*๐PEMENANG PEMANASAN ๐*
๐ *Pekan 3*๐
Selamat kepada Ukh *Meutia Larasati* dari kelas *BINREG 11.12 Akhawat* yang telah menjawab pemanasan dengan benar dan indah.
๐๐๐๐๐
*ุจุงุฑู ุงููู ููููุง* ๐
๐๐๐๐๐
๐ฅ๐ฅ *Pemanasan BINA Pekan 3* ๐ฅ๐ฅ
*BINREG 1⃣1⃣*
1⃣Pada pembahasan tentang jumlah fi'liyyah, terdapat istilah jumlah fi'liyyah muta'addiyah. Jelaskan dengan contoh apa yang dimaksud dengan jumlah tersebut !
*Jawab* :
๐
๐ *Jumlah Fi’iliyah Muta’addiyah* ๐
_Adalah_
Susunan kalimah dalam bahasa arab yang menggunakan Fi’il Muta’ady atau Fi’il yang membutuhkan objek.
Objek disini disebut dengan *Maf’ul Bih.*
Sehingga struktur kalimatnya menjadi :
✍๐ป *Fi’il ➕Fa’il ➕ Maf’ul Bih* ✍๐ป
[Predikat (Kata Kerja) ➕Subjek ➕ Objek]
Contoh :
َูุชَุจَุชْ ุนَุฃِุดَุฉُ ุงูุฑِّุณََูุฉَ
_Aisyah Telah Menulis Surat_ ✉๐
๐ฉ Surat / ุงูุฑِّุณََูุฉَ disini, berposisi sebagai Maf’ul bih, karena Menulis/َูุชَุจَ merupakan fi’il muta’ady
2⃣Pada pembahasan sebelumnya, kita juga mengenal istilah jumlah fi'liyyah lazimah, lalu apa perbedaan dari kedua jumlah tersebut ! (Jelaskan dan berikan 3 contoh untuk perbedaan kedua jumlah tersebut !)
*Jawab* :
๐Perbedaan antara *Jumlah Fi’iliyyah Lazimah* dengan *Jumlah Fi’ilyyah Muta’adiyyah* terletak pada keberadaan Maf’ul bih.
✍๐ปDimana pada
๐
ฐ *Jumlah Fi’iliyyah Lazimah* tidak terdapat Maf’ul bih karena fi’il lazim tidak membutuhkan objek,
Namun bisa jadi kalimat tersebut diberi keterangan tambahan, untuk lebih jelasnya dapat dilihat dalam contoh berikut:
๐ ََููุงู
ُ ุจَْูุฑٌ ِْูู ุบُุฑَْูุฉِ َُููู
ٍ - _Bakr sedang tidur di kamar tidur_๐
Kalimat ََููุงู
ُ ุจَْูุฑٌ ِْูู sudah merupakan kalimat sempurna, karena kata َููุงู
ُ merupakan fi’il lazim yang tidak membutuhkan maf’ul bih, namun, boleh diberi keterangan tambahan untuk memperjelas kalimat,
๐ฝ
kata ِْูู ุบُุฑَْูุฉِ َُููู
ٍ disini merupakan keterangan tambahan, bukan maf’ul bih.
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat di contoh lain seperti :
๐ َُْูููู
ُ ุงูู
ُุฏِْูุฑُ ุนََูู ุงูู
ِْูุจَุฑِ - _Pak Kepala Sekolah sedang berdiri diatas mimbar_ ๐
๐ุฐََูุจَ ุนٌَِّูู ุฅَِูู ุงَูู
َุณْุฌِุฏِ - _Ali telah pergi ke Masjid_ ๐
Sedangkan pada
๐
ฑ *Jumlah Fi’iliyyah Muta’addiyah*
Kalimat membutuhkan Maf’ul bih / objek agar dapat menjadi kalimat sempurna.
Contoh :
๐ุฃَََูู ุจَْูุฑٌ ุงَููุญْู
َ - _Bakr telah memakan daging_๐
☕ุชَุดْุฑَุจُ ِْููุฏٌ ุงََْููููุฉَ - _Hindun sedang meminum kopi_ ☕
๐ฅุถَุฑَุจَ ุนُู
َุฑُ ู
ُุนَุงَِููุฉَ - _Umar telah memukul Mu’awiyah_๐ฅ
3⃣Terdapat satu kaidah jumlah fi'liyyah untuk fi'il muta'addiy. Apakah kaidah tersebut ? Jelaskan dengan rumus "Fira dan Fara Manis Mana ?"
Beri contoh dan penjelasannya !
*Jawab* :
๐ Jika kita memperhatikan contoh kalimat diatas, :
ุฃَََูู ุจَْูุฑٌ ุงَููุญْู
َ - Bakr telah memakan daging
ุชَุดْุฑَุจُ ِْููุฏٌ ุงََْููููุฉَ - Hindun sedang meminum kopi
ุถَุฑَุจَ ุนُู
َุฑُ ู
ُุนَุงَِููุฉَ - Umar telah memukul Mu’awiyah
Dapat kita lihat harakat dari Maf’ul bih (ุงَููุญْู
َ، ุงََْููููุฉَ, ู
ُุนَุงَِููุฉَ) adalah _Fathah_
❗Ini merupakan suatu *Kaidah Jumlah Fi’iliyyah Muta’addiyah* dimana *Maf’ul bih selalu dihukumi _Manshub_*
Dan seperti yang kita ketahui,tanda baca asli dari kalimat berhukum Manshub adalah : *Fathah*
๐Sehingga dapat dirumuskan dengan kaidah :
✨ *FIRA FARA MANIS MANA*✨
Maksudnya adalah
๐ฅFIRA = FIil harus mufRAd
_Fi’il harus dalam bentuk tunggal, meskipun fa’il nya berbentuk mustanna atau bahkan jamak._
Contoh:
ุฌََูุณَ ุงูู
ُุณِْูู
َُْูู ✅
ุฌََูุณُْูุง ุงูู
ُุณِْูู
َُْูู ❌
๐ฅฏFARA = Fail harus RAfa
_Fail harus berhukum marfu/rafa. Tidak boleh mansub/nashab atau majrur/jar_
Contoh :
ุฌََูุณَ ุงูู
ُุณِْูู
َُْูู ✅
ุฌََูุณَ ุงูู
ُุณِْูู
َِْูู ❌
๐MANIS = Fi’il dan Fa’il harus saMA jeNIS
_Meskipun terkadang fi’il dan fa’il tidak sama dalam hal jumlah, namun fi’il dan fa’il harus sama dalam hal jenis, mudzakkar ๐น, atau muannats ๐บ._
Contoh :
ุฌََูุณَุชْ ุงูู
ُุณِْูู
َุงุชٌ ✅
ุฌََูุณَุชْ ุงูู
ُุณِْูู
َُْูู ❌
๐ชMANA = MAf’ul Bih harus NAshab
_Tidak boleh dalam keadaan rofa atau majrur_
Contoh :
َูุฑَุฃَ ุณَุนِْูุฏٌ ุงُููุฑْุงَูٓ ✅
َูุฑَุฃَ ุณَุนِْูุฏٌ ุงُููุฑُุงُูٓ /ุงُููุฑِุงูٓ
4⃣Jelaskan keadaan i'rab kata-kata berikut ini ketika nashab :
*Jawab* :
๐Pada pembahasan sebelumnya kita telah mengenal jenis kata-kata yang *Mu’rab* atau dapat berubah harakat akhirnya tergantung jabatan/posisi dalam kalimat. _Nashab_ adalah salah satu jenis i’rab dimana tanda baca aslinya adalah _Fathah_, meskipun nantiya ada tanda baca far’i yg juga menunjukkan kalimat tersebut manshub atau dikenal juga dengan mansub dengan huruf.
Untuk lebih jelasnya mari kita perhatikan contoh berikut :
A. *Isim Mufrad*
Tanda _Nashab_ nya dengan _Fathah_
Contoh : ู
ُุณِْูู
ًุง
B. *Mutsanna*
Tanda _Nashab_ nya dengan _Ya_
Contoh : ู
ُุณِْูู
َِْูู
C. *Jamak Mudzakkar Salim*
Tanda _Nashab_ nya dengan _Ya_
Contoh : ู
ُุณِْูู
َِْูู
D. *Jamak Taksir lighairil 'aqil*
Tanda _Nashab_ nya dengan _Fathah_
Contoh : ู
َุฏَุงุฑِุณَ
E. *Jamak Taksir lil 'aqil*
Tanda _Nashab_ nya dengan _Fathah_
Contoh : ุฑِุฌَุงًูุง
F. *Jamak Muannats Salim*
Tanda _Nashab_ nya dengan _Kasrah_
Contoh : ู
ُุณِْูู
َุงุชٍ
5⃣Berikan masing-masing 1 contoh saja jumlah fi'liyyah muta'addiyah dengan maf'ul bih sesuai urutan kata pada soal nomor 3 (A-F). Failnya bebas.
*Jawab* :
๐
๐Jumlah Fi’iliyyah Muta’adiyyah dengan Maf’ul bih *Mufrad*
َูุฑَุฃَ ุณَุนِْูุฏٌ ุงُููุฑْุงَูٓ - _Said telah membaca Al-Qur’an_
๐Jumlah Fi’iliyyah Muta’adiyyah dengan Maf’ul bih *Mutsanna*
ุงِุดْุชَุฑَ ุนُู
َุฑُ ุงِููุชَุจَِْูู - _Umar telah membeli 2 buku_
๐Jumlah Fi’iliyyah Muta’adiyyah dengan Maf’ul bih *Jamak Mudzakkar Salim*
ุถَุฑَุจَ ุฃَุญْู
َุฏُ ุงูุณَّุฑَِِْููู- _Ahmad telah memukul para pencuri_
๐Jumlah Fi’iliyyah Muta’adiyyah dengan Maf’ul bih *Jamak Taksir lighairil 'aqil*
َูุธََّู ุงูู
ُุฏَุฑِุณُ ุงูู
َุณَุงุฌِุฏَ - _Pak guru telah membersihkan masjid-masjid_
๐Jumlah Fi’iliyyah Muta’adiyyah dengan Maf’ul bih *Jamak Taksir lil 'aqil*
َูุชََู ุฎَุงِูุฏٌ ุงَُّูููุงุฑَ - Khalid telah membunuh orang-orang kafir
๐Jumlah Fi’iliyyah Muta’adiyyah dengan Maf’ul bih *Jamak Muannats Salim*
ุณَุงุนَุฏَุชْ ุณَْูู
َู ุงูู
ُุณِْูู
َุงุชِ - _Salma telah membantu wanita-wanita muslim_
6⃣Apakah maf'ul bih wajib sama dengan fa'il atau fi'il ? Jelaskan !
*Jawab* :
๐ Maf’ul bih, bisa terdiri dari jenis maupun jumlah apa saja karena menyesuaikan dengan konteks kalimat. Hal ini dikarenakan Maf’ul bih sama sekali tidak terkait dengan kondisi fi’il dan fail karena memang akan disesuaikan dengan maksud pembicaraan.
Contoh :
Jika kita ingin mengatakan
“ _Para Pria muslim telah membersihkan masjid,_ ”
Maka kita harus tetap menggunakan masjid dalam bentuk mufrad sehingga tidak keluar dari konteks kalimat.
َูุธََّู ุงูู
ُุณِْูู
َُْูู ุงูู
َุณْุฌِุฏَ ๐✅
Karena apabila kita memaksakan Maf’ul nya jamak mengikuti fa’il, maka bentuknya akan menjadi :
َูุธََّู ุงูู
ُุณِْูู
َُْูู ุงูู
َุณَุงุฌِุฏَ ๐๐๐ ❌
“ _Pria-pria muslim telah membersihkan masjid-masjid_.”
Kita tidak bisa memaksakan bentuk selerti ini bila memang kenyataannya masjid yang dibersihkan hanya 1.
7⃣Apakah maf'ul bih wajib ma'rifat ? Jelaskan !
*Jawab* :
๐Tidak, maf’ul bih dapat terdiri dari jenis apa saja baik isim Nakirah maupun isim Ma’rifat, perbedaannya hanya pada
Apabila kita menggunakan isim Nakirah sebagai Maf’ul, maka sifatnya masih umum,
Misal َูุฑَุฃَ ุนٌَِّูู ِูุชَุงุจًุง ๐
Disini bukunya belum jelas buku apa, apa judulnya, atau buku milik siapa,
Berbeda dengan
َูุฑَุฃَ ุนٌَِّูู ุงِููุชَุงุจَ ๐๐ป๐
Makna buku disini sudah jelas, karena artinya telah mengerucut, misal buku yang mana, apa judulnya,
8⃣Adakah kekhususan jamak muannats salim ketika manshub ? Jika ada, jelaskan kekhususan tersebut !
*Jawab* :
๐Seperti kita ketahui bahwa _Nashab_ adalah salah satu jenis i’rab dimana tanda baca aslinya adalah _Fathah_, namun khusus pada *Jamak Muannats Salim* maka tanda baca Nashab nya dengan _Kasrah_
Misal : ุงูู
ُุฏَุฑِّุณَุงุชٌ
Jika posisinya sebagai Maf’ul, maka harakat akhirnya menjadi ุงูู
ُุฏَุฑِّุณَุงุชِ
Seperti contoh jika kita ingin mengatakan “ _Saya telah melihat para guru (wanita) itu,_ “
maka kalimatnya bukan :
َูุธَุฑْุชُ ุงูู
ُุฏَุฑِّุณَุงุชَ ❌
Melainkan
َูุธَุฑْุชُ ุงูู
ُุฏَุฑِّุณَุงุชِ ✅
Baik dalam keadaan Nashab b Jar harakat akhirnya sama yaitu _Kasrah_
๐๐๐๐๐
No comments:
Post a Comment