *Zaid telah pergi ke Masjid*

2⃣ *Mutsanna* 👉🏻 *_Ya (ي) atau ayni (ــَيْنِ)_*
📌 Misal —> *جَاءَ الطَّالِبُ بِالْمُدَرِّسَيْنِ*
📝 _Terjemah_ ➡  *Siswa itu telah datang dengan 2 guru(lk)*

3⃣ *Jamak Mudzakkar Salim* 👉🏻 Ya (ي) atau iina (ــِيْنَ)
📌 Misal —> *مَرَرْتُ بِالْمُدَرِّسِيْن*
📝 _Terjemah_ ➡  *Saya berpapasan dengan para guru(lk)*

4⃣ *Jamak Muannats Salim* 👉🏻 kasroh (–ِ–) atau aatin (ــَاتٍ)
📌 Misal —> *مَرَرْتُ بِالْمُدَرِّسَاتِ*
📝 _Terjemah_ ➡  *Saya berpapasan dengan para guru (pr).*

5⃣ *Jamak Taksir lil ‘aqil* 👉🏻 Kasroh (–ِ–)
📌 Misal —> *مَرَرْتُ بِالرِّجَالِ*
📝 _Terjemah_ ➡  *Saya berpapasan dengan para laki - laki*

6⃣ *Jamak Taksir lighairil 'aqil* 👉🏻 Kasroh (–ِ–)
📌 Misal —> ذَهَبَ زَيْدٌ إِلَى المَسَاجِدِ
📝 _Terjemah_ ➡  *Zaid telah pergi ke Masjid- masjid*

*6. Buatlah 1 contoh kalimat dengan susunannya sebagai berikut*:

*a. Fi'il + Fa'il + Jar + Majrur*
⬅ رَجَعَ التُّجَّارُ مِنْ الأَسْوَاقِ➡
( Para pedagang pulang dari pasar2 )

*b. Fi'il + Fa'il + Mudhaf Ilaih + Maf'ul Bih*
⬅ تَسْمَعُ بِنْتُ فَاطِمَةَ النَّصِيْحَةَ ➡
( Anak perempuannya Fathimah sedang mendengar nasihat )

*c. Mubtada + Khabar + Mudhaf ilaihi
 ⬅خَالِدٌ تَاجِرُ  الفَوَاكِهِ ➡
(  Kholid adalah Pedagang buah-buahan )

🔚🔚🔚🔚🔚🔚🔚🔚🔚🔚🔚🔚🔚🔚🔚🔚


•┈┈┈•✿❁✿• 5 •✿❁✿•┈┈┈•


 *🏆PEMENANG KOIN PEKAN 5🏆*


🥇Selamat kepada Akh *Abdul Ghoni* dari *kelas BINREG 11.07 Ikhwan​* yang telah berhasil menjawab kuis dengan benar dalam waktu *15 menit*

🎗 بارك الله فيه🎗

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

             *🔐KJ KOIN PEKAN 5⃣ 🔐*

                         *BINREG 11*

📒♻️📒♻️📒♻️📒♻️📒♻️

١. ذَهَبَ سَعِيْدُ إِلَى مْدْرَسَتَهُ❌
 *Salah*

💧Terjemah : _"Sa'id telah pergi ke sekolahnya"_

💧 kata سَعِيْدُ harusnya bertanwin karena isim munsharif ➡ سَعِيْدٌ

💧 Kata مَدْرَسَةَ sebagai isim majrur harusnya kasrah ➡ مَدْرَسَةِ

💧 Kalimat yang benar adalah:

 ذَهَبَ سَعِيْدٌ إِلَى مَدْرَسَتِهِ

✒ Untuk dhomir هُ menyesuaikan, karena sebelumnya adalah kasrah, maka ia pun menjadi mabniy dengan kasrah *"هِ"*.


٢.كَثُرَ بُيُوْتُ فِيْ الْقَرْيَةِ الرَّجُلَيْنِ❌
*Salah*

💧Terjemah : _"Rumah-rumah bertambah banyak di desanya dua lelaki itu"_

💧 fi'il كَثُرَ tidak sama jenis (MANIS) dengan fa'ilnya karena kata بُيُوْتٌ adalah jamak taksir tidak berakal yang dihukumi mufrod muannats, harusnya ➡ كَثُرَتْ

💧 kata بُيُوْتُ harusnya bertanwin karena isim munsharif ➡ بُيُوْتٌ

💧 kata القَرْيَةِ  tidak boleh dilekati ال karena sebagai mudhaf, harusnya ➡ قَرْيَةِ

💧 Kalimat yang benar adalah:

كَثُرَتْ بُيُوْتٌ فِيْ قَرْيَةِ الرَّجُلَيْنِ



٣- أَخُوْ أَبِيْ حُسَامٍ جَالِسٌ ✅

*Benar*

💧Terjemah : _Saudara ayahnya Husam duduk._

➿➿➿➿➿➿➿➿➿➿➿

🔑 _Format jawaban menggunakan KJ untuk dipelajari_ 🔑
 🔊 الدروس الصوتية للأسبوع السادس 🔊

Insya Allah di pekan 6 ini Kita mulai belajar keterangan sifat (na'at/shifat) dan kata sambung ('athaf) yang merupakan tawabi'

🔊  Na'at - Man'ut atau Shifat - Maushuf  👇
[18/1 05.33] Binreg BISA Ulhti Kiki: 🔊 Audio Durus Bina Pekan 6 Versi dropbox🔊

Dars 25 : Na'at - Man'ut atau Shifat - Maushuf

http://bit.ly/1Y6HW46

Dars 26 : 'Athaf

http://bit.ly/1RshdcT
[18/1 05.34] Binreg BISA Ulhti Kiki: 📝 Transkrip Audio Bina Reguler Pekan 06 👇🏼

http://bit.ly/2MgXYwD

 📢 Penjelasan Video

📺 Mengenal Tawabi'

Bahasa Arab Untuk Pemula - Mengenal Tawabi': http://youtu.be/qtJhxMHU2C8

📺 Na'at

Bahasa Arab Untuk Pemula - Sifat (Na'at): http://youtu.be/a0Lks4pHoKE

📺 'Athaf

Bahasa Arab Untuk Pemula - 'Athaf (Kata Sambung): http://youtu.be/QOjMEK-m5Kg
[18/1 05.36] Binreg BISA Ulhti Kiki: *📺 Video Durus Animasi 📺*

Mengenal Tawabi' (Na'at) :

https://youtu.be/e2QNCzesVsM


Mengenal Tawabi' ('Athaf dan Taukid) :

https://youtu.be/PKCsvDik8j0


# Selesai. Silahkan dibaca bukunya, didengarkan audionya, dan tonton video nya, insya Allah BISA! Barakallahu fiikum wama'akumunnajaah wajaaahiduuu 💪 #
*🏆PEMENANG KOIN PEKAN 6🏆*

🥇Selamat kepada Ukh *Eliza Tiara Dwiyanti* dari *kelas BINREG 11.18 Akhawat* yang telah berhasil menjawab kuis dengan benar dalam waktu *22 menit*. 🥇

*بارك الله فيـها* 🌹
🔐🔐 *KOIN PEKAN 6* 🔐🔐

               B I N R E G  1 1

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

📝Tentukanlah kalimat berikut *benar atau salah,* bila salah, jelaskan kesalahannya dan tunjukan kalimat yg benar !
Kemudian *TERJEMAHKANLAH KE DALAM BAHASA INDONESIA !*

*❗️ Cantumkan terjemahan kata untuk menunjukkan fi'il tersebut MADHI atau MUDHARI*❗️


١. اِنْتَظَرَتِ الْمُرَاقِبَ أَجْوِبَةُ الطُّلَّابِ عَنِ الْأَسْئِلَةِ
❌ Salah

🌻 kata اِنْتَظَرَتِ sebagai fiil tidak MANIS. Harusnya اِنْتَظَرَ

🌻 kata الْمُرَاقِبَ sebagai fail tidak FARA. Harusnya الْمُرَاقِبُ

🌻 kata أَجْوِبَةُ sebagai maful bih tidak MANA. Harusnya أَجْوِبَةَ

🌻 kalimat yang benar:
اِنْتَظَرَ الْمُرَاقِبُ أَجْوِبَةَ الطُّلَّابِ عَنِ الْأَسْئِلَةِ

🌻 Terjemahan :
_Seorang pengawas itu telah menunggu jawaban-jawaban (dari) para siswa dari soal-soal tersebut._


٢.  يَكْتُبُوْنَ  بِلَالُ رِسَالَةً ثُمَّ وَصِيَّةٍ
❌salah

🌷 kata يَكْتُبُوْنَ sebagai fi'il tidak FIRA. Harusnya يَكْتُبُ

🌷 kata بِلَالُ isim munshorif. harusnya بِلَالٌ

🌷 kata وَصِيَّةٍ sebagai ma'thuf tidak sama irob dengan ma'thuf alaih. Harusnya وَصِيَّةً

🌷 kalimat yang benar:
يَكْتُبُ بِلَالٌ رِسَالَةً ثُمَّ وَصِيَّةً

🌷 Terjemahan:
_Bilal sedang menulis surat/pesan kemudian wasiat_


٣.  اَلْعَرَبِيَّةُ لُغَةٌ سَهْلٌ لِلطَّالِبِ مُجِدٍّ
❌salah

🌳 kata سَهْلٌ sebagai naat tidak MANIS dengan manut. Harusnya سَهْلَةٌ

🌳 kata مُجِدٍّ sebagai naat tidak sama (makrifat) dengan manut. Harusnya الْمُجِدِّ

🌳 kalimat yang benar:
 اَلْعَرَبِيَّةُ لُغَةٌ سَهْلَةٌ لِلطَّالِبِ الْمُجِدِّ

🌳 Terjemahan:
_Bahasa arab itu bahasa yang mudah bagi siswa yang bersungguh-sungguh._

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
*📝Format menggunakan KJ agar mudah dipelajari*


 *🏆PEMENANG PEMANASAN🏆*

           *📆Pekan 6📆*

Selamat kepada Akhiy *Rustam* dari kelas  11.01 *Ikhwan* yang telah menjawab pemanasan dengan benar dan indah.

      🌟🌟    بارك الله فيه   🌟🌟

•┈┈┈•✿❁✿• 6 •✿❁✿•┈┈┈•

🔥 PEMANASAN PEKAN 6⃣🔥

              *BINREG 11*

1. Apa yang antum ketahui tentang tawabi'? Jelaskan
🗝 Jawaban:
🔰 Tawabi' adalah kelompok kata yg tidak memiliki i'rob mutlak, karena i'robnya hanya mengikuti i'rob kata yang diikutinya..
✨ Jika yang diikutinya marfu' maka ia marfu'
✨ Jika yang diikutinya manshub maka ia manshub
✨ Jika yang diikutinya majrur maka ia majrur.

2. Ada berapa macam tawabi'? Sebutkan satu persatu!
🗝 Jawaban:
🔰Tawabi' ada 4 macam:
🎁 Na'at (sifat)
🎁 ‘Athaf (kata sambung)
🎁 Taukid (penekanan)
🎁 Badal (pengganti)

3. Apa yang dimaksud dengan Na'at? Sebutkan kaidah Na'at?
🗝 Jawaban:
✍🏻 Na'at adalah keterangan sifat yg digunakan untuk memberikan sifat dari sesuatu yang ingin disifati (man'ut)
🔰 Kaidah Na'at - Man'ut:
🍟 Na'at dan man'ut harus sama jenisnya (mudzakkar/muannats)
🍟 Na'at dan man'ut harus sama jumlah bilangannya (mufrod/tatsniyah/jamak)
🍟 Na'at dan man'ut harus sama dalam hal  ma'rifah dan nakirahnya
🍟 Na'at dan man'ut harus sama i'robnya (marfu’/manshub/majrur)

4 . Berikan masing-masing 2 contoh jumlah mufidah yang mengandung Na'at dengan bilangan sbb :
A. Mufrad
B. Tatsniyah
C. Jamak Mudzakkar Salim
D. Jamak Muannats Salim
E. Jamak Taksir
🗝 Jawaban:
A. Mufrad
🥤 *الرَّجُلُ الْجَمِيْلُ* مُتَبَسِّمٌ
(Seorang Lelaki yang ganteng itu tersenyum)

🥤ذَهَبَ الطَّالِبُ إِلَى *الْبَيْتِ الْكَبِيْرِ*
(Seorang siswa [lk] itu telah pergi ke sebuah rumah yang besar itu)

B. Tatsniyah
🥤جَاءَ *طَالِبَانِ جَدِيْدَانِ*
(Dua siswa [lk] baru telah datang)

🥤أَكَلَ زَيْدٌ *التُّفَّاحَيْنِ اللَّذِيْذَيْنِ*
(Zaid telah memakan dua apel yang lezat itu)

C. Jamak Mudzakkar Salim
🥤 يَقْرَأُ *الْمُسْلِمُوْنَ الصَّابِرُوْنَ* الْقُرْآنَ
(Orang2 muslim yang sabar itu sedang membaca Al-Qur'an)

🥤رَأَيْتُ *الْمُهَنْدِسِيْنَ الْمَاهِرِيْنَ*
  (Saya telah melihat para insinyur [lk] yang pandai itu)

D. Jamak Muannats Salim
 🥤 *الْمُدَرِّسَاتُ الْمُجْتَهِدَاتُ* قَائِمَاتٌ
(Para guru [pr] yang rajin itu berdiri)

🥤تَسْأَلُ زَيْنبُ *الْمُسْلِمَاتِ الْمُؤْمِنَاتِ* عَنِ الصَّلَاةِ
(Zainab sedang bertanya kepada para muslimah yang beriman itu tentang sholat)

E. Jamak Taksir
🥤 *الأَطِبَّاءُ الطِّوَالُ* مَضَايِيْفُ
(Para Dokter yang tinggi-tinggi itu ramah-ramah )

🥤رَجَعَ *التُّجَّارُ الْأَغْنِيَاءُ*
(Para pedagang [lk] yang kaya itu telah kembali)

5. Apa yang dimaksud dengan athof? Sebutkan kaidah dan huruf-huruf athof!
Kemudian berikan 5 contoh jumlah mufidah yang mengandung huruf athof!
🗝 Jawaban:
🔰 'Athaf adalah kata sambung dalam bahasa arab.
🎁 3 unsur yg harus diketahui tentang 'athaf - ma'thuf:
✅ Kata sambungnya disebut _'athaf_
✅ Kata yang disambungkan disebut _ma'thuf_
✅ Kata yang disandari disebut _ma'thuf 'alaih_

🔰 Kaidah 'athaf adalah ma'thuf harus mengikuti i'rob ma'thuf 'alaih.

🔰 Huruf2 'athaf:
1⃣ وَ (dan)
2⃣ فَ (maka)
3⃣ ثُمَّ (kemudian)
4⃣ أَوْ (atau)
5⃣ أَمْ (ataukah)
6⃣ إِمَّا (adakalanya)
7⃣ بَلْ (bahkan/akan) tetapi
8⃣ لَا (tidak/bukan)
9⃣ لَكِنْ (akan tetapi)
🔟 حَتَّى (hingga)

🔰 Contoh
🥤 جَاءَ زَيْدٌ وَ فَاطِمَةُ
(Zaid dan Fathimah telah datang)
🥤دَخَلَ عُمَرُ ثمَّ الطَّالِبُوْنَ
(Umar telah keluar kemudian para siswa [lk] itu)
🥤جَاءَ زَيْدٌ لَا يَزِيْدُ
(Zaid telah datang, bukan si Yazid)
🥤أَكَلْتُ السَّمَكَ حَتّٰى رَأْسَهُ
(Saya telah makan ikan itu hingga kepalanya)
🥤خَرَجَتْ عَائِشَةُ بَلْ فَاطِمَةُ
('Aisyah telah keluar, akan tetapi [yg benar] Fathimah)

6. Buatlah jumlah mufidah beserta artinya dengan struktur kalimat berikut :

a. ( mubtada + na'at) + ( khobar + mudhof ilaih) + jar + majrur
🗝 Jawaban:
🥤الرَّجُلُ الصَّالِحُ إِمَامُ الْمَسْجِدِ فِي الْقَرْيَةِ
(Lelaki yang shalih itu seorang imam masjid di desa itu)

b. Fi'il mudhary + ( fa'il +mudhof ilaih) + ( maf'ul bih + naat)
🗝 Jawaban:
🥤يَنْصَحُ مُدِيْرُ الْمَدْرَسَةِ الطَّالِبَ الْكَسُوْلَ
(Kepala sekolah itu sedang menasihati seorang siswa [lk] yang malas itu)

c. Fi'il madhy + fa'il ( muannats) +athof + ma'thuf (mudzakkar)) + ( maf'ul bih + na'at)
🗝 Jawaban:
🥤أَكْرَمَتِ الْمُسْلِمَةُ وَ زَيْدٌ الْقُرْآنَ الْكَرِيْمَ
(Seorang muslimah dan Zaid telah memuliakan Al-Qur'an yang mulia)

•┈┈┈•✿❁✿• 6 •✿❁✿•┈┈┈•
🔊 الدروس الصوتية للأسبوع السابع 🔊

Insya Allah di pekan 7 ini Kita mulai belajar keterangan penguat (taukid) dan keterangan pengganti (badal)

🔊  Taukid  👇
 🔊 Audio Durus Bina Pekan 7

Dars 27 : Badal ( Keterangan Pengganti )

http://bit.ly/1pA6rei

Dars 28 : Taukid ( Keterangan Penguat )

http://bit.ly/1UWrOm7
[25/1 05.49] Binreg BISA Ulhti Kiki: 📝 Transkrip Audio Bina Reguler Pekan 07 👇🏼

http://bit.ly/2PdJ1sT

Semoga bermanfaat.

📢 Penjelasan Video

📺 Taukid

Bahasa Arab Untuk Pemula -Taukid (Penguat): http://youtu.be/lXKzpXwGMYI

📺 Badal

Bahasa Arab Untuk Pemula - Badal (Keterangan Peng…: http://youtu.be/AERVHyUaR5w
[25/1 05.50] Binreg BISA Ulhti Kiki: *📺 Video Durus Animasi 📺*


Mengenal Tawabi' ('Athaf dan Taukid) :

https://youtu.be/PKCsvDik8j0


Mengenal Tawabi' (Badal)

https://youtu.be/cb1WCAf-5Pw
 *🏆PEMENANG PEMANASAN🏆*

           *📆Pekan 7📆*

Selamat kepada Ukh *Aan Anisah* dari kelas  *Binreg 11.13 Akhawat* yang telah menjawab pemanasan dengan benar dan indah.

      🌟🌟    بارك الله فيها   🌟🌟

•┈┈┈•✿❁✿• 7 •✿❁✿•┈┈┈•


🔥🇵 🇪 🇲 🇦 🇳 🇦 🇸 🇦 🇳 🔥
            (🇵 🇪 🇰 🇦 🇳  7⃣)

                     *BINREG 11*

1. Apa yang antum ketahui tentang taukid ?
       *Taukid yaitu salah satu kelompok dari tawaabi yang memiliki makna penguat*
💡 Namun taukid disini bukanlah taukid yang kita kenal dengan huruf-huruf taukid, seperti :
📌 penggunaan إِنَّ
📌 Lam taukid
📌 Nun taukid, maupun
📌 Huruf qosam/sumpah
*Melainkan taukid disini meliputi :*
🎍النَّفْسُ
yang artinya *jiwa*
🎍العَيْنُ
yang artinya *dzat*
🎍كُلُّ
yang artinya *seluruhnya*
🎍أَجْمَعُ
yang artinya juga *seluruhnya*


2. Sebutkan 4 kata yang bisa digunakan untuk taukid. Berikan masing-masing 2 contoh kalimat!
💦 النَّفْسُ 💦
 حَضَرَ الأُسْتَاذُ نَفْسُهُ
Ustadz itu benar benar telah hadir, dirinya.
💦 العَيْنُ 💦
قَدِمَ السُّلْطَانُ عَيْنُهُ
Penguasa itu benar benar telah datang, orangnya
💦 كُلُّ 💦
مَرَّ عَلِيٌّ بِالجُنُودِ كُلِّهِمْ
Ali telah melewati para tentara itu seluruhnya
💦 أَجْمَعُ 💦
أَكْرَمَ زَيْدٌ الضُّيُوفَ أَجْمَعِيْنَ
Zaid benar benar telah memuliakan para tamu itu seluruhnya


3. Apa yang antum ketahui tentang badal? Berikan 3 contoh kalimat yang mengandung badal!

         *Badal secara bahasa artinya adalah "pengganti" yang bisa menggantikan kedudukan ataupun posisi dari suatu objek yang tengah dibicarakan dalam suatu kalimat*

contoh :
🌻 رَفَعَ خَلِيْلِيْ *مُحَمَّدٌ* القَوَاعِدَ
Temanku, Muhammad, telah meninggikan pondasi
🌻 تَعَجَّبْنَا بِزَيْدٍ *عِلْمِهِ*
Kami kagum kepada Zaid ilmunya
🌻طَلَعَتِ الشَمسُ *نِصْفُهَا*
Matahari itu telah terbit setengahnya


4. Ada berapa kelompok badal? Jelaskan! 
         Badal terdiri dari 4 kelompok.
📌 *1. Badal kulli min kul (بدل الكل من الكل)*
yaitu Badal keseluruhan dari keseluruhan. Maksudnya yang diganti dengan penggantinya adalah sesuatu yang sama.
📌 *2.  Badal ba'dh min kul (بدلُ البعض من الكل)*
Merupakan sebagian kecil dari mubdal . Biasanya digunakan untuk menjelaskan bagian perbagian.
📌 *3. Badal isytimal (بدل الإشتمال)*
Isytimal secara bahasa artinya meliputi atau mencakup. Badal isytimal biasa digunakan untuk menjelaskan sesuatu  yang memiliki hubungan atau keterkaitan dengan sesuatu.
📌 *4. Badal Gholath (بدل الغلط)*
Al gholath secara bahasa yaitu salah atau keliru. Badal ini terjadi ketika seseorang salah mengucapkan sesuatu.


5. Buatlah kalimat dengan struktur sebagai berikut:

a.  Fi'il mudhari + (Fail + mudhaf ilaih) + (maful bih + na'at) + badal
🥑 يُحِبُّ ابْنُ مُحَمَّدٍ الكِتَابَ الجَدِيْدَ *غِلَافَهُ*
_🍥 Anaknya Muhammad menyukai buku baru itu, sampulnya._


b. Mubtada naat + khabar + mudhaf ilaih + badal
🍓إِبْرَاهِيْمُ الجَمِيْلُ ابْنُ المُدَرِّسِ *أَحْمَدَ*
_🍫 Ibrohim yang ganteng itu anaknya pak guru Ahmad_

c. Fi'il madhi + fail + athof + ma'thuf + taukid
🍊جَاءَ مُحَمَّدٌ وَ طُلَّابٌ كُلُّهُمْ
_🍕 Muhammad dan para siswa telah datang, seluruhnya._


•┈┈┈•✿❁✿• 7 •✿❁✿•┈┈┈•
 *🏆PEMENANG KOIN PEKAN 7🏆*

🥇Selamat kepada Ukh *Aisyah Komara* dari *kelas BINREG 11.14 Akhawat* yang telah berhasil menjawab kuis dengan benar dalam waktu *16 menit*. 🥇


*Jawaban tercepat* 🥇 lainnya oleh Akh *Muhammad Afiq Ghifari* dari *kelas Binreg 11.02 Ikhwan* dalam waktu 15 menit, namun karena sudah pernah menang, maka juara kuis di prioritaskan kepada penjawab tercepat dan benar yang belum pernah menang.

*بارك الله فيـهما* 🌹
🔐🔐 *KOIN PEKAN 7* 🔐🔐

               B I N R E G  1 1

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖


*1⃣ أَكَلَ أَخُوْ أَحْمَدَ الْخُبْزَ نِصْفَهُ نَفْسُهُ*
*🔹 Terjemahan :*
_"Saudara (lk) nya Ahmad, dirinya, telah memakan roti tersebut setengahnya."_

▪ أَكَلَ — Fi'il Madhi
▪ أَخُوْ — Fa'il (mudhof)
▪ أَحْمَدَ — mudhof ilaih
▪ الْخُبْزَ — Maf'ul bih
▪ نِصْفَهُ — badal
🎁 kata نِصْفَهُ bisa dirinci lagi menjadi :
● نِصْفَ --- badal (mudhof)
● هُ --- mudhof ilaih
▪نَفْسُهُ — taukid
🎁 kata نَفْسُهُ bisa dirinci lagi menjadi :
● نَفْسُ --- taukid (mudhof)
● هُ --- mudhof ilaih

➖➖➖✨🔹💎🔹✨➖➖➖

*2⃣ عَادَ حَامِدٌ وَ مَحْمُوْدٌ زَمِيْلَهُمَا كِلَاهُمَا فِي ذٰلِكَ الْمُسْتَشْفَى*
*🔹 Terjemahan :*
_"Hamid dan Mahmud, keduanya, telah menjenguk teman mereka berdua di rumah sakit itu."_

▪ عَادَ — Fi'il Madhi
▪ حَامِدٌ — Fa'il
▪ وَ — huruf 'athof
▪ مَحْمُوْدٌ — ma'thuf
▪ زَمِيْلَ — Maf'ul bih (mudhof)
▪ هُمَا — mudhof ilaih
▪ كِلَاهُمَا — taukid
🎁 kata كِلَاهُمَا bisa dirinci lagi menjadi :
● كِلَا --- taukid (mudhof)
● هُمَا --- mudhof ilaih
▪ فِي — huruf jar
▪ ذٰلِكَ — isim isyarah (isim majrur)
▪ الْمُسْتَشْفَى — badal utk isim majrur

➖➖➖✨🔹💎🔹✨➖➖➖

*3⃣ حَفِظَ طَلْحَةُ الْقُرْآنَ نِصْفَهُ*
*🔹 Terjemahan :*
Tolhah telah menghafal al-Qur'an separuhnya

حَفِظَ :
fiil madhi
🗞طَلْحَةُ :
fail
🗞الْقُرْآنَ :
maf'ul bih
🗞نِصْفَهُ :
Badal

🎁 kata نِصْفَهُ bisa dirinci lagi menjadi :
● نِصْفَ --- badal (mudhof)
● هُ ---  mudhof ilaih

➖➖➖✨🔹💎🔹✨➖➖➖

*4⃣  قَرَأَ جَعْفَرٌ الطَّالِبُ صَفْحَاتِ الكِتَابِ أَجْمَعَهَا*
*🔹 Terjemahan :*
Ja'far si pelajar telah membaca halaman-halaman buku itu semuanya

🌾 قَرَأ :
 fi'il madhi
🌾جَعْفَرٌ :
fa'il
 🌾الطَّالِبُ :
badal
🌾صَفْحَاتِ :
maf'ul bih/mudhaf
🌾الكِتَابِ :
Mudhaf ilaih
🌾أَجْمَعَهَا :
Taukid

🎁 kata أَجْمَعَها bisa dirinci lagi menjadi :
● أَجْمَعَ --- taukid (mudhof)
● هَا --- mudhof ilaih


➖➖➖✨🔹💎🔹✨➖➖➖
🔊 الدروس الصوتية للأسبوع الثامن 🔊

Insya Allah di pekan 8 ini Kita mulai belajar tentang keterangan yang wajib manshub. Untuk pertama, Kita akan bahas  mashdar (maf'ul muthlaq)  dan dzharad zaman dan makan (keterangan waktu & tempat) Silahkan disimak

🔊 Mashdar 👇

🔊 Audio Durus Bina Pekan 8 Versi dropbox🔊

Dars 29: Mashdar

http://bit.ly/1prbyNA

Dars 30: Dzharaf

http://bit.ly/21y3qXK
[1/2 05.05] ‪+62 822-6072-4043‬: 📝 Transkrip Audio Bina Reguler Pekan 08 👇🏼

http://bit.ly/2MgYcDZ



 📺 الدروس المرئية للأسبوع الثامن 📺

📺  Mashdar

Bahasa Arab Untuk Pemula - Mashdar (Maf'ul Muthla…: http://youtu.be/83sCQu1VChA

📺 Dzharaf Zaman dan Makan

Bahasa Arab Untuk Pemula - Keterangan Tempat dan …: http://youtu.be/-KIaiRlFMVM



 📺  *VIDEO PENJELASAN ANIMASI* 📺

📺  Mashdar

Keterangan Wajib Manshub - Maf'ul Muthlaq
https://youtu.be/O_orrUPAeVg


📺 Dzharaf Zaman dan Makan

Keterangan Wajib Manshub - Dzharaf
https://youtu.be/87trq8SHyTs
*🏆PEMENANG PEMANASAN🏆*

           *📆Pekan ❽📆*

Selamat kepada Ukht *Triana Devika* dari kelas  11.2 Akhawat yang telah menjawab pemanasan dengan benar dan indah.

بارك الله فيها 🌹

•┈┈┈•✿❁✿• ❽ •✿❁✿•┈┈┈•

♨🇵 🇪 🇲 🇦 🇳 🇦 🇸 🇦 🇳 ♨
             (🇵 🇪 🇰 🇦 🇳  8⃣)

                    *BINREG 11*

1. Apa yang dimaksud dengan mashdar?

🔸_Mashdar atau maf'ul muthlaq_ adalah ```keterangan penguat yg termasuk ke dalam kelompok keterangan wajib manshub```

🔹 Pola kalimat : *fi'il +fa'il + mashdar*

⚠ Dimana, fi'il dan mashdar masih satu wazan *Akan tetapi*, mashdar juga berlaku untuk kata yg satu makna meskipun berbeda wazannya/tashrifnya


2. Sebutkan 3 faidah mashdar!  Berikan 2 contoh kalimat dari masing-masing faidah!

1⃣ *Penekanan* (taukid)  : memberikan penekanan makna terhadap fi'ilnya
*Contoh :*

١. ضَرَبْتُهُ ضَرْبًا
📚 aku benar-benar telah memukulnya

٢. جَلَسَ أَحْمَدُ قُعُوْدًا
📚 Ahmad benar-benar telah duduk

2⃣ *Penyerupaan*  menunjukkan penyerupaan terhadap isim yg didahuluinya
*Contoh:*

١. ضَرَبْتُهُ ضَرْبَ الأَسَدِ
📚  aku memukulnya seperti pukulan singa

٢.  جَلَسَ هِشَامٌ جِلْسَةَ العُلَمآءِ
📚  Hisyam telah duduk seperti duduknya para ulama


3⃣ Menjelaskan *bilangan/frekuensi* menjelaskan berapa kali suatu perbuatan dilakukan.
*Contoh:*


١. شَرِبَ مَيْسَرَةُ شُرْبَةً
📚 Maysaroh telah minum dengan satu kali tegukan

٢. ضَرَبَهُ مَيْسَرَةُ ضَرْبَةً
📚 Maysaroh telah memukulnya dengan satu kali pukulan


3. Apa itu dzharaf makan ?

🔸 _Dzharaf makan_  adalah keterangan tempat dan kelompok kata yg termasuk wajib mashub
⚠ Umumnya, kelompok kata ini posisinya *terletak di tengah kalimat* dan menyebabkan isim setelahnya wajib dalam keadaan majrur.


4. Sebutkan kata yang bisa digunakan untuk dzharaf makan !
🔹أَمَامَ : di depan
🔸 di belakang : خَلْفَ
🔹قُدَّامَ : di hadapan
🔸 di belakang : وَرَاءَ
🔹 فَوْقَ : di atas
🔸di bawah : تَحْتَ
🔹عِنْدَ : di sisi
🔸 bersama : مَعَ
🔹إِزَاءَ : di depan
🔸 di depan : حِذّاءَ
🔹 تِلْقَاءَ : di depan
🔸 di sana : ثَمَّ
🔹 هُنَا : disini

5. Berikan 3 contoh kalimat yang mengandung dzharaf makan !

١.  قَامَ زَيْدٌ أَمَامَ المَسْجِدِ
📚 ```Zaid telah berdiri di depan Masjid```
٢. جَلَسَ زَيْدٌ حِذَاءَ الْبَابِ
📚 ```Zaid telah duduk didepan pintu```
رَكِبَ زَيْدٌ الْسَّيَّارَةَ مَعَ هِشَامٍ
📚  ```Zaid telah mengendarai mobil bersama Hisyam```

6. Apa itu dzharaf zaman ?

🔹 _Dzharaf zaman_ adalah keterangan waktu yang termasuk  kelompok kata yg wajib manshub
⚠ Dimana, kata keterangan ini *dapat berdiri sendiri dan umumnya diletakkan di akhir kalimat*.

7. Sebutkan kata yang bisa digunakan untuk dzharaf zaman !

🔹 اليَوْمَ :  di hari ini
🔸 di malam hari : اللَّيْلَةَ
🔹 غُدْوَةً : di pagi hari
🔸 di pagi hari : بُكْرَةً
🔹سَحَرًا : di waktu sahur
🔸 besok : غَدًا
🔹 عَتَمَةً : di waktu malam
🔸 di waktu shubuh : صَبَاحًا
🔹مَسَاءً : di sore hari
🔸 selamanya : أَبَدًا
🔹 أَمَدًا  : besok - besok
🔸 suatu ketika : حِيْنًا

8. Berikan 3 contoh kalimat yang mengandung dzharaf zaman !
١. ذَهَبَ الطَّالِبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ غُدْوَةً
📚 Siswa itu telah pergi ke sekolah di pagi hari.
٢. تُسَافِرُ فَاطِمَةُ لَيْلَةَ الْأَحَدِ
📚 Fatimah sedang pergi di malam minggu
٣. أُحِبُّ الْمُشْرِفَاتِ أَبَدًا
📚 Aku mencintai para musyrifah selamanya


9. Bagaimana hukum isim yang jatuh setelah dzharaf?

_Dzharaf makan maupun dzharaf zaman_ keduanya disebut juga *maf'ul fiih* bila setelah maf'ul fiih terdapat isim maka dihukumi *majrur* karena menjadi *mudhaf ilaih*:


  •┈┈┈•✿❁✿••✿❁✿•┈┈┈•

_🏆 Peserta dengan jawaban paling rapi dan paling menarik dari seluruh kelas akan mendapat hadiah pulsa._


📝 *Catatan*

              ‼ *TIDAK DIPERKENANKAN :*‼

1⃣ _Copas (sama persis) dari sumber lain maupun dari peserta yang lain baik satu angkatan ataupun angkatan sebelumnya_

2⃣ _Menggunakan emoticon makhluk hidup_

🚨 _*Contoh kalimat harap menyertakan terjemah*_ ‼

⏰ Jawaban ditunggu sampai pukul 13.00 WIB


يسر الله لكم و بارك الله فيكم و معكم النجاح و جاهدوا.... 💪🏼


•┈┈┈•✿❁✿• ❽ •✿❁✿•┈┈┈•
*🏆PEMENANG KOIN PEKAN 8🏆*

🥇Selamat kepada Ukh *Siti Muhlisoh* dari *kelas BINREG 11.2 Akhawat* yang telah berhasil menjawab kuis dengan benar dalam waktu *14 menit*. 🥇


*بارك الله فيـها* 🌹


*🗝🗝 KJ KOIN PEKAN 8⃣🗝🗝*
              *(BINREG 11)*


١. اَلْوَاجِبَاتُ سَهْلَةٌ كُلُّهَا

_💎Tugas-tugas itu mudah seluruhnya/semuanya_

🥦اَلْوَاجِبَاتُ = Mubtada

🥦سَهْلَةٌ = Khabar

🥦كُلُّهَا = Taukid
🎁 kata كُلُّهَا  bisa dirinci lagi menjadi :
● كُلُّ --- taukid (mudhof)
● هَا --- mudhof ilaih

٢. قَامَتِ الْأُسْتَاذَةُ أُمَامَةُ أَمَامَ بَابِ الْفَصْلِ الْكَبِيْرِ الْيَوْمَ

_💎Ustadzah umamah telah berdiri didepan pintu kelas yang besar itu hari ini_

🌸قَامَتِ =Madhi Fi'il

🌸الْأُسْتَاذَةُ = Fa'il

🌸أُمَامَةُ = Badal

🌸أَمَامَ = ,Dzharaf Makan  mudhaf

🌸بَابِ = Mudhaf Ilaih, Mudhaf

🌸الْفَصْلِ = Mudhaf Ilaih

🌸الْكَبِيْرِ = Na'at

🌸الْيَوْمَ = Dzharaf Zaman


٣. ظَهَرَ مِفْتَاحُ الْجَنَّةِ ظَهْرًا عِنْدَ لُطْفِكِ

_💎Benar-benar Telah nampak kunci syurga itu pada sisi kebaikan (keramahan)mu_

🌹ظَهَرَ =  Fi'il Madhi

🌹مِفْتَاحُ = Fa'il, Mudhaf

🌹الْجَنَّةِ =  Mudhaf Ilaih

🌹ظَهْرًا = Mashdar (Maf'ul Muthlaq)

🌹عِنْدَ = Dzharaf Makan

🌹لُطْفِ = Mudhaf Ilaih, Mudhaf

🌹كِ = Mudhaf Ilaih

🔓🔓🔓🔓🔓🔓🔓🔓🔓🔓🔓🔓

📝 *Format jawaban menggunakan KJ untuk dipelajari*
🔊 الدروس الصوتية للأسبوع العاشر 🔊

Insya Allah di pekan 10 ini Kita akan belajar:

📚 Mubtada dengan khabar ghairu mufrad (tidak tunggal)

📚 Amil Nawasikh (Faktor perusak mubtada khabar): Kaana, Inna Dzhanna

🔊 Mubtada dengan khabar ghairu mufrad 👇

 🔊 Audio Durus Bina Pekan 10 Versi Dropbox 📦

Dars 35 : Pengantar Variasi Kalimat Bahasa Arab (Mubtada dengan Khabar Ghairu Mufrad)

bit.ly/25xayIJ

Dars 36 : Kaana, Inna, zhanna Dan Sejenisnya

Dars 36 : bit.ly/1RP2Fdx
[15/2 05.16] ‪+62 822-6072-4043‬: 📝 Transkrip Audio Bina Reguler Pekan 10 👇🏼

http://bit.ly/2MrgZeV

 📺 الدروس المرئية للأسبوع العاشر 📺

◀Jumlah ismiyyah dengan khabar ghairu mufrad

Ilmu Nahwu Untuk Pemula - Khabar Ghairu Mufrad (1…: http://youtu.be/4CjJIzXT5Wo

◀ Khabar ghairu mufrad dari jenis fiil (pembahasan khusus)


Ilmu Nahwu Untuk Pemula -Khabar Ghairu Mufrad dar…: http://youtu.be/evowQPwAROQ

◀ Kaana, inna, dzhanna

Ilmu Nahwu Untuk Pemula - Aamil Nawaasikh (Kaana,…: http://youtu.be/SY7PXg9GwLk
🔊 الدروس الصوتية للأسبوع الحادي عشر 🔊

Insya Allah di pekan 11 ini Kita akan belajar:

📚 Laa Naafiyah

📚 Ististnaa (Pengecualian)

📚 Munaada (kata Panggil)


🔊  Laa Naafiyah 👇
 🔊 *Audio Durus Bina Pekan 11 Versi Dropbox* 🔊


*Dars 37 : Laa Naafiyah*

http://bit.ly/1MEmzU7

*Dars 38 : Istitsnaa (Pengecualian)*

http://bit.ly/1MZOb8p

*Dars 39:  Munaadaa (Kata Panggilan)*

http://bit.ly/1kQebWQ

🎈: س المرئية للأسبوع الحادي عشر 📺

📺 *Laa Naafiyah* 👇

http://youtu.be/6ifgcAQZ2qw

📺 *Ististnaa* 👇

http://youtu.be/-UPuIxvS-1Q

📺 *Munaada (Kata Panggil)* 👇

http://youtu.be/cG3f9p6ILYg
*🏆PEMENANG KOIN PEKAN 10🏆*

🥇Selamat kepada Akhiy *Abu Sabrina* dari *kelas BINREG 11.01 Ikhwan* yang telah berhasil menjawab kuis dengan benar dalam waktu *29 menit*. 🥇

          🚓 *بارك الله فيـه* 🚓


*--- ۞ Kunci Jawaban Koin Pekan 🔟 ۞ ---*

            *BINREG 11*


*١) إِنَّ اللّٰهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَی النَّبِيِّ*
_"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersholawat atas Nabi."_

⛲ إِنَّ
_huruf taukid dan nashab, mabni, fathah_

⛲ اَللّٰهَ
_Isim إِنَّ , manshub, fathah_

⛲ وَ
_huruf athof, mabni, fathah_

⛲ مَلَائِكَةَ
_ma'thuf, manshub, fathah, (mudhof)_

⛲ هُ
_dhomir muttashil, mabni, dhommah, pada posisi jar sebagai mudhof ilaih_

⛲ يُصَلُّوْنَ
_Fi'il mudhori, marfu, tetapnya nun_
_waw dhomir muttashil, mabni, sukun, pada posisi rafa sebagai fa'il_

⛲ عَلَی
_huruf jar, mabni, sukun_

⛲ النَّبِيِّ
_isim majrur, majrur, kasroh_

⛲Jumlah fi'liyyah يُصَلُّوْنَ pada posisi rafa sebagai  khobar إِنَّ.


*٢) زَعَمْتُ عُمَرَ طَالِبًا قَدِيْمًا فِيْ الْجَامِعَةِ*
_"Aku menyangka umar pelajar/mahasiswa lama di universitas itu"_

🏕 زَعَمْـ
_Fi'il madhi, mabni, sukun

🏕تُ
_dhomir muttashil, mabni, dhommah, pada posisi rafa sebagai fa'il_

🏕 عُمَرَ
_Maf'ul awwal, manshub, fathah_

🏕 طَالِبًا
_Maf'ul tsani, manshub, fathah_

🏕قَدِيْمًا
 _Na'at, manshub, fathah_

🏕 فِي
_Huruf jar, mabni, sukun_

🏕 الْجَامِعَةِ
_Isim majrur, majrur, kasroh_

🔓➖🔓➖🔓➖🔓➖🔓➖🔓➖🔓➖🔓

 
*📑 Jawaban menggunakan format KJ untuk dipelajari*

*بارك اللّٰه فيكم ومعكم النجاح*

🔐🔐🔐🔐🔐🔐🔐🔐
*🏆PEMENANG KOIN PEKAN 11🏆*

🥇Selamat kepada Ukh *Siti Muhlisoh* dari *kelas BINREG 11.2 Akhawat* yang telah berhasil menjawab kuis dengan benar dalam waktu *34 menit*. 🥇


*بارك الله فيـها* 🌹


🎖🎖🎖🎖🎖🎖🎖🎖🎖🎖🎖

*KJ KOIN  PEKAN 11*

       BINREG 1⃣1⃣


١. لَا مَاشِيَةَ رَجُلٍ مَرِيْضَةٌ هُنَا

_Tidak ada hewan ternak seorangpun yang sakit disini_
 
لَا:
La Nafiyah, Mabni, Sukun

مَاشِيَةَ:
Isim La, manshub, Fathah, mudhaf

رَجُلٍ :
Mudhaf Ilaih, Majrur, Kasrah

مَرِيْضَةٌ:
Khabar La, Marfu, Dhammah

هُنَا:
Dzaraf makan, Mabniy, Sukun, pada posisi nashob


 
٢. لَا أَدْخُلُ بُيُوْتًا غَيْرَ بُيُوْتِيْ

_Aku tidak memasuki rumah-rumah selain rumahku_
 
لَا :
La Nafiyah, Mabni, Sukun

أَدْخُلُ:
Fi'il Mudhari, Marfu', dhammah

fa'ilnya dhamir mustatir taqdirnya أَنَا

بُيُوتًا:
Maful Bih, Manshub, Fathah

غَيْرَ :
Adatul/isim Istitsna, Manshub, Fathah

بُيُوتِي: بُيُوْتِ
Mustatsna, Majrur, Kasrah, Mudhof

اليَاءُ/يْ:
Dhamir muttashil, Mabni, Sukun, pada posisi jar sebagai mudhafun ilaih
 

٣. لَا يَذْهَبُ أَبُوْ طَلْحَةَ لِأَنَّ بِنْتَهُ مَرِيْضَةٌ

_ Ayahnya tholhah tidak pergi/berangkat karena anak perempuannya sakit_

لَا:
Laa nafiyah, mabniy, sukun

يَذْهَبُ:
Fiil mudhori, marfu, dhommah

أَبُوْ:
Fa'il, marfu, wawu, Mudhaf

طَلْحَةَ:
Mudhafun ilaih, Majrur, Fathah (karena IGM)

لِأَنَّ: اللَام:
huruf jarr, mabniy, kasrah.

أَنَّ:
Huruf nasikh/nashob, mabniy, Fathah (menashobkan isim merafa'kan khobar)

بِنْتَ:
isim أَنَّ, manshub, Fathah, Mudhaf

الهَاءُ/هُ:
Dhamir muttashil, mabniy, dhammah pada posisi jarr sebagai Mudhafun Ilaih

مَرِيْضَةٌ:
Khabar أنَّ, marfu', dhammah

أَنَّ بِنْتَهُ مَرِيْضَةٌ:
🎁 mashdar muawwal pada posisi jarr

🎖🎖🎖🎖🎖🎖🎖🎖🎖🎖🎖


📝 *Format jawaban menggunakan KJ untuk dipelajari*
🔊 Audio Durus Bina Pekan 12 Versi Dropbox 🔊

Dars 40 : Kalimat Pasif👇

http://bit.ly/1kIqcy7

Dars 41: Aamil Nawashib (Huruf² Nashab)👇

http://bit.ly/1PCFwsH

Dars 42 : Aamil Jawazim (Huruf² Jazm)👇

http://bit.ly/1S7hbcg
*🏆PEMENANG PEMANASAN🏆*

           *📆Pekan 12📆*

Selamat kepada Akhiy *Setyadi Dwi Prasetyo* dari kelas  11.02 Ikhwan yang telah menjawab pemanasan dengan benar dan indah.

بارك الله فيه ✊

•┈┈┈•✿❁✿•  •✿❁✿•┈┈┈•

♨🇵 🇪 🇲 🇦 🇳 🇦 🇸 🇦 🇳 ♨
             (🇵 🇪 🇰 🇦 🇳  1⃣2⃣)


🛡🛡🛡  *BINREG 1⃣1⃣*  🛡🛡🛡

1⃣. Bagaimana rumus merubah fiil ma'lum menjadi majhul?


🌻Jawaban🌻

🌿🌿Rumus Merubah Fi’il Madhi Ma’lum menjadi Fi’il Madhi Majhul🌿🌿

🍃 _*Huruf Pertama Di Dhammahkan + 1 Huruf sebelum Huruf Terakhir Di Kasrahkan_* 🌿

💐Fi’il Madhi Ma’lum : ضَرَبَ

👉🏻 Huruf Pertama Di Dhammahkan : ضُرَبَ
👉🏻 + 1 Huruf Sebelum Huruf Terakhir Di Kasrahkan : ضُرِبَ

💐Fi’il Madhi Majhul : ضُرِبَ


🌴🌴Rumus Merubah Fi’il Mudhori Ma’lum Menjadi Fi’il Mudhori Majhul🌴🌴

🍂 _*Huruf Pertama Di Dhammahkan + 1 Huruf Sebelum Huruf Terakhir Di Fathahkan

🌷Fi’il Mudhori Ma’lum : يَضْرِبُ

👉🏻 Huruf Pertama Di Dhammahkan : يُضْرِبُ
👉🏻 + 1 Huruf Sebelum Huruf Terakhir Di Fathahkan : يُضْرَبُ

🌷Fi’il Mudhori Majhul : يُضْرَبُ

✨✨✨✨✨✨✨✨✨✨✨✨



2⃣. Apa kaidah yang berlaku untuk jumlah fi'liyyah majhulah? Berikan contoh!


🌦Jawaban🌦

🌥Fi’il Yang digunakan wajib fi’il majhul dan fi’il muta’addiy
⛅Naibul Fail Wajib Marfu
⛈Tidak diperbolehkan menyebut Fail
🌨BerlakuNya Kaidah FIRA(Fi’il Harus Mufrad) dan MANIS (Fi’il dan Naibul Fail Sama Jenis)

💫Contoh :

👉🏻 ضُرِبَ زَيْدٌ
✨ “ Zaid Telah dipukul”

📃 Kata “ ضُرِبَ “ merupakan Fi’il Majhul
📃 Kata “ زَيْدٌ “ Merupakan Naibul Fi’il

💫Contoh :

👉🏻 ضُرِبَتْ فَاطِمَةُ
✨ “ Fathimah Telah dipukul”

🚧 👆🏻BerlakuNya Kaidah FIRA dan MANIS 🚧

🌵🌵🌵🌵🌵🌵🌵🌵🌵🌵🌵🌵


3⃣. Sebutkan amil nawashib beserta artinya! Beri 5 contoh kalimat yang menggunakan fiil yang manshub!


🎋Jawaban🎋

👇🏻Amil Nawashib 👇🏻

🌈أَنْ (Bahwa)
🌈لَنْ (Tidak Akan)
🌈إِذَنْ (Kalau Begitu)
🌈كَيْ (Supaya)
🌈لَامُ كَيْ (Lam yang artinya Supaya)
🌈لَامُ الْجُحُوْدِ (Lam Pengingkaran)
🌈حَتَّى (Hingga)
🌈وَالْجَوَابُ بِالْفَاءِ وَالْوَاوِ وَ أَوْ (Kalimat Syarat Jawab dengan Huruf Fa “فَ”(Maka) ,Huruf Wau ”وَ”(Dan) ,Huruf Aw “أَوْ”(Atau)

💥Contoh Kalimat :

🌏 أُرِيْدُ أَنْ أَسْتَرِيْحَ قَلِيْلًا
✨” Saya Ingin Istirahat sebentar “

🌓 جِئْتُكَ كَيْ تَنْصُرَنِيْ
✨” Saya Mendatangimu Lk Supaya Engkau Menolongku “

🌒 لَنْ يَدْخُلَ بَكْرٌ الْفَصْلَ
✨ “ Bakr tidak akan masuk kelas “

🌔 سَنَزُوْرُكَ ، إِذَنْ أُكْرِمَكُمْ
✨ “ Kami Akan mengunjungimu Lk ,Kalau begitu Saya akan memuliakan kalian “


🌧 أَذْهَبُ إِلَى الْمَكْتَبَةِ لِأَقْرَأَ الْكُتُبَ
✨ “ Saya Pergi Ke Perpustakaan supaya bisa membaca buku-buku “

💧💧💧💧💧💧💧💧💧💧💧💧


4⃣. Sebutkan amil jawazim beserta artinya! Beri 5 contoh kalimat yang menggunakan fiil yang majzum!


☔Jawaban☔

⭐Amil Jawazim⭐

🌈لَمْ (Tidak)
🌈لَمَّا (Belum)
🌈أَلَمْ (Tidakkah ?)
🌈أَلَمَّا (Belumkah)
🌈لَامُ الْأَمْرِ (Lam Untuk Perintah)
🌈لَامُ الدُّعَاءِ (Lam Untuk Permohonan)
🌈لَا فِيْ النَّهْيِ (Laa Untuk Larangan)
🌈لَا فِيْ الدُّعَاءِ (Laa Untuk Permohonan)

🌈 Kalimat Jawab-Syarat dengan إِنْ (Jika) , مَا (Apa) , مَنْ (Siapa) , مَهْمَا (Apapun) , إِذْمَا (Kalau) , أَيُّ (Yang Mana) , مَتَّى (Kapan) , أَيَّانَ (Kapan) , أَنَّى (Bagaimana) , حَيْثُمَا (Dimanapun) , كَيْفَمَا (Bagaimanapun)

🚧👆🏻Ini Merupakan Huruf Jazm _*Yang Menjazmkan Dua Fi’il Mudhori Sekaligus_* Dikarenakan Bentuk kalimatNya adalah Kalimat Bersyarat dimana ada syarat dan jawab syarat 👆🏻🚧

🏀 لَمْ أَذْهَبْ إِلَى السُّوْقِ
✨” Saya Tidak Pergi ke pasar “

🏀 لَمَّا أُرْسِلْ الْوَاجِبَاتِ
✨” Saya belum mengirim PR”

🏀 أَلَمْ تَعْلَمْ أَنَّ النَّحْوَ سَهْلٌ
✨”tidakkah kamu tahu bahwa nahwu itu mudah”

🏀 أَلَمَّا يَذْهَبْ زَيْدٌ
✨”Belumkah zaid pergi”

🏀 لِيُنَفِقْ ذُوْ سَعَةٍ مِّنْ سَعَتِهِ
✨”Hendaklah orang yang mampu memberi nafkah menurut kemampuannya...” (Qs . At Thalaq ayat 7)


💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥


5⃣. Sebutkan kondisi fi'il mudhari ketika marfu, manshub, dan majzum untuk jenis:

a. Al af'aalul khamsah (fiil yang lima)

b. Fi'il mudhari yang tidak bersambung dengan apapun

c. Fi'il mudhari yang diakhiri huruf illat



🍞Jawaban🍞


🅰 Al-Af’aalul Khamsah (Fi’il Yang Lima)
👉🏻 Dhamir Yang Digunakan (هُمَا ، هُمْ ، أَنْتُمَا ، أَنْتُمْ ، أَنْتِ)

🍒👇🏻Ketika Dalam Posisi Marfu👇🏻 🍒
👉🏻 Menetapkan Huruf Nun (ن)

🍒👇🏻Ketika Dalam Posisi Manshub👇🏻🍒
👉🏻 Membuang Huruf Nun (ن)

🍒👇🏻Ketika Dalam Posisi Majzum👇🏻🍒
👉🏻 Membuang Huruf Nun (ن)


🅱 Fi’il Mudhori Yang Tidak Bersambung Dengan Apapun
👉🏻 Dhamir Yang Digunakan ( هُوَ ، هِيَ ، أَنْتَ ، أَنَا ، نَحْنُ )

🍎👇🏻Ketika Dalam Posisi Marfu👇🏻🍎
👉🏻 Berharakat Dhammah (ُ  )

🍎👇🏻Ketika Dalam Posisi Manshub👇🏻🍎
👉🏻 Berharakat Fathah ( َ  )

🍎👇🏻Ketika Dalam Posisi Majzum👇🏻🍎
👉🏻 Berharakat Sukun ( ْ  )


🆑 Fi’il Mudhori Yang Di Akhiri Huruf ilah
👉🏻 Huruf ilaih yang dimaksud ( ا ، و ، ي )

🥑👇🏻Ketika Dalam Posisi Marfu👇🏻🥑
👉🏻 Di Takdirkan Harakat Dhommah ( ُ  )

🥑👇🏻Ketika Dalam Posisi Manshub👇🏻🥑
👉🏻 Di Takdirkan Harakat Fathah ( َ  )

🥑👇🏻Ketika Dalam Posisi Majzum👇🏻🥑
👉🏻 Membuang Huruf ilah ( ا ، و ، ي )


🚧🚧🚧🚧🚧🚧🚧🚧🚧🚧🚧🚧🚧🚧🚧🚧🚧


6⃣. Berikan 3 contoh fi'il untuk masing-masing poin no. 5 !


☘Jawaban☘

🅰 Contoh Al-Afaalul Khamsah

🍒Ketika Marfu (Menetapkan Huruf ن) 👇🏻

🍒الطُّلَّابُ يَدْخُلُوْنَ الْفَصْلَ
✨” Para Siswa Sedang Masuk Ke Kelas “

🌿Ketika Manshub (Membuang Huruf ن) 👇🏻

 أَحَسِبَ النَّاسُ *أَنْ يُّتْرَكُوْا أَنْ يَقُوْلُوْا* آمَنَّا وَ هُمْ لَايُفْتَنُوْنَ

✨” Apakah Manusia Mengira bahwa mereka akan dibiarkan dengan hanya mengatakan “kami telah beriman” dan mereka tidak diuji”
(Qs. Al Ankabut ayat 2)


☘Ketika Majzum (Membuang Huruf ن) 👇🏻

🌏 أَلَمْ تَأْكُلِيْ يَا زَيْنَبُ ..؟
✨” Apakah engkau Tidak makan wahai zainab...?”



🅱 Contoh Fi’il Mudhori Yang Tidak Bersambung Dengan Apapun

🌔 Ketika Marfu (Berharakat Dhommah)👇🏻

🌓 اَلْأَبُ يَقْرَأُ الْقُرْآنَ
✨” Ayah sedang membaca Al-Qur’an “

🌖 Ketika Manshub (Berharakat Mansub) 👇🏻

🌓 أُرِيْدُ أَنْ أَسْتَرِيْحَ قَلِيْلًا
✨ “ Saya ingin istirahat sebentar “

🌒 Ketika Majzum (Berharakat Sukun) 👇🏻

🌓 لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْ
✨” Dia(Allaah) tidak melahirkan dan tidak dilahirkan “ (Qs . Al Ikhlas Ayat 3



🆑 Contoh Fi’il Mudhori Yang diakhiri Huruf ilat (ا،و،ي)

🎾Ketika Marfu (Ditakdirkan Harakat Dhommah) 👇🏻

🍎 أَكْوِي الْمَلَابِسَ
✨ “Saya sedang menyetrika Pakaian”


🏀 Ketika Manshub (Ditakdirkan Harakat Fathah) 👇🏻

🍒 لَنْ يَهْدِي


🏀 Ketika Majzum (Membuang Huruf ilah) 👇🏻

🍒 لَمْ يَهْدِ



🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷

✍Setyadi dwi prasetyo 🎓11.02 Ikhwan
*🏆PEMENANG KOIN PEKAN 12🏆*


🥇Selamat kepada Ukh *Aan Anisah* dari *kelas BINREG 11.13 Akhawat* yang telah berhasil menjawab kuis dengan benar dalam waktu *45 menit*. 🥇

*Jawaban tercepat* 🥇 lainnya oleh Ukh *Siti Muhlisoh* dari *kelas Binreg 11.2 Akhawat* dalam waktu 39 menit, namun karena sudah pernah menang, maka juara kuis di prioritaskan kepada penjawab tercepat dan benar yang belum pernah menang.

*بارك الله فيـهما* 🌹


*🗝 KJ KOIN BINREG 11 Pekan 12 🗝*

     


  ❶ لَمَّا يُرْسِلْ أَبٌ جَمِيْلٌ أَوْلَادَهُ إِلَى مَكَّةَ لِيَتَعَلَّمُوْا عِلْمَ الدِّيْنِ

_*Seorang bapak yang ganteng belum/tidak (pernah) mengutus anak-anaknya ke (kota) Mekkah untuk mempelajari ilmu agama*_

🍊 لَمَّا
Harf jazm, mabniy, sukun

🍊 يُرْسِلْ :
Fiil mudhori’, majzum, sukun

🍊 أَبٌ :
Fai'l, marfu’ dhommah

🍊  جَمِيْلٌ :
Na'at untuk أَبٌ, marfu’, dhommah

🍊  أَوْلَادَ :
Maf’ul bih, manshub, fathah, mudhaf

🍊 هُ :
Dhomir muthashil, mabniy, dhommah, dalam posisi jar, mudhof ilaih

🍊 إِلَى :
Harf jar,  mabniy, sukun

🍊 مَكَّةَ :
Isim majrur, majrur, fathah

🍊 لِ :
Harf nahsob, mabniy, kasroh

🍊  يَتَعَلَّمُوْا :
Fi'il mudhori' manshub, hapus nun.
Wawu dhamir muttashil, fa'il,  mabniy,  sukun,  pada posisi rafa'.

🍊 عِلْمَ :
Maf’ul bih, manshub,  fathah, mudhof

🍊 الدِّيْنِ :
Mudhof ilaih, majrur, kasroh


  ❷ مُحَمَّدٌ الْمُجْتَهِدُ لَمْ يُظْلَمْ فِيْ حَيَاتِهِ

_*Muhammad yang rajin itu, belum/tidak (pernah) didzolimi semasa hidupnya*_

🏀  مُحَمَّدٌ :
Mubtada’ marfu’, dhommah

🏀  الْمُجْتَهِدُ :
Na'at bagi مُحَمَّدٌ , marfu’ dhommah

🏀 لَمْ :
Harf jazm, mabniy, sukun

🏀 يُظْلَمْ :
Fi'il mudhori', majhul, majzum, sukun,
Naibul fa'ilnya, dhomir mustatir, taqdirnya huwa

🏀 يُظْلَمْ
Jumlah fi'liyyah dari (fi'il majhul dan naibul fa'il) adalah khabar mubtada'

🏀 فِيْ :
Harf jar, mabniy, sukun

🏀 حَيَاةِ :
Isim majrur, majrur, kasroh, mudhof

🏀 هِ:
Dhomir muttashil, mabniy, kasroh, dalam posisi jar, mudhof ilaih


🎁🎁🎁🎁🎁🎁🎁🎁



📝 *Format jawaban menggunakan KJ untuk dipelajari*

Donasi Mulazamah

بسم الله الر حمن الر حيم

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Bismillah, alhamdulillah washalatu wasallamu'ala Rasulillah...

Yayasan Sabilussunnah Cimanggis (AL-ANSHAR) mengadakan program donasi dakwah untuk perpanjangan sewa rumah tahfizh AL-ANSHAR.

Mengingat akan segera berakhirnya masa sewa rumah tahfizh AL-ANSHAR,  maka perlu segera diperpanjang.

✅[ *Update Donasi 5 Maret 2019 - Rp. 6.800.000* ]

💰 Dana sewa rumah yang kami butuhkah (untuk 2 tahun) Rp. *46.000.000*

Alhamdulillah, berkat pertolongan Allah Azza Wa Jalla (bi idznillah)
per bulan Maret 2019 kegiatan Lembaga AL-ANSHAR adalah:

1]. Menyediakan kelas Tahfizh (Mencetak para penghafal Qur'an)
2]. Menyediakan kelas Bahasa Arab untuk anak ataupun dewasa (Mulazamah)
3]. Menyediakan kelas TAJWID anak dan dewasa
4]  Kegiatan *DAKSOS* (Dakwah Sosial)
5]. Mengelola channel Youtube *ANSHAR TV* (Media Tarbiyah Islam)
6]. Program kajian remaja
7]. Program *Melek Al-Qur'an* untuk warga sekitar Al-Anshar (Mengenalkan dakwah sunnah)

Dan kegiatan-kegiatan dakwah lainnya.

Karenanya kami mengajak para muhsinin dan sahabat sekalian untuk ikut berpartisipasi bersama kami dalam amal shalih yang semoga bisa menjadi bekal bagi kita di akhirat nanti, di hari di mana tidak bermanfaat harta dan anak keturunan kecuali yang datang menghadap Allah Azza Wa Jalla dengan hati yang bersih.

Bagi yang ingin berpartisipasi dapat mengirimkan donasi melalui :

*BCA nomor rekening 4980089083 atas Nama Fani Maulinasari*

Konfirmasi transfer:
WA-089527927882

Berapapun donasi yang anda salurkan, In Sya Allah sangat bermanfaat bagi kami.

Jazaakumullahu Khairan

Baarakallahu Fiikum

Facebook : *Al-Anshar Cinta Qur'an*
Youtube : *Al-Anshar Cinta Qur'an*
Instagram : *alansharcintaquran*

🖊Management AL-ANSHAR

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
🍃🍂List DONASI sewa rumah tahfizh Al-Anshar :

1. Fulanah/1.000.000/2 Maret 2019
2. Fulanah/1.500.000/4 Maret 2019
3. Fulanah/300.000/5 Maret 2019
4. Fulanah/3.000.000/5 Maret 2019
5. Fulanah/1.000.000/5 Maret 2019
6.
7.

🍃Dana yang dibutuhkan :
*Rp.46.000.000*

🍃Dana yang sudah masuk :
*Rp. 6.800.000*

🍃Sisa Dana yang dibutuhkan :
*Rp. 39.200.000*

Baarakallahu Fiikum

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Kajian parenting

...🍂 " Panjangnya perjalanan akhirat dan sedikitnya perbekalan patutlah membuat kita bersedih. Bahkan saat sahabat yang mulia Utsman bin Affan berdiri di dekat pemakaman beliau menangis tersedu hingga membasahi jenggotnya mengingat bagaimana kesusahan nanti di alam kubur. 

Ini *baru* alam kubur.. perjalanan kita masih panjang. Dan kesempatan menyiapkan perbekalan sudah terputus semenjak detak jantung terhenti. Lalu, apa sajakah yang sudah kita persiapkan untuk perjalanan panjang itu ?

Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu , ia berkata bahwa Rasulullah
Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

ﺇِﺫَﺍ ﻣَﺎﺕَ ﺍﻟْﺈِﻧْﺴَﺎﻥُ ﺍﻧْﻘَﻄَﻊَ ﻋَﻤَﻠُﻪُ ﺇِﻟَّﺎ ﻣِﻦْ ﺛَﻠَﺎﺛَﺔٍ ﻣِﻦْ ﺻَﺪَﻗَﺔٍ ﺟَﺎﺭِﻳَﺔٍ ﻭَﻋِﻠْﻢٍ ﻳُﻨْﺘَﻔَﻊُ ﺑِﻪِ ﻭَﻭَﻟَﺪٍ ﺻَﺎﻟِﺢٍ ﻳَﺪْﻋُﻮ ﻟَﻪُ

“ Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau *do’a anak yang sholeh* ” (HR. Muslim no. 1631)

Hadirilah...
*KAJIAN PARENTING ISLAMI*

👤 PEMATERI
Ustadz *Rizal Yuliar Putrananda, Lc*
Pemateri di Radio dan TV Rodja'


📗 MATERI
*"Nak,  Saat Amalanku Terputus Kaulah Harapanku...."*🍂🍃

📆 *Kamis, 7 Maret  2019*
⏰ *08.00 - 11.00 WIB*
🕌 *Masjid Al Ikhlas*
Perumahan Tamansari Persada Bogor

☎ Contact Person:
Ikhwan :  0816-6312-44
Akhwat : 0812-8278-0812

_Tersedia Seminar Kit (terbatas)_

~~~~~~~~~~~~~~~

Note : Silahkan ajak saudara dan teman-teman Anda. Siapkan sodaqoh jariyah terbaik anda. Sempatkan waktu untuk menimba ilmu tentang mendidik anak sholeh.  Semoga kita bisa mendapatkan 3 keutamaan hadist dalam satu kesempatan💖.

آمين..اللّٰهم  أمين