Rumah Tahfidz, Belajar Tahsin dan Tajwid Al Qur'an, Kajian Ilmu syar'i Hub: Diana Gasim (Ummu Achmad ) 085312837788)
Friday, September 6, 2019
Hijrahmu belum selesai .....
lhttps://www.instagram.com/tv/B2ER0tKHJx2/?igshid=lv17qmuw4o5n
🖊📚🖊📚🖊📚🖊📚🖊📚
Nabi memberikan perumpamaan tentang Islam itu bagaikan bangunan
Islam itu dibangun atas 5 rukun
Ibarat sebuah bangunan maka fondasinya harus kuat dulu
Jika kita mau hijrah /mau istiqomah maka harus punya fondasi yg kuat :
1. Membahas kitab sampe hatam
2. Belajar adab dan mengamalkannya
3. Belajar iman dan aqidah (adab kepada Allah) dan mengamalkannya
Jika hijrah kita kuat maka seluruh badai kehidupan akan kita hadapi tentunya dg basic yg kuat pula
🌹🍃🌹🍃🌹🍃🌹🍃🌹🍃🌹
*Teknik Observasi bagi pendidikan anak usia dini* Ria Novianti
EDUCHILD. Vol.01 No.1 Tahun 2012 28
Guru yang terlatih melakukan observasi akan memanfaatkan hasil
observasinya untuk memutuskan dan bertindak, sebagaimana yang dapat
dilihat dari contoh berikut:
Titi (Ibu Guru) mengamati Rasya (murid ) yang berusia 4 tahun di hari pertama di
minggu keduanya berada di kelas A. Hari-hari pertama dilalui Rasya
dengan menjerit dan menangis bilamana hendak berpisah dengan
ibunya. Hari ini ia lebih tenang walaupun masih belum mau ikut
dalam aktifitas kelas. Titi mengamati Rasya seringkali
memperhatikan Alika yang ceria dan sudah lebih dahulu mampu
menyesuaikan diri di kelas. Ketika Rasya duduk di lantai sambil
memeluk lututnya, Titi mengajak Rasya bermain clay bersama-sama
dengan Alika. Tak lama keduanya dapat bermain dengan gembira
*Tentunya observasi akan memberi informasi berharga mengenai
anak dan situasinya.*
Seperti contoh di atas, *guru (Titi) menggunakan
informasi yang ia miliki untuk segera mengambil tindakan yang berguna
untuk mengatasi masalah di kelas.*
📌 *Bila guru memiliki keterampilan observasi
yang terbatas maka akan banyak kejadian dan kondisi anak yang tidak
mampu dipahami oleh guru, hal ini akan mengakibatkan munculnya berbagai permasalahan di dalam pembelajaran.*
Selain itu karena sebagian besar di
antara kita memiliki kemampuan mengingat yang terbatas, padahal informasi
yang kita peroleh selama mengobservasi anak sangat berharga, *dengan
demikian guru perlu melakukan pencatatan.*
3. Manfaat yang Diperoleh Guru Melalui Observasi
Menurut Feeniy (2006:134)
melalui observasi guru mengembangkan
berbagai hal, yaitu:
*a. Meningkatkan sensitivitas terhadap anak secara umum, berupa kepekaan
akan wilayah perkembangan anak, juga mempertinggi kepekaan akan
kualitas unik dunia anak. Hal ini memberi guru pemahaman yang lebih
baik dan rasa empati terhadap anak.*
*b. Memperdalam pemahaman terhadap anak secara individual, yaitu
bagaimana mereka berpikir, merasakan, dan memandang dunia, serta minat, kemampuan dan karakteristik respon yang mereka miliki, juga apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan mereka. Hal ini akan berguna
ketika merencanakan kurikulum yang memenuhi kebutuhan anak dan
dalam mengkomunikasi perkembangan anak kepada pihak lain seperti orang tua anak, terapis atau tenaga medis.*
*c. Memahami relasi sosial antara sesama anak juga antara anak dengan
orang dewasa yang ada di sekitarnya. Hal ini memungkinkan guru
memfasilitasi hubungan antar anak di dalam kelas.*
EDUCHILD. Vol.01 No.1 Tahun 2012 28
Guru yang terlatih melakukan observasi akan memanfaatkan hasil
observasinya untuk memutuskan dan bertindak, sebagaimana yang dapat
dilihat dari contoh berikut:
Titi (Ibu Guru) mengamati Rasya (murid ) yang berusia 4 tahun di hari pertama di
minggu keduanya berada di kelas A. Hari-hari pertama dilalui Rasya
dengan menjerit dan menangis bilamana hendak berpisah dengan
ibunya. Hari ini ia lebih tenang walaupun masih belum mau ikut
dalam aktifitas kelas. Titi mengamati Rasya seringkali
memperhatikan Alika yang ceria dan sudah lebih dahulu mampu
menyesuaikan diri di kelas. Ketika Rasya duduk di lantai sambil
memeluk lututnya, Titi mengajak Rasya bermain clay bersama-sama
dengan Alika. Tak lama keduanya dapat bermain dengan gembira
*Tentunya observasi akan memberi informasi berharga mengenai
anak dan situasinya.*
Seperti contoh di atas, *guru (Titi) menggunakan
informasi yang ia miliki untuk segera mengambil tindakan yang berguna
untuk mengatasi masalah di kelas.*
📌 *Bila guru memiliki keterampilan observasi
yang terbatas maka akan banyak kejadian dan kondisi anak yang tidak
mampu dipahami oleh guru, hal ini akan mengakibatkan munculnya berbagai permasalahan di dalam pembelajaran.*
Selain itu karena sebagian besar di
antara kita memiliki kemampuan mengingat yang terbatas, padahal informasi
yang kita peroleh selama mengobservasi anak sangat berharga, *dengan
demikian guru perlu melakukan pencatatan.*
3. Manfaat yang Diperoleh Guru Melalui Observasi
Menurut Feeniy (2006:134)
melalui observasi guru mengembangkan
berbagai hal, yaitu:
*a. Meningkatkan sensitivitas terhadap anak secara umum, berupa kepekaan
akan wilayah perkembangan anak, juga mempertinggi kepekaan akan
kualitas unik dunia anak. Hal ini memberi guru pemahaman yang lebih
baik dan rasa empati terhadap anak.*
*b. Memperdalam pemahaman terhadap anak secara individual, yaitu
bagaimana mereka berpikir, merasakan, dan memandang dunia, serta minat, kemampuan dan karakteristik respon yang mereka miliki, juga apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan mereka. Hal ini akan berguna
ketika merencanakan kurikulum yang memenuhi kebutuhan anak dan
dalam mengkomunikasi perkembangan anak kepada pihak lain seperti orang tua anak, terapis atau tenaga medis.*
*c. Memahami relasi sosial antara sesama anak juga antara anak dengan
orang dewasa yang ada di sekitarnya. Hal ini memungkinkan guru
memfasilitasi hubungan antar anak di dalam kelas.*
Subscribe to:
Comments (Atom)