Tuesday, March 5, 2019

 *๐Ÿ†PEMENANG PEMANASAN๐Ÿ†*

           *๐Ÿ“†Pekan 7๐Ÿ“†*

Selamat kepada Ukh *Aan Anisah* dari kelas  *Binreg 11.13 Akhawat* yang telah menjawab pemanasan dengan benar dan indah.

      ๐ŸŒŸ๐ŸŒŸ    ุจุงุฑูƒ ุงู„ู„ู‡ ููŠู‡ุง   ๐ŸŒŸ๐ŸŒŸ

•┈┈┈•✿❁✿• 7 •✿❁✿•┈┈┈•


๐Ÿ”ฅ๐Ÿ‡ต ๐Ÿ‡ช ๐Ÿ‡ฒ ๐Ÿ‡ฆ ๐Ÿ‡ณ ๐Ÿ‡ฆ ๐Ÿ‡ธ ๐Ÿ‡ฆ ๐Ÿ‡ณ ๐Ÿ”ฅ
            (๐Ÿ‡ต ๐Ÿ‡ช ๐Ÿ‡ฐ ๐Ÿ‡ฆ ๐Ÿ‡ณ  7⃣)

                     *BINREG 11*

1. Apa yang antum ketahui tentang taukid ?
       *Taukid yaitu salah satu kelompok dari tawaabi yang memiliki makna penguat*
๐Ÿ’ก Namun taukid disini bukanlah taukid yang kita kenal dengan huruf-huruf taukid, seperti :
๐Ÿ“Œ penggunaan ุฅِู†َّ
๐Ÿ“Œ Lam taukid
๐Ÿ“Œ Nun taukid, maupun
๐Ÿ“Œ Huruf qosam/sumpah
*Melainkan taukid disini meliputi :*
๐ŸŽุงู„ู†َّูْุณُ
yang artinya *jiwa*
๐ŸŽุงู„ุนَูŠْู†ُ
yang artinya *dzat*
๐ŸŽูƒُู„ُّ
yang artinya *seluruhnya*
๐ŸŽุฃَุฌْู…َุนُ
yang artinya juga *seluruhnya*


2. Sebutkan 4 kata yang bisa digunakan untuk taukid. Berikan masing-masing 2 contoh kalimat!
๐Ÿ’ฆ ุงู„ู†َّูْุณُ ๐Ÿ’ฆ
 ุญَุถَุฑَ ุงู„ุฃُุณْุชَุงุฐُ ู†َูْุณُู‡ُ
Ustadz itu benar benar telah hadir, dirinya.
๐Ÿ’ฆ ุงู„ุนَูŠْู†ُ ๐Ÿ’ฆ
ู‚َุฏِู…َ ุงู„ุณُّู„ْุทَุงู†ُ ุนَูŠْู†ُู‡ُ
Penguasa itu benar benar telah datang, orangnya
๐Ÿ’ฆ ูƒُู„ُّ ๐Ÿ’ฆ
ู…َุฑَّ ุนَู„ِูŠٌّ ุจِุงู„ุฌُู†ُูˆุฏِ ูƒُู„ِّู‡ِู…ْ
Ali telah melewati para tentara itu seluruhnya
๐Ÿ’ฆ ุฃَุฌْู…َุนُ ๐Ÿ’ฆ
ุฃَูƒْุฑَู…َ ุฒَูŠْุฏٌ ุงู„ุถُّูŠُูˆูَ ุฃَุฌْู…َุนِูŠْู†َ
Zaid benar benar telah memuliakan para tamu itu seluruhnya


3. Apa yang antum ketahui tentang badal? Berikan 3 contoh kalimat yang mengandung badal!

         *Badal secara bahasa artinya adalah "pengganti" yang bisa menggantikan kedudukan ataupun posisi dari suatu objek yang tengah dibicarakan dalam suatu kalimat*

contoh :
๐ŸŒป ุฑَูَุนَ ุฎَู„ِูŠْู„ِูŠْ *ู…ُุญَู…َّุฏٌ* ุงู„ู‚َูˆَุงุนِุฏَ
Temanku, Muhammad, telah meninggikan pondasi
๐ŸŒป ุชَุนَุฌَّุจْู†َุง ุจِุฒَูŠْุฏٍ *ุนِู„ْู…ِู‡ِ*
Kami kagum kepada Zaid ilmunya
๐ŸŒปุทَู„َุนَุชِ ุงู„ุดَู…ุณُ *ู†ِุตْูُู‡َุง*
Matahari itu telah terbit setengahnya


4. Ada berapa kelompok badal? Jelaskan! 
         Badal terdiri dari 4 kelompok.
๐Ÿ“Œ *1. Badal kulli min kul (ุจุฏู„ ุงู„ูƒู„ ู…ู† ุงู„ูƒู„)*
yaitu Badal keseluruhan dari keseluruhan. Maksudnya yang diganti dengan penggantinya adalah sesuatu yang sama.
๐Ÿ“Œ *2.  Badal ba'dh min kul (ุจุฏู„ُ ุงู„ุจุนุถ ู…ู† ุงู„ูƒู„)*
Merupakan sebagian kecil dari mubdal . Biasanya digunakan untuk menjelaskan bagian perbagian.
๐Ÿ“Œ *3. Badal isytimal (ุจุฏู„ ุงู„ุฅุดุชู…ุงู„)*
Isytimal secara bahasa artinya meliputi atau mencakup. Badal isytimal biasa digunakan untuk menjelaskan sesuatu  yang memiliki hubungan atau keterkaitan dengan sesuatu.
๐Ÿ“Œ *4. Badal Gholath (ุจุฏู„ ุงู„ุบู„ุท)*
Al gholath secara bahasa yaitu salah atau keliru. Badal ini terjadi ketika seseorang salah mengucapkan sesuatu.


5. Buatlah kalimat dengan struktur sebagai berikut:

a.  Fi'il mudhari + (Fail + mudhaf ilaih) + (maful bih + na'at) + badal
๐Ÿฅ‘ ูŠُุญِุจُّ ุงุจْู†ُ ู…ُุญَู…َّุฏٍ ุงู„ูƒِุชَุงุจَ ุงู„ุฌَุฏِูŠْุฏَ *ุบِู„َุงูَู‡ُ*
_๐Ÿฅ Anaknya Muhammad menyukai buku baru itu, sampulnya._


b. Mubtada naat + khabar + mudhaf ilaih + badal
๐Ÿ“ุฅِุจْุฑَุงู‡ِูŠْู…ُ ุงู„ุฌَู…ِูŠْู„ُ ุงุจْู†ُ ุงู„ู…ُุฏَุฑِّุณِ *ุฃَุญْู…َุฏَ*
_๐Ÿซ Ibrohim yang ganteng itu anaknya pak guru Ahmad_

c. Fi'il madhi + fail + athof + ma'thuf + taukid
๐ŸŠุฌَุงุกَ ู…ُุญَู…َّุฏٌ ูˆَ ุทُู„َّุงุจٌ ูƒُู„ُّู‡ُู…ْ
_๐Ÿ• Muhammad dan para siswa telah datang, seluruhnya._


•┈┈┈•✿❁✿• 7 •✿❁✿•┈┈┈•
 *๐Ÿ†PEMENANG KOIN PEKAN 7๐Ÿ†*

๐Ÿฅ‡Selamat kepada Ukh *Aisyah Komara* dari *kelas BINREG 11.14 Akhawat* yang telah berhasil menjawab kuis dengan benar dalam waktu *16 menit*. ๐Ÿฅ‡


*Jawaban tercepat* ๐Ÿฅ‡ lainnya oleh Akh *Muhammad Afiq Ghifari* dari *kelas Binreg 11.02 Ikhwan* dalam waktu 15 menit, namun karena sudah pernah menang, maka juara kuis di prioritaskan kepada penjawab tercepat dan benar yang belum pernah menang.

*ุจุงุฑูƒ ุงู„ู„ู‡ ููŠู€ู‡ู…ุง* ๐ŸŒน
๐Ÿ”๐Ÿ” *KOIN PEKAN 7* ๐Ÿ”๐Ÿ”

               B I N R E G  1 1

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖


*1⃣ ุฃَูƒَู„َ ุฃَุฎُูˆْ ุฃَุญْู…َุฏَ ุงู„ْุฎُุจْุฒَ ู†ِุตْูَู‡ُ ู†َูْุณُู‡ُ*
*๐Ÿ”น Terjemahan :*
_"Saudara (lk) nya Ahmad, dirinya, telah memakan roti tersebut setengahnya."_

▪ ุฃَูƒَู„َ — Fi'il Madhi
▪ ุฃَุฎُูˆْ — Fa'il (mudhof)
▪ ุฃَุญْู…َุฏَ — mudhof ilaih
▪ ุงู„ْุฎُุจْุฒَ — Maf'ul bih
▪ ู†ِุตْูَู‡ُ — badal
๐ŸŽ kata ู†ِุตْูَู‡ُ bisa dirinci lagi menjadi :
● ู†ِุตْูَ --- badal (mudhof)
● ู‡ُ --- mudhof ilaih
▪ู†َูْุณُู‡ُ — taukid
๐ŸŽ kata ู†َูْุณُู‡ُ bisa dirinci lagi menjadi :
● ู†َูْุณُ --- taukid (mudhof)
● ู‡ُ --- mudhof ilaih

➖➖➖✨๐Ÿ”น๐Ÿ’Ž๐Ÿ”น✨➖➖➖

*2⃣ ุนَุงุฏَ ุญَุงู…ِุฏٌ ูˆَ ู…َุญْู…ُูˆْุฏٌ ุฒَู…ِูŠْู„َู‡ُู…َุง ูƒِู„َุงู‡ُู…َุง ูِูŠ ุฐٰู„ِูƒَ ุงู„ْู…ُุณْุชَุดْูَู‰*
*๐Ÿ”น Terjemahan :*
_"Hamid dan Mahmud, keduanya, telah menjenguk teman mereka berdua di rumah sakit itu."_

▪ ุนَุงุฏَ — Fi'il Madhi
▪ ุญَุงู…ِุฏٌ — Fa'il
▪ ูˆَ — huruf 'athof
▪ ู…َุญْู…ُูˆْุฏٌ — ma'thuf
▪ ุฒَู…ِูŠْู„َ — Maf'ul bih (mudhof)
▪ ู‡ُู…َุง — mudhof ilaih
▪ ูƒِู„َุงู‡ُู…َุง — taukid
๐ŸŽ kata ูƒِู„َุงู‡ُู…َุง bisa dirinci lagi menjadi :
● ูƒِู„َุง --- taukid (mudhof)
● ู‡ُู…َุง --- mudhof ilaih
▪ ูِูŠ — huruf jar
▪ ุฐٰู„ِูƒَ — isim isyarah (isim majrur)
▪ ุงู„ْู…ُุณْุชَุดْูَู‰ — badal utk isim majrur

➖➖➖✨๐Ÿ”น๐Ÿ’Ž๐Ÿ”น✨➖➖➖

*3⃣ ุญَูِุธَ ุทَู„ْุญَุฉُ ุงู„ْู‚ُุฑْุขู†َ ู†ِุตْูَู‡ُ*
*๐Ÿ”น Terjemahan :*
Tolhah telah menghafal al-Qur'an separuhnya

ุญَูِุธَ :
fiil madhi
๐Ÿ—žุทَู„ْุญَุฉُ :
fail
๐Ÿ—žุงู„ْู‚ُุฑْุขู†َ :
maf'ul bih
๐Ÿ—žู†ِุตْูَู‡ُ :
Badal

๐ŸŽ kata ู†ِุตْูَู‡ُ bisa dirinci lagi menjadi :
● ู†ِุตْูَ --- badal (mudhof)
● ู‡ُ ---  mudhof ilaih

➖➖➖✨๐Ÿ”น๐Ÿ’Ž๐Ÿ”น✨➖➖➖

*4⃣  ู‚َุฑَุฃَ ุฌَุนْูَุฑٌ ุงู„ุทَّุงู„ِุจُ ุตَูْุญَุงุชِ ุงู„ูƒِุชَุงุจِ ุฃَุฌْู…َุนَู‡َุง*
*๐Ÿ”น Terjemahan :*
Ja'far si pelajar telah membaca halaman-halaman buku itu semuanya

๐ŸŒพ ู‚َุฑَุฃ :
 fi'il madhi
๐ŸŒพุฌَุนْูَุฑٌ :
fa'il
 ๐ŸŒพุงู„ุทَّุงู„ِุจُ :
badal
๐ŸŒพุตَูْุญَุงุชِ :
maf'ul bih/mudhaf
๐ŸŒพุงู„ูƒِุชَุงุจِ :
Mudhaf ilaih
๐ŸŒพุฃَุฌْู…َุนَู‡َุง :
Taukid

๐ŸŽ kata ุฃَุฌْู…َุนَู‡ุง bisa dirinci lagi menjadi :
● ุฃَุฌْู…َุนَ --- taukid (mudhof)
● ู‡َุง --- mudhof ilaih


➖➖➖✨๐Ÿ”น๐Ÿ’Ž๐Ÿ”น✨➖➖➖

No comments:

Post a Comment