Guru Tahfidz Al-Quran harus punya prinsip dasar dalam mengajar, yaitu:
1. Hadir tepat waktu.
2. Menjadi teladan dalam segala aspek, seperti cara duduk dan berpakaian.
3. Memastikan bahwa semua anak didiknya duduk penuh adab dan menghafal dengan serius, dan menegur mereka ketika kehilangan konsentrasi.
4. Menandai bacaan anak yang salah berupa Huruf, Harakat, Mad, dan Tasydid.
5. Mengoreksi bacaan yang salah dan mengulangnya minimal 3x.
6. Menggunakan Mushaf cetakan negara 'Timur Tengah' untuk mensejajarkan masalah Waqaf dan Ibtida'.
7. Memotivasi anak didik untuk konsisten dalam setoran, dan banyak meluangkan waktu di luar jam Tahfidz untuk persiapan.
"Guru yang dianggap 'killer' adalah mitos bagi orang-orang pemalas dan tidak beradab."
Guru harus mengetahui potensi kecerdasan anak..
Jadi anak didik tidak di samakan..
Misal sehari harus setor hafalan baru.. Satu muka..
Maka.. Tidak semua orang mampu menyetor satu muka.. Ada yang dua baris.. Ada yang 5 baris dll..
Klo di paksakan semua.. Dampaknya meskipun bisa..
Lama kelamaan akan jenuh dan putus asa.. Seterusnya akan menumbuhkan kebencian terhadap pengampu/guru tersebut..
Yg penting lakukan dengan istiqomah
Rumah Tahfidz, Belajar Tahsin dan Tajwid Al Qur'an, Kajian Ilmu syar'i Hub: Diana Gasim (Ummu Achmad ) 085312837788)
Thursday, March 26, 2020
Postingan kali ini melanjutkan tulisan kami sebelumnya seputar Qiroat dalam Tafsir Ibnu Katsir. Kali ini kami akan membeberkan beberapa fakta lain yg menguatkan bahwa Tafsir Ibnu Katsir dibangun diatas Qiroat Abu 'Amr Al Bashri.
* Ucapan Ibnul Jazari rohimahulloh
Sudah merupakan hal yg masyhur bahwa Ibnul Jazari rohimahulloh sempat berguru kepada ulana tafsir satu ini. Bahkan beliau memberikan izin kepada Ibnul Jazari untuk memberikan fatwa saat masih berumur 21 tahun. Dari fakta diatas jelas bahwa keduanya merupakan ulama yg hidup di zaman yg sama.
Dalam salah satu kitabnya, Ibnul Jazari rohimahulloh menjelaskan bahwa sebelum mulai mempelajari berbagai Qiroat dengan menghafal matan Syatibiyah, beliau terlebih dahulu talaqqi Al-Quran dengan Qiroat Abu Amr Al Bashri. Hal ini tentu menjadi bukti kuat bahwa Qiroat tersebutlah yg masyhur saat itu. Sebab tahapan pertama dalam mempelajari ilmu qiroat adalah menghafalkan Al-Quran dengan qiroat yg masyhur di negrinya.
Kemudian dalam kitab Ghoyah An Nihayah, sang muallif dengan tegas mengatakan: "Qiroat yg digunakan oleh kaum muslimin saat ini baik di Syam, Hijaz, Yaman hingga Mesir adalah Qiroat Abu 'Amr. Oleh sebab itu, hampir tidak ada pengajar Al-Quran kecuali menggunakan qiroat tersebut."
* Murid Ibnul Jazari
Salah satu murid Ibnul Jazari rohimahulloh yg bernama Ibrohim bin Abdurrohman Al Kholili (wafat 893 H) berkesempatan mensyarah matan jazariyah karya sang guru.
Satu hal yg unik, saat memberikan contoh dalam syarahnya, beliau justru menggunakan Qiroat Abu 'Amr Al Bashri. Seperti pada lafadz:
ولا تصاعر خدك للناس
yg merupakan Qiroat Nafi', Abu 'Amr, Hamzah & Kisai.
Begitu pula pada lafadz:
ورجلا سالما
yg merupakan Qiroat Ibnu Katsir & Abu' Amr.
Dengan menggabungkan kedua contoh diatas, cukup jelas bahwa Qiroat yg digunakan adalah Qiroat Abu 'Amr Al Bashri.
* Syaikh Ali Adh Dhobba' rohimahulloh
Ulama yg pernah memegang jabatan sebagai orang nomor satu di Mesir dalam bidang Qiroat ini pernah menyampaikan dalam salah satu kitabnya bahwa Qiroat Abu 'Amr merupakan Qiroat yg masyhur di Mesir hingga abad 12 hijriyah.
wallahu a' lam.
========
Referensi:
Ghoyah An Nihayah, Ibnul Jazari
Hujjah, IbnunZanjalah
Jami Al Asanid, Ibnul Jazari
Tuhfatul Murid limuqoddimah ilmit tajwid, Ibrohim Al Kholili
* Ucapan Ibnul Jazari rohimahulloh
Sudah merupakan hal yg masyhur bahwa Ibnul Jazari rohimahulloh sempat berguru kepada ulana tafsir satu ini. Bahkan beliau memberikan izin kepada Ibnul Jazari untuk memberikan fatwa saat masih berumur 21 tahun. Dari fakta diatas jelas bahwa keduanya merupakan ulama yg hidup di zaman yg sama.
Dalam salah satu kitabnya, Ibnul Jazari rohimahulloh menjelaskan bahwa sebelum mulai mempelajari berbagai Qiroat dengan menghafal matan Syatibiyah, beliau terlebih dahulu talaqqi Al-Quran dengan Qiroat Abu Amr Al Bashri. Hal ini tentu menjadi bukti kuat bahwa Qiroat tersebutlah yg masyhur saat itu. Sebab tahapan pertama dalam mempelajari ilmu qiroat adalah menghafalkan Al-Quran dengan qiroat yg masyhur di negrinya.
Kemudian dalam kitab Ghoyah An Nihayah, sang muallif dengan tegas mengatakan: "Qiroat yg digunakan oleh kaum muslimin saat ini baik di Syam, Hijaz, Yaman hingga Mesir adalah Qiroat Abu 'Amr. Oleh sebab itu, hampir tidak ada pengajar Al-Quran kecuali menggunakan qiroat tersebut."
* Murid Ibnul Jazari
Salah satu murid Ibnul Jazari rohimahulloh yg bernama Ibrohim bin Abdurrohman Al Kholili (wafat 893 H) berkesempatan mensyarah matan jazariyah karya sang guru.
Satu hal yg unik, saat memberikan contoh dalam syarahnya, beliau justru menggunakan Qiroat Abu 'Amr Al Bashri. Seperti pada lafadz:
ولا تصاعر خدك للناس
yg merupakan Qiroat Nafi', Abu 'Amr, Hamzah & Kisai.
Begitu pula pada lafadz:
ورجلا سالما
yg merupakan Qiroat Ibnu Katsir & Abu' Amr.
Dengan menggabungkan kedua contoh diatas, cukup jelas bahwa Qiroat yg digunakan adalah Qiroat Abu 'Amr Al Bashri.
* Syaikh Ali Adh Dhobba' rohimahulloh
Ulama yg pernah memegang jabatan sebagai orang nomor satu di Mesir dalam bidang Qiroat ini pernah menyampaikan dalam salah satu kitabnya bahwa Qiroat Abu 'Amr merupakan Qiroat yg masyhur di Mesir hingga abad 12 hijriyah.
wallahu a' lam.
========
Referensi:
Ghoyah An Nihayah, Ibnul Jazari
Hujjah, IbnunZanjalah
Jami Al Asanid, Ibnul Jazari
Tuhfatul Murid limuqoddimah ilmit tajwid, Ibrohim Al Kholili
::Fakta ke-3, Huruf Hijaiyyah Berjumlah 35??::
Jika seseorang bertanya berapa jumlah huruf hijaiyyah, kira-kira apa jawaban anda?
Mungkin anda akan menjawab 28, sebuah jumlah yg sudah cukup masyhur. Terlebih jika mengacu pada matan Tuhatul Athfal karya Syaikh Sulaiman Al Jamzuri hafidhohulloh.
Pada pembahasan seputar Lam Syamsiyah dan Qomariyah, beliau sebutkan dengan tegas bahwa masing2 dari keduanya berjumlah 14. Sehingga total huruf hijaiyyah adalah 28.
قبل (أربع مع عشرة) خذ علمه
من ابغ حجك وخف عقيمه
ثانيهما إدغامها في (أربع
وعشرة) أيضا ورمزها فع
Namun disisi lain sebagian ulama mengatakan bahwa jumlah huruf hijaiyyah adalah 29. Mengapa demikian?
Sebab mereka memasukkan huruf alif dalam jajaran jumlah huruf hijaiyyah. Urutannya sendiri sering diletakkan sebelum huruf ya pada susunan yg kita kenal saat ini. Sehingga menjadi:
..... ك، ل، م، ن، هـ، و، لا، ي.
Alasan penambahan huruf alif ini sejatinua cukup jelas, yaitu karena huruf alif memiliki makhroj yg berbeda dengan huruf hamzah, sehingga ia harus dibedakan.
Adapun alasan ia ditulis lam alif (لا) dan bukan alif saja, sebab huruf alif tidak bisa berdiri sendiri, ia membutuhkan huruf lain sebelumnya yg berharokat fathah agar bisa terbaca.
Namun tahukah anda bahwa sebagian kalangan beranggapan bahwa jumlah huruf hijaiyyah itu bukan 28 ataupun 29, akan tetapi justru 35 huruf. Kok bisa??
Ternyata mereka menambahkan beberapa huruf lain, yaitu:
* Huruf ke-30: Nun Mukhfah
Alias nun sukun atau tanwin yg berubah menjadi ikhfa, seperti pada kalimat:
مِن قبل - كرامًا كاتبين
Jika kita perhatikan dengan seksama, antara makhroj nun ikhfa dan nun biasa baik yg berharokat ataupun sukun namun setelahnya huruf idzhar, maka keduanya memang berbeda.
* Huruf ke-31: Alif Mumalah
Yaitu alif yg dibaca dengan imalah, seperti lafadz (مَجْرَىٰهَا) dalam riwayat Hafs. Begitu pula lafadz (والضحى) dan semisalnya pada Qiroat Hamzah dan Kisai.
Jika kita cermati, alif mumalah pun jelas berbeda dengan alif biasa. Sebab alif biasa selalu dibaca fathah, namun alif mumalah dibaca antara fathah dan kasroh, atau dalam bahasa indonesia biasa dibaca "e".
Sebagai tambahan, kabilah arab yg masyhur dengan pengucapan imalah dalam percakapan sehari-hari adalah Bani Tamim.
* Huruf ke-32: Alif Mufakhom
Seperti pada lafadzul jalalah (الله). Begitu pula pada lafadz (الصلوة) (مصلى) dan semisalnya dalam riwayat Warsy.
* Huruf ke-33: Huruf Shod yg Isymam
Isymam pada huruf shod sendiri maksudnya ialah menggabungkan antara pengucapan huruf shod dan Zay. Seperti pada lafadz (ُصراط، أصْدَق).
Pengucapan huruf ini sendiri biasa di jumpai dalam Qiroat Hamzah, begitu pula Qiroat Kisai dalam keadaan tertentu.
Adapun bangsa arab yg terkenal dengan pengucapan ini adalah Kabilah Qois.
* Huruf ke-34: Hamzah Musahhalah
Contoh mudahnya dalam riwayat hafs terdapat pada hamzah kedua di lafadz (أأعجمي) di surat Fushshilat ayat 41.
وَلَوۡ جَعَلۡنَـٰهُ قُرۡءَانًا أَعۡجَمِیࣰّا لَّقَالُوا۟ لَوۡلَا فُصِّلَتۡ ءَایَـٰتُهُۥۤۖ ءَا۬عۡجَمِیࣱّ وَعَرَبِیࣱّۗ .
Cara pengucapannya sendiri ialah antara hamzah dan alif. Sehingga ia bukaan hamzah dan bukan juga alif, namun antara keduanya.
Sudahkah anda membacanya dengan benar?
* Huruf ke-35: Huruf antara Syin dan Jim
Pengucapan huruf ini sendiri tidak kita dapati dalam Al-Quran. Hanya saja sebagian bangsa arab biasa mengucapkannya.
Satu fakta terakhir, sebagian kalangan bahkan menambahkan 7 huruf lain, sehingga total huruf hijaiyyah menjadi 42 huruf.
Lantas manakah yg benar?
Jawabannya semuanya benar, hanya saja antara satu dengan yg lain melihat dari sudut pandang yg berbeda.
Semoga Allah Subhanahu wa taala memudahkan kita untuk istiqomah dalam mempelajari ilmu agamanya. Amiin.
Wallahu a'lam.
=======
Referensi:
Ar riayah, Makki bin Abi Tholib
Al Bahrul Muhith, Abu Hayyan
Jika seseorang bertanya berapa jumlah huruf hijaiyyah, kira-kira apa jawaban anda?
Mungkin anda akan menjawab 28, sebuah jumlah yg sudah cukup masyhur. Terlebih jika mengacu pada matan Tuhatul Athfal karya Syaikh Sulaiman Al Jamzuri hafidhohulloh.
Pada pembahasan seputar Lam Syamsiyah dan Qomariyah, beliau sebutkan dengan tegas bahwa masing2 dari keduanya berjumlah 14. Sehingga total huruf hijaiyyah adalah 28.
قبل (أربع مع عشرة) خذ علمه
من ابغ حجك وخف عقيمه
ثانيهما إدغامها في (أربع
وعشرة) أيضا ورمزها فع
Namun disisi lain sebagian ulama mengatakan bahwa jumlah huruf hijaiyyah adalah 29. Mengapa demikian?
Sebab mereka memasukkan huruf alif dalam jajaran jumlah huruf hijaiyyah. Urutannya sendiri sering diletakkan sebelum huruf ya pada susunan yg kita kenal saat ini. Sehingga menjadi:
..... ك، ل، م، ن، هـ، و، لا، ي.
Alasan penambahan huruf alif ini sejatinua cukup jelas, yaitu karena huruf alif memiliki makhroj yg berbeda dengan huruf hamzah, sehingga ia harus dibedakan.
Adapun alasan ia ditulis lam alif (لا) dan bukan alif saja, sebab huruf alif tidak bisa berdiri sendiri, ia membutuhkan huruf lain sebelumnya yg berharokat fathah agar bisa terbaca.
Namun tahukah anda bahwa sebagian kalangan beranggapan bahwa jumlah huruf hijaiyyah itu bukan 28 ataupun 29, akan tetapi justru 35 huruf. Kok bisa??
Ternyata mereka menambahkan beberapa huruf lain, yaitu:
* Huruf ke-30: Nun Mukhfah
Alias nun sukun atau tanwin yg berubah menjadi ikhfa, seperti pada kalimat:
مِن قبل - كرامًا كاتبين
Jika kita perhatikan dengan seksama, antara makhroj nun ikhfa dan nun biasa baik yg berharokat ataupun sukun namun setelahnya huruf idzhar, maka keduanya memang berbeda.
* Huruf ke-31: Alif Mumalah
Yaitu alif yg dibaca dengan imalah, seperti lafadz (مَجْرَىٰهَا) dalam riwayat Hafs. Begitu pula lafadz (والضحى) dan semisalnya pada Qiroat Hamzah dan Kisai.
Jika kita cermati, alif mumalah pun jelas berbeda dengan alif biasa. Sebab alif biasa selalu dibaca fathah, namun alif mumalah dibaca antara fathah dan kasroh, atau dalam bahasa indonesia biasa dibaca "e".
Sebagai tambahan, kabilah arab yg masyhur dengan pengucapan imalah dalam percakapan sehari-hari adalah Bani Tamim.
* Huruf ke-32: Alif Mufakhom
Seperti pada lafadzul jalalah (الله). Begitu pula pada lafadz (الصلوة) (مصلى) dan semisalnya dalam riwayat Warsy.
* Huruf ke-33: Huruf Shod yg Isymam
Isymam pada huruf shod sendiri maksudnya ialah menggabungkan antara pengucapan huruf shod dan Zay. Seperti pada lafadz (ُصراط، أصْدَق).
Pengucapan huruf ini sendiri biasa di jumpai dalam Qiroat Hamzah, begitu pula Qiroat Kisai dalam keadaan tertentu.
Adapun bangsa arab yg terkenal dengan pengucapan ini adalah Kabilah Qois.
* Huruf ke-34: Hamzah Musahhalah
Contoh mudahnya dalam riwayat hafs terdapat pada hamzah kedua di lafadz (أأعجمي) di surat Fushshilat ayat 41.
وَلَوۡ جَعَلۡنَـٰهُ قُرۡءَانًا أَعۡجَمِیࣰّا لَّقَالُوا۟ لَوۡلَا فُصِّلَتۡ ءَایَـٰتُهُۥۤۖ ءَا۬عۡجَمِیࣱّ وَعَرَبِیࣱّۗ .
Cara pengucapannya sendiri ialah antara hamzah dan alif. Sehingga ia bukaan hamzah dan bukan juga alif, namun antara keduanya.
Sudahkah anda membacanya dengan benar?
* Huruf ke-35: Huruf antara Syin dan Jim
Pengucapan huruf ini sendiri tidak kita dapati dalam Al-Quran. Hanya saja sebagian bangsa arab biasa mengucapkannya.
Satu fakta terakhir, sebagian kalangan bahkan menambahkan 7 huruf lain, sehingga total huruf hijaiyyah menjadi 42 huruf.
Lantas manakah yg benar?
Jawabannya semuanya benar, hanya saja antara satu dengan yg lain melihat dari sudut pandang yg berbeda.
Semoga Allah Subhanahu wa taala memudahkan kita untuk istiqomah dalam mempelajari ilmu agamanya. Amiin.
Wallahu a'lam.
=======
Referensi:
Ar riayah, Makki bin Abi Tholib
Al Bahrul Muhith, Abu Hayyan
Video materi jazariyah ilmu tajwid
🎥 *TAUTAN-TAUTAN UNTUK STREAMING VIDEO SAAT DAUROH* 📡
📚 Dauroh Ilmu Tajwid Bersanad dan Talaqqi Al-Qur'an
Bersama Syaikh Hisyam Abdul Baari Muhammad Rajih Al Mishri حفظه تعالى
🕌 *MASJID JAMI' ALIYAH KARAWANG - JAWA BARAT*
Kamis-Sabtu, 12-14 Maret 2020
📓HARI I - SESI KE-1️⃣ (Pembukaan dan Syarah)
https://www.youtube.com/watch?v=-LmnpvnM6jg&t=35s
📔HARI I - SESI KE-2️⃣ (Syarah)
https://www.youtube.com/watch?v=5NXU90wmvdE
📒HARI I - SESI KE-3️⃣ (Syarah)
https://www.youtube.com/watch?v=dJMElO4ZSIA
🎙️HARI I - SESI KE-4️⃣ (Talaqqi)
https://www.youtube.com/watch?v=GcmPwZIFsc4
📕HARI II - SESI KE-1️⃣ (Syarah)
https://www.youtube.com/watch?v=c4BkBa_vpv4
📙HARI II - SESI KE-2️⃣ (Syarah)
https://www.youtube.com/watch?v=bJO6A1WhxGI
📗HARI II - SESI KE-3️⃣ (Syarah dan Talaqqi)
https://www.youtube.com/watch?v=uvfjHcwP290
📕HARI III - SESI KE-1️⃣ (Syarah)
https://www.youtube.com/watch?v=jmubQ1NmVRE
📙HARI III - SESI KE-2️⃣ (Syarah)
https://www.youtube.com/watch?v=6IELdk2VcyA
📗HARI III - SESI KE-3️⃣ (Syarah dan Ikhtitam)
-
Kami persilahkan Khususnya bagi para peserta bisa menyaksikannya kembali dalam Rangka Muraja'ah Materi. Umumnya bagi seluruhnya.
File berupa Video (MP4) akan kami share pada Penyimpanan GoogleDrive (Link Menyusul)
Mohon maaf apabila ada rekaman yang Kualitas Gambar/Suaranya buruk.
Atas perhatiannya kami ucapkan *Jazakumullahu Khairan*
🔸🔸🔸🔸🔸🔸🔸🔸🔸🔸🔸
_Panitia Daurah Ilmu Tajwid Bersanad Bersama Syaikh Hisyam Abdul Baari Rajih Al Mishri_
🎥 *TAUTAN-TAUTAN UNTUK STREAMING VIDEO SAAT DAUROH* 📡
📚 Dauroh Ilmu Tajwid Bersanad dan Talaqqi Al-Qur'an
Bersama Syaikh Hisyam Abdul Baari Muhammad Rajih Al Mishri حفظه تعالى
🕌 *MASJID JAMI' ALIYAH KARAWANG - JAWA BARAT*
Kamis-Sabtu, 12-14 Maret 2020
📓HARI I - SESI KE-1️⃣ (Pembukaan dan Syarah)
https://www.youtube.com/watch?v=-LmnpvnM6jg&t=35s
📔HARI I - SESI KE-2️⃣ (Syarah)
https://www.youtube.com/watch?v=5NXU90wmvdE
📒HARI I - SESI KE-3️⃣ (Syarah)
https://www.youtube.com/watch?v=dJMElO4ZSIA
🎙️HARI I - SESI KE-4️⃣ (Talaqqi)
https://www.youtube.com/watch?v=GcmPwZIFsc4
📕HARI II - SESI KE-1️⃣ (Syarah)
https://www.youtube.com/watch?v=c4BkBa_vpv4
📙HARI II - SESI KE-2️⃣ (Syarah)
https://www.youtube.com/watch?v=bJO6A1WhxGI
📗HARI II - SESI KE-3️⃣ (Syarah dan Talaqqi)
https://www.youtube.com/watch?v=uvfjHcwP290
📕HARI III - SESI KE-1️⃣ (Syarah)
https://www.youtube.com/watch?v=jmubQ1NmVRE
📙HARI III - SESI KE-2️⃣ (Syarah)
https://www.youtube.com/watch?v=6IELdk2VcyA
📗HARI III - SESI KE-3️⃣ (Syarah dan Ikhtitam)
-
Kami persilahkan Khususnya bagi para peserta bisa menyaksikannya kembali dalam Rangka Muraja'ah Materi. Umumnya bagi seluruhnya.
File berupa Video (MP4) akan kami share pada Penyimpanan GoogleDrive (Link Menyusul)
Mohon maaf apabila ada rekaman yang Kualitas Gambar/Suaranya buruk.
Atas perhatiannya kami ucapkan *Jazakumullahu Khairan*
🔸🔸🔸🔸🔸🔸🔸🔸🔸🔸🔸
_Panitia Daurah Ilmu Tajwid Bersanad Bersama Syaikh Hisyam Abdul Baari Rajih Al Mishri_
Jangan Iri, dengki dan hasad kpd ahli ilmu
Terkadang ada dari teman-teman FB melihat seoarang pengajar sering live di FB saat mengajar , tidak jarang di hati mereka yang melihat memiliki sangkaan orang tersebut pamer dan Riya' ...
Ya akhi ....
Tidak ada yang mengetahui isi hati seseorang kecuali Alloh
Jika anda tidak mengetahui isi hati maka jauhkanlah diri dan hati anda dari Rasa hasad terhadap orang yang berusaha membagi kebaikan ...
Saya banyak temui orang yang merasa demikian ...
Mungkin kita termasuk salah satu dari orang tersebut ...
نسأل الله أن يرزقنا العلم النافع والعمل الصالح
Terkadang ada dari teman-teman FB melihat seoarang pengajar sering live di FB saat mengajar , tidak jarang di hati mereka yang melihat memiliki sangkaan orang tersebut pamer dan Riya' ...
Ya akhi ....
Tidak ada yang mengetahui isi hati seseorang kecuali Alloh
Jika anda tidak mengetahui isi hati maka jauhkanlah diri dan hati anda dari Rasa hasad terhadap orang yang berusaha membagi kebaikan ...
Saya banyak temui orang yang merasa demikian ...
Mungkin kita termasuk salah satu dari orang tersebut ...
نسأل الله أن يرزقنا العلم النافع والعمل الصالح
Materi seputar tajwid
📌 Ada 4 hal yang harus dipelajari dalam Al-Qur'an:
1). Makharijul Huruf: Tempat keluar huruf hijaiyah.
2). Sifatul Huruf: Sifat-sifat huruf.
3) Itmamul Harokat ( kesempurnaan harokat seperti kasroh dengan menurunkan rahang, fathah dengan membuka mulut, dhommah dengan memonyongkan kedua bibir)
4). Ahkamut Tajwid: Hukum-hukum tajwid.
5). Riyadhotul Lisan: Pembiasaan/pengulangan untuk mengucapkan pengucapan yang benar.
Jika seseorang memperbanyak pengulangan/latihan, maka akan sempurna pengucapan hurufnya tanpa 'Takalluf' dan akan ringan, mudah serta lembut ketika membaca Al-Qur'an tanpa 'Ta'assuf'_
👤 *Ustadz Walid Abdirrahman حفظه الله تعالى (murid Syaikh Dr. Abdul Karim Silmi Al-Jazairy, MA. حفظه الله تعالى*
📌 Yang termasuk Takalluf dan Ta'assuf (berlebih lebihan) :
- Menggetarkan suara.
- Memanjangkan huruf yang bertasydid.
- Memotong huruf-huruf mad.
- Berlebihan ketika membaca ghunnah.
- Membaca huruf Rā dengan dihilangkan getarannya (sifat takrirnya).
Materi seputar tajwid
📢 *KABAR GEMBIRA...*📣
Untuk Aktivis Al-Qur'an, Imam Masjid, Guru dan Pengajar Al-Qur'an, Santri dan Pelajar Al Qur'an, Pengelola Lembaga Al-Qur'an, dan Masyarakat Umum, Para Pecinta Al-Qur'an.
┏🔰♻━━━━━━━━━━━━━━┓
*DAUROH ILMU TAJWID BERSANAD DAN TALAQQI AL QUR'AN*
منظومة المقدمة فيما يجب على قارئ القرآن أن يعلمه لابن الجزري
┗━━━━━━━━━━━━━━♻🔰┛
✍ _"Daurah Intensif Kitab yang Paling Fenomenal dalam Ilmu Tajwid karya Imam Ibnul Jazary, Matan Al Muqaddimah Fiimaa Yajibu 'Alaa Qaarii Al Quraani An Ya'lamah. Atau lebih populer dengan nama Matan Al-Muqoddimah Al-Jazariyyah atau Matan Al Jazariyyah."_
Bersama Muqri'il Qur'an :
👤 *SYAIKH HISYAM BIN 'ABDUL BARI MUHAMMAD RAJIH AL MISHRI .* حفظه الله
_Pemilik Ijazah Sanad Al Qur'an Qiraat al-asyr al-kubra_
Biografi lengkap, kunjungi : http://bit.ly/profilsyaikh-hisyam
•┈┈┈┈••❁🍀☘🍀❁••┈┈┈┈•
🎙️Penerjemah :
*Ustadz Abdur Rohman Fadholi*
(Pimpinan Ma'had Al Imam Adz Dzahabi & Narasumber Talaqqi Ahsan TV)
📋 *DAUROH SYARAH MATAN AL MUQADDIMAH AL JAZARIYYAH*📋
🗓 *Hari Tanggal :*
Hari Kamis s.d. Sabtu, 12-14 Maret 2020
⌚ *Waktu Dauroh :*
08.00 - 18.00 WIB (Full day)
🕌 *Tempat Dauroh :*
MASJID JAMI' ALIYAH KARAWANG-JAWA BARAT
Map : https://goo.gl/kKHAa9
⏰ *Waktu Pendaftaran :*
08 Februari -08 Maret 2020
_Pendaftaran akan ditutup jika sudah memenuhi kuota._
👥 *Kuota Peserta :*
Maksimal 250 Orang
📚 *Kitab Rujukan :*
*ad-Duror as-Sakandariyyah fii asy-Syarh al-Jazariyyah*
_Karya Asy-Syaikh Hisyam bin Abdul Baari حفظه الله_
Syarah dari :
( متن المقدمة فيما يجب على قارئ القرآن أن يعلمه)
Pengarang :
أبو الخير شمس الدين محمد بن محمد ابن الجزري الدمشقي الشافعي
Berisi 107 bait Syair Bahr Rojaz (ditambah 2 bait tambahan) materi Ilmu Tajwid, Mengenai Hal-hal yang wajib diketahui oleh para Pembaca Al Quran.
📋 *MATERI :*
1⃣ Makharijul Huruf
2⃣ Shifatul Huruf
3⃣ Ilmu Tajwid
4⃣ Tanbihat seputar Tafkhim dan Tarqiq
5⃣ Hukum Pada Huruf Ra dan Lam
6⃣ Mutamatsilan, Mutajanisan dan Mutaqariban
7⃣ Huruf Dhad dan Zha
8⃣ Hukum Mim Bertasydid, Mim Sakinah dan Nun Sakinah dan Tanwin
9⃣ Hukum Mad dan Qashr
🔟 Waqaf dan Ibtida'
1️⃣1️⃣ Materi yang berkaitan dengan Rasm Mushaf (Maqthu', Maushul, Huruf Taa)
1⃣2️⃣ Hamzah Washal dan Waqaf pada akhir Kalimat serta materi penting lainnya
📒 *AGENDA:*
📌 Syarah/Penjelasan Matan Al Muqaddimah Al Jazariyyah
🔖Pembahasan kaidah-kaidah Ilmu Tajwid yang shahih
🔈 Talaqqi Al-Qur'an riwayat Hafsh 'an 'Aashim min thariq Asy Syathibiyyah
📎Pemberian Ijazah Sanad Matan Al Muqaddimah Al Jazariyyah
🏷️ *SYARAT PESERTA*
▪️Ikhwan/Akhawat
▪️Usia minimal 15 tahun
▪️Siap mengikuti Daurah dengan baik
🎛 *Fasilitas Dasar :*
▫Ilmu Bermanfaat
▫ Modul Daurah (Syarah Matan Al Jazariyyah)
▫Seminar Kit (ID, Goodybag, notebook dan alat tulis)
▫️Makan Siang
▫Snack/Coffe Break pagi dan sore
▫Ijazah Sanad Kitab
▫Sertifikat
💰 *Infaq Fasilitas dan Manfaat :*
*Pilihan Fasilitas 🅰️ :*
(Menginap dan Penginapan difasilitasi Panitia, termasuk Antar Jemput dan Sarapan)
Infaq : Rp 500.000, + tambahan Rp. 300.000,-/malam
*Pilihan Fasilitas 🅱️ :*
(Peserta *Tidak Menginap*) :
Infaq : Rp 500.000,-
🏘 *Penginapan :*
Bagi Peserta dari Luar Kota kami memfasilitasi Penginapan di *Brits Hotel Karawang*
Jl. Tarumanegara Kav. 8, Jl. Akses Tol Karawang Bar. No.I, Sukamakmur, Kec. Telukjambe Tim., Kabupaten Karawang
Map: https://maps.app.goo.gl/L7nFvLpbB8BdE3ASA
•┈┈┈┈••❁🍀☘🍀❁••┈┈┈┈•
📲 *Panduan Pendaftaran Online :*
🟥1️⃣ Mengisi Formulir Registrasi Online : bit.ly/DaurohAliyah
🟧2️⃣ Melakukan Pembayaran 🏦💳
🟨3️⃣Konfirmasi Pembayaran dan Upload Bukti Pembayaran : bit.ly/InfaqDauroh
🟩4️⃣Dimasukkan ke Grup WA Peserta Terdaftar
💳 *Pembayaran Via :*
Bank BNI Syariah (kode bank 009)
No. Rek : 099.1122.351
a.n. *Aliyah*
📲 *CONTACT PERSON* ❔(Informasi WhatsApp Only)
CP Ikhwan : 081282792777
bit.ly/CPDaurohIkhwan1
CP Akhwat : 081388676666
bit.ly/CPDaurohAkhwat2
📞Info Lokasi, Rute, Transportasi & lainnya:
bit.ly/InfoDauroh1
💠 *Penyelenggara :*
🔸Yayasan Aliyah
🔸Masjid Jami' Aliyah Karawang
🔸Program Tahsin dan Tahfizh Al Quran Masjid Aliyah
🔸Ma'had Imam Adz Dzahabi
🔸Markaz Huffazh Indonesia
🔸RQ. Al Khairiyyah
۞۞۞۞۞۞۞۞۞۞۞
📣Mohon bantuannya untuk menyebarkan info ini, semoga menjadi amal sholeh kita. Aamiin📢
📢 *KABAR GEMBIRA...*📣
Untuk Aktivis Al-Qur'an, Imam Masjid, Guru dan Pengajar Al-Qur'an, Santri dan Pelajar Al Qur'an, Pengelola Lembaga Al-Qur'an, dan Masyarakat Umum, Para Pecinta Al-Qur'an.
┏🔰♻━━━━━━━━━━━━━━┓
*DAUROH ILMU TAJWID BERSANAD DAN TALAQQI AL QUR'AN*
منظومة المقدمة فيما يجب على قارئ القرآن أن يعلمه لابن الجزري
┗━━━━━━━━━━━━━━♻🔰┛
✍ _"Daurah Intensif Kitab yang Paling Fenomenal dalam Ilmu Tajwid karya Imam Ibnul Jazary, Matan Al Muqaddimah Fiimaa Yajibu 'Alaa Qaarii Al Quraani An Ya'lamah. Atau lebih populer dengan nama Matan Al-Muqoddimah Al-Jazariyyah atau Matan Al Jazariyyah."_
Bersama Muqri'il Qur'an :
👤 *SYAIKH HISYAM BIN 'ABDUL BARI MUHAMMAD RAJIH AL MISHRI .* حفظه الله
_Pemilik Ijazah Sanad Al Qur'an Qiraat al-asyr al-kubra_
Biografi lengkap, kunjungi : http://bit.ly/profilsyaikh-hisyam
•┈┈┈┈••❁🍀☘🍀❁••┈┈┈┈•
🎙️Penerjemah :
*Ustadz Abdur Rohman Fadholi*
(Pimpinan Ma'had Al Imam Adz Dzahabi & Narasumber Talaqqi Ahsan TV)
📋 *DAUROH SYARAH MATAN AL MUQADDIMAH AL JAZARIYYAH*📋
🗓 *Hari Tanggal :*
Hari Kamis s.d. Sabtu, 12-14 Maret 2020
⌚ *Waktu Dauroh :*
08.00 - 18.00 WIB (Full day)
🕌 *Tempat Dauroh :*
MASJID JAMI' ALIYAH KARAWANG-JAWA BARAT
Map : https://goo.gl/kKHAa9
⏰ *Waktu Pendaftaran :*
08 Februari -08 Maret 2020
_Pendaftaran akan ditutup jika sudah memenuhi kuota._
👥 *Kuota Peserta :*
Maksimal 250 Orang
📚 *Kitab Rujukan :*
*ad-Duror as-Sakandariyyah fii asy-Syarh al-Jazariyyah*
_Karya Asy-Syaikh Hisyam bin Abdul Baari حفظه الله_
Syarah dari :
( متن المقدمة فيما يجب على قارئ القرآن أن يعلمه)
Pengarang :
أبو الخير شمس الدين محمد بن محمد ابن الجزري الدمشقي الشافعي
Berisi 107 bait Syair Bahr Rojaz (ditambah 2 bait tambahan) materi Ilmu Tajwid, Mengenai Hal-hal yang wajib diketahui oleh para Pembaca Al Quran.
📋 *MATERI :*
1⃣ Makharijul Huruf
2⃣ Shifatul Huruf
3⃣ Ilmu Tajwid
4⃣ Tanbihat seputar Tafkhim dan Tarqiq
5⃣ Hukum Pada Huruf Ra dan Lam
6⃣ Mutamatsilan, Mutajanisan dan Mutaqariban
7⃣ Huruf Dhad dan Zha
8⃣ Hukum Mim Bertasydid, Mim Sakinah dan Nun Sakinah dan Tanwin
9⃣ Hukum Mad dan Qashr
🔟 Waqaf dan Ibtida'
1️⃣1️⃣ Materi yang berkaitan dengan Rasm Mushaf (Maqthu', Maushul, Huruf Taa)
1⃣2️⃣ Hamzah Washal dan Waqaf pada akhir Kalimat serta materi penting lainnya
📒 *AGENDA:*
📌 Syarah/Penjelasan Matan Al Muqaddimah Al Jazariyyah
🔖Pembahasan kaidah-kaidah Ilmu Tajwid yang shahih
🔈 Talaqqi Al-Qur'an riwayat Hafsh 'an 'Aashim min thariq Asy Syathibiyyah
📎Pemberian Ijazah Sanad Matan Al Muqaddimah Al Jazariyyah
🏷️ *SYARAT PESERTA*
▪️Ikhwan/Akhawat
▪️Usia minimal 15 tahun
▪️Siap mengikuti Daurah dengan baik
🎛 *Fasilitas Dasar :*
▫Ilmu Bermanfaat
▫ Modul Daurah (Syarah Matan Al Jazariyyah)
▫Seminar Kit (ID, Goodybag, notebook dan alat tulis)
▫️Makan Siang
▫Snack/Coffe Break pagi dan sore
▫Ijazah Sanad Kitab
▫Sertifikat
💰 *Infaq Fasilitas dan Manfaat :*
*Pilihan Fasilitas 🅰️ :*
(Menginap dan Penginapan difasilitasi Panitia, termasuk Antar Jemput dan Sarapan)
Infaq : Rp 500.000, + tambahan Rp. 300.000,-/malam
*Pilihan Fasilitas 🅱️ :*
(Peserta *Tidak Menginap*) :
Infaq : Rp 500.000,-
🏘 *Penginapan :*
Bagi Peserta dari Luar Kota kami memfasilitasi Penginapan di *Brits Hotel Karawang*
Jl. Tarumanegara Kav. 8, Jl. Akses Tol Karawang Bar. No.I, Sukamakmur, Kec. Telukjambe Tim., Kabupaten Karawang
Map: https://maps.app.goo.gl/L7nFvLpbB8BdE3ASA
•┈┈┈┈••❁🍀☘🍀❁••┈┈┈┈•
📲 *Panduan Pendaftaran Online :*
🟥1️⃣ Mengisi Formulir Registrasi Online : bit.ly/DaurohAliyah
🟧2️⃣ Melakukan Pembayaran 🏦💳
🟨3️⃣Konfirmasi Pembayaran dan Upload Bukti Pembayaran : bit.ly/InfaqDauroh
🟩4️⃣Dimasukkan ke Grup WA Peserta Terdaftar
💳 *Pembayaran Via :*
Bank BNI Syariah (kode bank 009)
No. Rek : 099.1122.351
a.n. *Aliyah*
📲 *CONTACT PERSON* ❔(Informasi WhatsApp Only)
CP Ikhwan : 081282792777
bit.ly/CPDaurohIkhwan1
CP Akhwat : 081388676666
bit.ly/CPDaurohAkhwat2
📞Info Lokasi, Rute, Transportasi & lainnya:
bit.ly/InfoDauroh1
💠 *Penyelenggara :*
🔸Yayasan Aliyah
🔸Masjid Jami' Aliyah Karawang
🔸Program Tahsin dan Tahfizh Al Quran Masjid Aliyah
🔸Ma'had Imam Adz Dzahabi
🔸Markaz Huffazh Indonesia
🔸RQ. Al Khairiyyah
۞۞۞۞۞۞۞۞۞۞۞
📣Mohon bantuannya untuk menyebarkan info ini, semoga menjadi amal sholeh kita. Aamiin📢
Materi seputar tajwid
``•••┈┈••••◎◈﷽◈◎••••┈┈•••```
*📢 HADIRILAH!*
*UMUM (Muslimin & Muslimat)*
┏🔰♻━━━━━━━━━┓
*KAJIAN ILMU TAJWID*
┗━━━━━━━━━♻🔰┛
*📗 Kitab:*
*Matn Al Jazariyyah*
_(Al Imam Ibnul Jazariy 751 - 833 H)_
*📝 Bab:*
➖Bab Tajwid
➖Bab Tafkhim Tarqiq
➖Talaqqi Al Ikhlash
*🎙Pemateri:*
*Syaikh Dr. Abdul Karim Silmy Al Jazairy, Lc., M.A. _hafizhahullah_*
*🎙 Penerjemah:*
*Ustadz Abdur Rohman Fadholi _hafizhahullah_*
*🗓 Waktu:*
SABTU
21 Jumadil Akhir 1441
15 Februari 2020
_09.30 - 11.30 WIB_
dan
AHAD
22 Jumadil Akhir 1441
16 Februari 2020
_08.00 - 10.00 WIB_
*🕌 Tempat:*
*Masjid Nuur 'Alaa Nuur*
_Jl. Buwek Jaya No. 2B, Sumber Jaya, Tambun Selatan, Sumberjaya, Kec. Tambun Selatan., Bekasi, Jawa Barat 17510_
https://maps.app.goo.gl/pYmorr5TbSWVvzJSA
*📱CP:*
08881852160
082135530030
*🎁 Terselenggara atas Kerjasama:*
_DKM Nuur 'Alaa Nuur dan Ma'had Al Imam Adz Dzahabi_
•┈┈┈┈••❁🍀☘🍀❁••┈┈┈┈•
``•••┈┈••••◎◈﷽◈◎••••┈┈•••```
*📢 HADIRILAH!*
*UMUM (Muslimin & Muslimat)*
┏🔰♻━━━━━━━━━┓
*KAJIAN ILMU TAJWID*
┗━━━━━━━━━♻🔰┛
*📗 Kitab:*
*Matn Al Jazariyyah*
_(Al Imam Ibnul Jazariy 751 - 833 H)_
*📝 Bab:*
➖Bab Tajwid
➖Bab Tafkhim Tarqiq
➖Talaqqi Al Ikhlash
*🎙Pemateri:*
*Syaikh Dr. Abdul Karim Silmy Al Jazairy, Lc., M.A. _hafizhahullah_*
*🎙 Penerjemah:*
*Ustadz Abdur Rohman Fadholi _hafizhahullah_*
*🗓 Waktu:*
SABTU
21 Jumadil Akhir 1441
15 Februari 2020
_09.30 - 11.30 WIB_
dan
AHAD
22 Jumadil Akhir 1441
16 Februari 2020
_08.00 - 10.00 WIB_
*🕌 Tempat:*
*Masjid Nuur 'Alaa Nuur*
_Jl. Buwek Jaya No. 2B, Sumber Jaya, Tambun Selatan, Sumberjaya, Kec. Tambun Selatan., Bekasi, Jawa Barat 17510_
https://maps.app.goo.gl/pYmorr5TbSWVvzJSA
*📱CP:*
08881852160
082135530030
*🎁 Terselenggara atas Kerjasama:*
_DKM Nuur 'Alaa Nuur dan Ma'had Al Imam Adz Dzahabi_
•┈┈┈┈••❁🍀☘🍀❁••┈┈┈┈•
Itmamul harokat
Tulisan indah Ustadz Abdur Rohman Fadholi (hafizhahullahu ta'ala) tentang itmaamul harokat
*💌 Faidah Tahsin Q.S. Az Zalzalah:*
https://youtu.be/BIlYcwafzq8
Setelah menyimak video di atas dan video saat beliau membaca sendiri kira-kira apa yang ada di pikiran kita?
Mayoritas menjawab: Kok beda sekali ya? Pas tahsin ketat sekali gerak mulutnya, sedangkan pas baca sendiri biasa saja.
Demikianlah ikhwah.
Yang harus kita fahami adalah bahwa lisan Arab dan non Arab itu berbeda.
Kita bisa menyimak bacaan Syaikh Musyari berikut ini bagaimana bacaan yang begitu indah, huruf dan harokatnya sangat jelas padahal mulut tidak banyak bergerak.
Sekarang coba praktikkan dengan gerak mulut yang sama dengan beliau namun hasilnya sama; huruf jelas, harokat jelas, tebal tipis jelas.
Bisakah?!
Sampai sini kami rasa bisa difahami kenapa Syaikh Abdul Karim ketika membaca sendiri dan saat mengoreksi muridnya sangat berbeda.
Ya, karena kita non Arab.
Bacaan akan menjadi tebal semua dan tidak jelas jika cara membaca kita sama dengan cara membaca beliau saat membaca sendiri.
Bedakan antara proses dengan hasil.
Perhatikan bagaimana koreksian beliau pada video di atas.
________________
*📝BEBERAPA KOREKSI:*
Pada video di atas kita bisa melihat bagaimana perhatian beliau pada bab *Tebal Tipis* juga *Itmamul Harakat.*
1⃣ Pada kata زُلۡزِلَتِ peserta membaca *Lam Sukun* masih dalam kondisi *monyong* sehingga Lam menjadi *Tebal.*
Maka Syaikh mempraktikkan dengan *menarik bibir* saat Lam Sukun sehingga Lam tetap *tipis.*
2⃣ Pada kata وَأَخۡرَجَتِ peserta membaca *wawu fathah* dengan *malas membuka* sehingga wawunya menjadi *tebal.*
Syaikh pun mengoreksi dengan cara *membuka mulutnya* sehingga *wawu terbaca tipis* dengan jelas.
3⃣ Pada kata وَقَالَ peserta membaca *lam fathah* dan *wawu fathah* dengan *malas membuka* sehingga lam dan wawunya menjadi *tebal.*
Syaikh pun mengoreksi dengan cara *membuka mulutnya* sehingga *Lam dan wawu terbaca tipis* dengan jelas.
4⃣ Pada kata ٱلۡإِنسَـٰنُ peserta membaca Ghunnah dengan *tebal.*
Syaikh menegur agar membaca dengan *tipis.*
5⃣ Pada kata أَخۡبَارَهَا peserta membaca *Hamzah fathah* dan *Ba´ fathah* dengan *malas membuka* sehingga Hamzah dan Ba´nya menjadi *tebal.*
Syaikh pun mengoreksi dengan cara *membuka mulutnya* sehingga *Hamzah dan Ba´ terbaca tipis* dengan jelas.
6⃣ Pada kata یَصۡدُرُ peserta kurang tebal dalam membaca *shad.*
Syaikh pun mengoreksi dengan mencontohkan ketebalan *Shad* dengan benar.
Begitu pula saat peserta membaca *Dal dhammah* dan *Ra´ dhammah* dengan *tidak sempurna.*
Maka syaikh mencontohkan dengan *memonyongkan kedua bibir* sehingga kedua huruf yang berharakat dhammah tersebut sempurna.
7⃣ Pada kata ذَرَّةࣲ شَرࣰّا peserta membaca Ghunnah dengan *tebal.*
Syaikh menegur agar membaca dengan *tipis.*
Karena ghunnah pada hukum ikhfa dibaca *tipis* jika huruf *setelahnya tipis.* Dan dibaca *tebal* jika huruf *setelahnya tebal.*
Tulisan indah Ustadz Abdur Rohman Fadholi (hafizhahullahu ta'ala) tentang itmaamul harokat
*💌 Faidah Tahsin Q.S. Az Zalzalah:*
https://youtu.be/BIlYcwafzq8
Setelah menyimak video di atas dan video saat beliau membaca sendiri kira-kira apa yang ada di pikiran kita?
Mayoritas menjawab: Kok beda sekali ya? Pas tahsin ketat sekali gerak mulutnya, sedangkan pas baca sendiri biasa saja.
Demikianlah ikhwah.
Yang harus kita fahami adalah bahwa lisan Arab dan non Arab itu berbeda.
Kita bisa menyimak bacaan Syaikh Musyari berikut ini bagaimana bacaan yang begitu indah, huruf dan harokatnya sangat jelas padahal mulut tidak banyak bergerak.
Sekarang coba praktikkan dengan gerak mulut yang sama dengan beliau namun hasilnya sama; huruf jelas, harokat jelas, tebal tipis jelas.
Bisakah?!
Sampai sini kami rasa bisa difahami kenapa Syaikh Abdul Karim ketika membaca sendiri dan saat mengoreksi muridnya sangat berbeda.
Ya, karena kita non Arab.
Bacaan akan menjadi tebal semua dan tidak jelas jika cara membaca kita sama dengan cara membaca beliau saat membaca sendiri.
Bedakan antara proses dengan hasil.
Perhatikan bagaimana koreksian beliau pada video di atas.
________________
*📝BEBERAPA KOREKSI:*
Pada video di atas kita bisa melihat bagaimana perhatian beliau pada bab *Tebal Tipis* juga *Itmamul Harakat.*
1⃣ Pada kata زُلۡزِلَتِ peserta membaca *Lam Sukun* masih dalam kondisi *monyong* sehingga Lam menjadi *Tebal.*
Maka Syaikh mempraktikkan dengan *menarik bibir* saat Lam Sukun sehingga Lam tetap *tipis.*
2⃣ Pada kata وَأَخۡرَجَتِ peserta membaca *wawu fathah* dengan *malas membuka* sehingga wawunya menjadi *tebal.*
Syaikh pun mengoreksi dengan cara *membuka mulutnya* sehingga *wawu terbaca tipis* dengan jelas.
3⃣ Pada kata وَقَالَ peserta membaca *lam fathah* dan *wawu fathah* dengan *malas membuka* sehingga lam dan wawunya menjadi *tebal.*
Syaikh pun mengoreksi dengan cara *membuka mulutnya* sehingga *Lam dan wawu terbaca tipis* dengan jelas.
4⃣ Pada kata ٱلۡإِنسَـٰنُ peserta membaca Ghunnah dengan *tebal.*
Syaikh menegur agar membaca dengan *tipis.*
5⃣ Pada kata أَخۡبَارَهَا peserta membaca *Hamzah fathah* dan *Ba´ fathah* dengan *malas membuka* sehingga Hamzah dan Ba´nya menjadi *tebal.*
Syaikh pun mengoreksi dengan cara *membuka mulutnya* sehingga *Hamzah dan Ba´ terbaca tipis* dengan jelas.
6⃣ Pada kata یَصۡدُرُ peserta kurang tebal dalam membaca *shad.*
Syaikh pun mengoreksi dengan mencontohkan ketebalan *Shad* dengan benar.
Begitu pula saat peserta membaca *Dal dhammah* dan *Ra´ dhammah* dengan *tidak sempurna.*
Maka syaikh mencontohkan dengan *memonyongkan kedua bibir* sehingga kedua huruf yang berharakat dhammah tersebut sempurna.
7⃣ Pada kata ذَرَّةࣲ شَرࣰّا peserta membaca Ghunnah dengan *tebal.*
Syaikh menegur agar membaca dengan *tipis.*
Karena ghunnah pada hukum ikhfa dibaca *tipis* jika huruf *setelahnya tipis.* Dan dibaca *tebal* jika huruf *setelahnya tebal.*
Materi seputar tajwid
Syaikh Abdul Karim Al Jazairy
Ust. Abdur Rohman Fadholi
Urgensi Mempelajari Bacaan Sebelum Menghafal Al-Qur'an
Ma'had Al Imam Adz Dzahabi
Sekretariat :
Perumahan Griya Asri 1 Blok D9 N
RT 05 / RW 29 Desa Sumber Jaya
Tambun Selatan - Bekasi 17510
Indonesia
Selamat Menyaksikan
Barakalohu Fiikum
Syaikh Abdul Karim Al Jazairy
Ust. Abdur Rohman Fadholi
Urgensi Mempelajari Bacaan Sebelum Menghafal Al-Qur'an
Ma'had Al Imam Adz Dzahabi
Sekretariat :
Perumahan Griya Asri 1 Blok D9 N
RT 05 / RW 29 Desa Sumber Jaya
Tambun Selatan - Bekasi 17510
Indonesia
Selamat Menyaksikan
Barakalohu Fiikum
PERTEMUAN KE - 7 (ز)
DAUROH AL-QUR'AN BERSANAD
TALAQQI DAN MUSYAFAHAH
SURAT AL-FATIHAH DAN JUZ 1-3
Imam Ibnu Jazary (833 H) berkata dalam kitab An-Nasyr :
وَلَا أَعْلَمُ سَبَبًا لِبُلُوغِ نِهَايَةِ الْإِتْقَانِ وَالتَّجْوِيدِ، وَوُصُولِ غَايَةِ التَّصْحِيحِ وَالتَّشْدِيدِ، مِثْلَ رِيَاضَةِ الْأَلْسُنِ، وَالتَّكْرَارِ عَلَى اللَّفْظِ الْمُتَلَقَّى مِنْ فَمِ الْمُحْسِنِ
"Sepengetahuan saya, tidak ada cara untuk mencapai puncak kemantaban bacaan dan tajwid serta mencapai puncak pembenaran bacaan, dengan senantiasa melatih lidah dan mengulang lafadz-lafadz yang dipelajari dari mulut seorang guru ahli yang telah menguasai tilawah Al-Qur'an dengan baik."
•┈┈┈┈••❁🍀☘🍀❁••┈┈┈┈•
👤 Pembimbing :
Ust. Muhammad Umar Abdullah, S.Pd.I.
▪Pewaris Sanad Qiro'ah 'Ashim Riwayah Syu'bah dan Hafsh Thoriqoh Asy-Syathibiyyah Generasi ke-29 antara beliau dengan Rasulullah shalallahu alaihi wasallam
▪Pewaris Sanad Matn Tuhfatul Athfal Generasi ke-6 antara beliau dengan Syaikh Al-Mutawalli
▪Pewaris Sanad Matn Al-Muqoddimah Al-Jazariyyah Generasi ke-12 antara beliau dengan Imam Ibnu Jazari
▪Pewaris Sanad Kitab Al-Ikhtishor fii Qowaa'id Dhobt wa Rosm Mashohifil Amshor
▪Pewaris Sanad Kitab Mu'jam Mustholahat fii 'Ilmi al-Qiroo'at al-Qur' aniyyah wama Yata'allaqu bihi
▪3 x Juara 1 MTQ Qiro'ah Sab'ah Kota Bekasi
▪Pewaris Sanad Kitab Mu'jam Mustholahat fii 'Ilmi al-Qiroo'at al-Qur' aniyyah wama Yata'allaqu bihi
📅 Hari Tanggal :
Sabtu, 14 Maret 2020 M /
17 Rajab 1441 H
🕰 Waktu :
13.00 - 15.00 WIB
🏠 Tempat :
MARKAZ RIUNG HUFFAZH
Jl. Raya Kranggan Blok S6 No.10 Kranggan Permai, Kel./Kec. Jatisampurna, Kota Bekasi
📋 Materi :
Juz 3-4
📽 Video Rekaman :
https://www.facebook.com/1514983908818451/videos/568027380454992/
۞۞۞۞۞۞۞۞۞۞۞
DAUROH AL-QUR'AN BERSANAD
TALAQQI DAN MUSYAFAHAH
SURAT AL-FATIHAH DAN JUZ 1-3
Imam Ibnu Jazary (833 H) berkata dalam kitab An-Nasyr :
وَلَا أَعْلَمُ سَبَبًا لِبُلُوغِ نِهَايَةِ الْإِتْقَانِ وَالتَّجْوِيدِ، وَوُصُولِ غَايَةِ التَّصْحِيحِ وَالتَّشْدِيدِ، مِثْلَ رِيَاضَةِ الْأَلْسُنِ، وَالتَّكْرَارِ عَلَى اللَّفْظِ الْمُتَلَقَّى مِنْ فَمِ الْمُحْسِنِ
"Sepengetahuan saya, tidak ada cara untuk mencapai puncak kemantaban bacaan dan tajwid serta mencapai puncak pembenaran bacaan, dengan senantiasa melatih lidah dan mengulang lafadz-lafadz yang dipelajari dari mulut seorang guru ahli yang telah menguasai tilawah Al-Qur'an dengan baik."
•┈┈┈┈••❁🍀☘🍀❁••┈┈┈┈•
👤 Pembimbing :
Ust. Muhammad Umar Abdullah, S.Pd.I.
▪Pewaris Sanad Qiro'ah 'Ashim Riwayah Syu'bah dan Hafsh Thoriqoh Asy-Syathibiyyah Generasi ke-29 antara beliau dengan Rasulullah shalallahu alaihi wasallam
▪Pewaris Sanad Matn Tuhfatul Athfal Generasi ke-6 antara beliau dengan Syaikh Al-Mutawalli
▪Pewaris Sanad Matn Al-Muqoddimah Al-Jazariyyah Generasi ke-12 antara beliau dengan Imam Ibnu Jazari
▪Pewaris Sanad Kitab Al-Ikhtishor fii Qowaa'id Dhobt wa Rosm Mashohifil Amshor
▪Pewaris Sanad Kitab Mu'jam Mustholahat fii 'Ilmi al-Qiroo'at al-Qur' aniyyah wama Yata'allaqu bihi
▪3 x Juara 1 MTQ Qiro'ah Sab'ah Kota Bekasi
▪Pewaris Sanad Kitab Mu'jam Mustholahat fii 'Ilmi al-Qiroo'at al-Qur' aniyyah wama Yata'allaqu bihi
📅 Hari Tanggal :
Sabtu, 14 Maret 2020 M /
17 Rajab 1441 H
🕰 Waktu :
13.00 - 15.00 WIB
🏠 Tempat :
MARKAZ RIUNG HUFFAZH
Jl. Raya Kranggan Blok S6 No.10 Kranggan Permai, Kel./Kec. Jatisampurna, Kota Bekasi
📋 Materi :
Juz 3-4
📽 Video Rekaman :
https://www.facebook.com/1514983908818451/videos/568027380454992/
۞۞۞۞۞۞۞۞۞۞۞
Subscribe to:
Comments (Atom)