Saturday, June 22, 2019

Rubrik Psikolog
Perkembangan anak menurut teori John Plagiat 
Anak usia  dini adalah anak yang di dalamnya terdapat masa golden age. Apakah golden age itu?  Golden age disebut juga masa keemasan yaitu masa emas anak untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan,  dimana masa itu tidak akan pernah bisa terulang kembali. Anak usia dini memiliki perkembangan yang pesat yang harus diperhatikan baik oleh orang tua guru maupun para ahli. 
Salah satu tokoh terkenal yang membahas perkembangan anak adalah John Piaget. John Piaget adalah tokoh yang mengemukakan perkembangan kognitif anak. Kognif berhubungan dengan kemampuan kognisi. Kognitif adalah kemampuan yang menggunakan akal. Sedangkan kognisi adalah kepercayaan seseorang yang di dapatkan dari proses berfikir.  John Piaget mengemukakan 4 tahapan dalam teori kognitif yaitu :
1. Sensorikmotorik (0-2 tahun) 
Pada teori ini anak lebih menggunakan gerak dan inderanya. Anak belum mampu mengetahui, membedakan, dan memahami. Maka dari itu anak disebut egosentris.. Egosentris dan egois itu memiliki perbedaan.. Kalau egosentris adalah masa dimana anak belum mengetahui sedangkan egois adalah masa dimana seseorang tidak mau tahu.  
2.  Tahap operasional (2-7 tahun) 
Tahap ini adalah tahap kedua dari John Piaget. Dimana anak sudah mulai berkembang pemikiranya, anak mulai mampu menjelaskan dunia dengan melalui kata-kata, gambar atau lukisan yang di lihat. 
3. Tahap praoperasional konkret (7-11 tahun) 
Ini adalah tahap ketiga dari John Piaget.  Anak mulai mampu berfikir dengan logis, tahap ini biasanya dimulai pada anak yang sudah memasuki sekolah dasar.  Operasi kongkret adalah dimana anak mampu memahami operasi logis dengan benda-benda konkret.  Anak mampu  mengelompokkan benda-benda sekitarnya. Pada tahap ini  anak sudah mampu melihat sudut pandang orang lain.
4. Tahap operasional formal (11-15)
Ini adalah tahap terakhir dari John piaget. Pada tahap ini anak sudah mampu berfikir dengan abstrak. Anak mulai bisa membanding-bandingkan orang tua nya deng orang tua lain.  Pada tahap ini pemikiran anak semakin logis sehingga sudah tidak tergantung dengan hal-hal nyata dan langsung, karena itu pada tahap ini anak sudah dapat dikatakan berfikir lebih abstrak.. 
Inilah sedikit penjelasan dari teori perkembangan anak usia dini.. Semoga bermanfaat!!!

No comments:

Post a Comment