Tuesday, February 18, 2020

materi nadar 10-20

📚 *MATERI 10 : CONTOH KALIMAT MUBTADA KHOBAR* 📚
_________________________________________

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله و الصلاة و السلام على رسول الله

✍🏻 Diantara Ketentuan mubtada dan khabar adalah,

 1⃣ Bila _*mubtada-nya*_ *mufrad* maka _*khabar-nya*_ pun harus *mufrad*

        Contoh :
🍃 المُدَرِّسُ جَالِسٌ
         ( _Guru tersebut duduk_ )

          👉 _Al mudarrisu_ adalah isim *mufrad*,
_jaalisun_  juga isim *mufrad*.

          👉 Tanda Marfu' keduanya adalah dhammah.

 2⃣ Bila _*mubtada-nya*_ *mutsanna atau jamak* maka _*khabar-nya*_ pun harus *mutsanna atau jamak*

        Contoh :
         🔖 *Mutsanna*
🍃 المُدَرِّسَانِ جَالِسَانِ
               ( _Dua guru tersebut duduk_ )

                 👉 _al mudarrisaani_ isim *mutsanna*. Maka _jaalisaani_ yang merupakan khobarnya pun isim *mutsanna*.

                 👉 Tanda marfu' dari keduanya adalah *alif*.

          🔖 *Jamak*
🍃 المُدَرِّسُونَ جَالِسُوْنَ
               ( _Para guru tersebut duduk_ )

                  👉 _Al mudarrisuuna_ dan
_jaalisuuna_  keduanya adalah *jamak mudzakkar salim*. Tanda rafa'nya adalah wawu ( و ).

3⃣ Bila _*mubtada-nya*_ *muannats* maka _*khabar-nya*_ pun harus *muannats* pula,  demikian juga bila *mudzakkar*.

        🔖 Contoh yang  mudzakkar sebagaimana yang ada pada poin 1 dan 2.

        🔖 *Contoh muannats*,
🍃 المُدَرِّسَةُ جَالِسَةٌ
             ( _Guru Perempuan tersebut duduk_ )

🍃 المُدَرِّسَتَانِ جَالِسَتَانِ
             ( _Dua guru Perempuan tersebut duduk_ )

🍃 المُدَرِّسَاتُ جَالِسَاتٌ
             ( _Para guru Perempuan tersebut duduk_ )

📍 *KESIMPULAN*
        Dari contoh-contoh di atas, dapat kita simpulkan bahwa mubtada' dan khobar memiliki *kesesuaian* dalam hal,
         🔖 *Jenis* (Mudzakkar/Muannats)
         🔖 *Jumlah* (Mufrad/Mutsanna/Jamak)
         🔖 *I'rab* (Rafa')

و صلى الله على نبينا محمد و على آله و صحبه و سلم

_________________
✒ Tim Nadwa

______________________
________________________




 📚 *MATERI 12 :  I'ROB FI'IL* 📚
__________________________________

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله و الصلاة و السلام على رسول الله

✍ Kita masuk pembahasan tentang i'rob pada fi'il


🏷 Sebagian fi'il ada yang *mabni* (tidak berubah akhiran katanya) dan ada yang *mu'rob* (berubah  akhiran katanya).

🏷 Yang termasuk *fi'il mabni* ada 2, yaitu:
       1⃣ *Fi'il madhi*
       2⃣ *Fi'il amr*

🏷 Yang termasuk *fi'il mu'rob* adalah *hanya* fi'il mudhari'.

🏷 Sebagaimana yang kita ketahui sebelumnya bahwa i'rab terbagi atas 4 jenis, namun *perlu diperhatikan bahwa i'rab pada fi'il mudhari' hanya berlaku 3 jenis saja*, yaitu :

       1⃣ *Marfu'/rafa' (مَرْفُوْعٌ/رَفْعٌ)*

               🌱 Contohnya :
🍃 أَذْهَبُ
                   (saya sedang/akan pergi)

               📌 Berharakat dhommah diakhir adalah *tanda asal* fi'il mudhari'.

       2⃣ *Manshub/nashab (مَنْصُوْبٌ/نَصْبٌ)*

               🌱 Contohnya :
🍃 لَنْ أَذْهَبَ
                    (saya tidak akan pergi)

               📌 Kata "لَنْ" berfungsi/menjadi *sebab manshubnya* fi'il mudhari'.

       3⃣ *Majzum/jazm (مَجْزُوْمٌ/جَزْمٌ)*

               🌱 Contohnya :
🍃 لَمْ أَذْهَبْ
                  (saya tidak pergi)

               📌 Kata "لَمْ" berfungsi/menjadi *sebab majzumnya* fi'il mudhari'.

و صلى الله على نبينا محمد و على آله و صحبه و سلم

_______________
✒ Tim Nadwa

===============================


📚 *MATERI 13 : FI'IL DAN FA'IL* 📚
_____________________________________

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله و الصلاة و السلام على رسول الله

1⃣ *Fi'il* adalah setiap kata yang memiliki *makna* dan *terikat dengan waktu*. Dalam bahasa Indonesia Fi'il disebut *kata kerja/Predikat*. Misal,
🍃 ذَهَبَ ( _telah pergi_ )
🍃 يَذْهَبُ ( _sedang/akan pergi_ )
🍃 اِذْهَبْ ( _pergilah_ )

2⃣ *Fa'il* adalah *isim marfu'* yang terletak *setelah fi'il ma'lum* (kata kerja aktif) yang menunjukkan siapa yang melakukan perbuatan. Dalam bahasa Indonesia Fa'il disebut dengan *Subyek*.

3⃣ *Contoh kalimat* :
🌱 يَذْهَبُ زَيْدٌ
        ( _Zaid sedang pergi_ )
     🍃 يَذْهَبُ : fi'il
     🍃 زَيْدٌ : fa'il
       📍 *Kedua kata tersebut*,
                🔖 *mufrod* (tunggal),
                🔖 sama dari segi *jenisnya* yaitu *mudzakar*,
                🔖 dan *marfu'* dengan tanda dhommah untuk menunjukkan bahwa ia adalah *fa'il (subyek).* Dan fa'il (subyek) adalah *inti kalimat.*

4⃣ Kalimat,
🍃 يَذْهَبُ زَيْدٌ
        ( _Zaid sedang pergi_ )
         👉🏻 adalah *Jumlah Fi'liyyah*, yaitu kalimat yang *didahului oleh fi'il* (kata kerja).

 و صلى الله على نبينا محمد و على آله و صحبه و سلم

___________________
✒ Tim Nadwa

==========================


 📚 *MATERI 11: FI'IL* 📚
_________________________

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله و الصلاة و السلام على رسول الله

*Fi'il* adalah kata yang memiliki makna *yang terikat dengan waktu*, dan berdasarkan waktunya fi'il terbagi menjadi *tiga* yaitu :

1⃣ *Fi'il madhi / الفِعْلُ المَاضِيْ*

        Fi'il madhi adalah fi'il yang menunjukkan kejadian pada *waktu lampau*.
        🌱 Contohnya :
🍃 ذَهَبَ
          ( _Dia (lk) *telah* pergi_ )


2⃣ *Fi'il mudhari' / الفِعْلُ المُضَارِعُ*

        Fi'il mudhari' adalah fi'il yang menunjukkan kejadian pada waktu *sekarang* atau *akan datang*.
        🌱 Contohnya :
🍃 يَذْهَبُ
          ( _Dia (lk) *sedang/akan* pergi_ )


3⃣ *Fi'il amr / الفِعْلُ الأَمْرُ*

        Fi'il amr adalah fi'il yang menunjukkan *perintah*, yang berarti harus dikerjakan pada waktu akan datang (yakni setelah adanya perintah).
        🌱 Contohnya :
🍃 اِذْهَبْ
          ( _Pergilah kamu!_ )

و صلى الله على نبينا محمد و على آله و صحبه و سلم


_________________
✒ Tim Nadwa

=============================


📚 *MATERI 16 : MAF'UL BIH* 📚
______________________________

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله و الصلاة و السلام على رسول الله

🔖 *Maf'ul bih* adalah isim yg berperan sebagai   *objek* atau sesuatu yang *dikenai pekerjaan* failnya.

🔖 Hukum Maf'ul bih adalah *manshub dalam i'rob*

        🌱 *Contoh* :
🍃 كَتَبَ الطَّالِبُ *الدَّرْسَ*

                👉🏻 Kata  الدَّرْسَ dalam kalimat diatas berperan sebagai *objek*, atau yang di kenai pekerjaan. Dalam bahasa arab di sebut *Maf'ul bih*.

               📍 Perhatikan *harokat akhir* pada kata  الدَّرْسَ !
                      Di sana nampak *huruf akhir kata* tersebut berharakat *fathah*. Dan fathah merupakan salah satu tanda *i'rob* untuk isim yang *manshub*. Dan maf'ul bih itu i'robnya *manshub*.
                 👉🏻 Maka الدَّرْسَ *manshub dengan harokat fathah*.

        🌱 *Contoh yang lain* :
🍃 حَمِلَ حَامِدٌ *الكِتَابَيْنِ*
             ( _Hamid membawa *dua buku*_ )
              📍 Kita perhatikan kalimat di atas, bahwa yg berkedudukan sebagai *maf'ul bih* adalah kata *الكِتَابَيْنِ*.
                   Karena kata الكِتَابَيْنِ adalah bentuk *mutsanna* (dua) dari kata الكِتَابُ, dan kita tahu bahwa i'rob maf'ul bih itu adalah manshub.
                 👉🏻 Maka الكِتَابَيْنِ *manshubnya dengan huruf ya'*.

و صلى الله على نبينا محمد و على آله و صحبه و سلم


_________________
✒ Tim Nadwa

==========================


📚 *MATERI 14: KAIDAH FI'IL DAN FA'IL* 📚
______________________________________

بسم ﷲ الرحمن الرحيم
الحمد لله والصلاۃ والسلام علی رسول ﷲ

Ikhwatii fillaah... Kita akan memasuki pembahasan "kaidah fi'il dan fa'il dan contoh-contohnya".

🏷 Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa kalimat yang dimulai dengan fi'il disebut dengan *jumlah fi'liyyah*.

🏷 Jumlah fi'liyyah ini memiliki beberapa kaidah yaitu :

1⃣ *Fi'il selalu bersesuaian jenis dengan fa'ilnya.*

         📌 Jika fa'ilnya berupa isim mudzakkar fi'ilnya juga mudzakkar

                 👉 Contoh :

🍃 كَتَبَ أَحْمَدُ
            (Ahmad telah menulis)
🍃 يَكْتُبُ أَحْمَدُ
            (Ahmad sedang/akan menulis)

        📌 Jika *fa'ilnya* berupa *isim muannats* maka fi'ilnya juga muannats dengan diberi tanda muannats yaitu menambahkan *ta' sukun (تْ) di akhir fi'il madhi* dan *ta' berharakat di awal fi'il mudhari*.

               👉 Contoh :
🍃 دَرَسَتْ عَائِشَةُ
            (Aisyah telah belajar)
🍃 تَدْرُسُ عَائِشَةُ
            (Aisyah sedang/akan belajar)

2⃣ *Fi'il selalu dalam keadaan mufrad*

          📌 Meskipun fa'ilnya berupa isim mutsanna atau jamak maka *fi'ilnya tetap mufrad (tunggal)*

                  👉 Contoh,

                         🌱 Untuk mudzakkar :
سَمِعَ / يَسْمَعُ الطَّالِبُ =
Pelajar (lk) itu telah / sedang mendengar
         يَسْمَعُ الطَّالِبَانِ =
Dua pelajar (lk) itu sedang mendengar
         يَسْمَعُ الطُّلَابُ =
Para pelajar (lk) itu sedang mendengar

                         🌱 Untuk muannats :
سَمِعَتْ / تَسْمَعُ الطَّالِبَةُ
Pelajar (pr) itu telah / sedang mendengar
             تَسْمَعُ الطَّالِبَتَانِ =
Dua pelajar (pr) itu sedang mendengar
             تَسْمَعُ الطَّالِبَاتُ =
Para pelajar (pr) itu sedang mendengar

📝Keterangan :
▪سَمِعَ = dia (lk) telah mendengar
▪يَسْمَعُ = dia (lk) sedang/telah mendengar
▪سَمِعَتْ = dia (pr) telah mendengar
▪تَسْمَعُ = dia (pr) sedang/akan mendengar

3⃣ *Fa'il harus dalam keadaan marfu' (ber-i'rab rafa')**, untuk menandakan bahwa ia inti kalimat.
*Tanda i'rab rafa' isim dapat dilihat pada materi 8.


وصلی ﷲ علی نبينا محمد وعلی آله وصحبه وسلم

__________________
✒ Tim Nadwa

========================


📚 *VIDEO 20 : IDHAFAH* 📚
_______________________________

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله و الصلاة و السلام على رسول الله

Ketika satu kata kurang bisa menyampaikan maksud kita, sering kita tambahkan kepadanya kata yang lain sebagai penjelas, sehingga menjadi susunan beberapa kata atau dalam Bahasa Arab kita sebut *murakkab* (المُرَكَّب).

Salah satu bentuk murakkab adalah idhafah (الإضافة), yaitu :

نِسْبَةُ اسْمٍ إِلَى اسْمٍ أٓخَرَ
_hubungan/kaitan suatu isim kepada isim yang lain_

Dari pengertian ini kita bisa ambil poin pentingnya, bahwa :

🏕 _*1. Idhafah merupakan susunan dua isim.*_

         ⛱ a. Isim pertama kita sebut *mudhaf* (مضاف), yakni isim yang *disandarkan*, atau yang memerlukan penjelasan.

         ⛱ b. Isim kedua kita sebut *mudhaf ilaih* (مضاف إليه), yakni isim yang menjadi sandaran, atau yang menjadi *pengkhususan/ penjelasan*.

               Misal:
رَسُوْلُ اللهِ
            ( _Utusan Allah_ )

           📍 Kita lihat bahwa kata pertama adalah رسول, maka رسول  adalah *mudhaf*, dan lafadz الله  sebagai *mudhaf ilaih*. 

                 👉🏻 Ketika kita mengatakan رسول kemudian berhenti, maka pendengar masih akan bertanya-tanya, رسول yang mana yang dibicarakan.  Namun dengan kita tambahkan lafadz الله, maka mereka menjadi paham bahwa kita sedang membicarakan Utusan Allah atau Rasul Allah. 

           📍 Kemudian, karena mudhaf telah  mempunyai mudhaf ilaih, atau isim yang menjelaskan, maka *mudhaf tidak boleh bertanwin*.

🏕 _*2. Kedua isim tersebut mempunyai keterkaitan makna secara khusus*_:

        ⛱ a. Menjelaskan *pemilikan/ peruntukan*, atau makna huruf jar *lam* (اللام), misal:

رَسُوْلُ  اللهِ  💡  رَسُوْلٌ لِلهِ
_Utusan Allah_ atau _utusan yang dimiliki oleh Allah_

       ⛱ b. Menjelaskan *jenis*, atau makna huruf jar *min* (مِن), misal :

بَابُ الحَدِيْدِ  💡 بَابٌ مِن الحَدِيْدِ
_Pintu besi_ atau _pintu yang terbuat dari bahan besi._

       ⛱ c. Menjelaskan *waktu atau tempat*, atau makna huruf jar *fi* (في), misal :

طَالِبُ المَعْهَدِ  💡 طَالِبٌ فِي المَعْهَدِ
_Siswa ma’had_ atau _siswa yang belajar di ma’had_

💡 Karena hubungan antara mudhaf dan mudhaf ilaih memiliki makna huruf jar, maka *mudhaf ilaih selalu majrur*.

Semoga bermanfaat.

و صلى الله على نبينا محمد و على آله و صحبه و سلم

________________
✒ Tim Nadwa
[18/2 19.47] Agent Resmi Umi Travel: EBOOK BARU EDISI ANAK-ANAK

Kami hadirkan ebook latihan membaca dan menulis Bahasa Arab untuk anak-anak dengan desain yang insya Allah menarik. Berikut ini link downloadnya:

bit.ly/qiroah-kitabah-anak

Dan kami share ulang ebook Teknik Mengajar Bahasa Arab untuk Anak, semoga para orang tua bisa mengambil manfaatnya:

bit.ly/bahasa-arab-anak

Silakan dibagikan sebanyak-banyaknya

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya (HR. Muslim 3509)
[18/2 19.47] Agent Resmi Umi Travel: 🌱 *Penjelasan Soal Materi 17 no. 5* 🌱

Di dalam g-form terdapat 2 jawaban. Berikut penjelasannya,

🔖 *Maf'ul bih*
Maf'ul bih adalah sesuatu yang dikenai pekerjaan. Dan fi'il yg digunakan pada jumlah dengan naibul fa'il adalah pasif. Sehingga, naibul fa'il ini menjadi subyek dalam kalimat pasif. Subyek dalam kalimat pasif = obyek (maf'ul bih). Sehingga, *makna dari naibul fa'il adalah maf'ul bih*. Demikian yg dimaksud dalam soal.

Contoh,
نُصِرَ زَيْدٌ
-> Zaid ditolong

👉🏻 Zaid pada kalimat tersebut adalah Naibul Fa'il (pengganti fa'il) secara i'rab. Adapun secara makna, maka kita dapati bahwa sesungguhnya Zaid adalah objek dari aktivitas menolong.

🔖 *Tidak ada jawaban*
Opsi ini dibenarkan sementara, untuk mentolerir kemungkinan adanya pemahaman maksud kata "makna" dalam soal sebagai "arti". Sehingga memahami bahwa yang dimaksud dalam soal adalah "arti naibul fa'il".


________________
✒ Tim Nadar📚

=====================


📚 *VIDEO 18 : MAJRURNYA ISIM* 📚
____________________________

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله و الصلاة و السلام على رسول الله

*Tanda-tanda Isim Majrur :*

1⃣ Harakat *Kasrah* (ِ-)
       Kasrah merupakan tanda asal isim majrur. Isim-isim yang tanda majrurnya kasrah adalah :
        🔖 *Isim Mufrad*,          misalnya :
🍃 مُحَمَّدٍ
        🔖 *Jama' Taksir*, misalnya :
🍃 رُسُلٍ
             ( _Para rasul/utusan_ )
        🔖 *Jama' Muannats Salim*, misalnya :
🍃 مُؤمِنَاتٍ
             ( _Para perempuan yang beriman_ )

2⃣ Huruf *ya'* (ي)
       Isim-isim yang tanda majrurnya huruf ya' (ي) adalah :
        🔖 *Al-Asmaa`ul Khamsah*, misalnya :
🍃 أَخِيْكَ
             ( _Saudara laki-lakimu_ )
        🔖 *Isim Mutsanna*, misalnya :
🍃 وَالِدَيْنِ
             ( _Kedua orangtua_ )
        🔖 *Jama' Mudzakkar Salim*, misalnya :
🍃 مُسْلِمِيْنَ
             ( _Orang-orang yang berislam_ )

3⃣ Harakat *Fathah* (َ-)
       Isim yang tanda majrurnya harakat fathah adalah :
        🔖 Isim *Ghairu Munsharif*, misalnya :
🍃 عَائِشَةَ

و صلى الله على نبينا محمد و على آله و صحبه و سلم


_________________
✒ Tim Nadwa


======================

📚 *MATERI 19 : ISIM MAJRUR* 📚
______________________________

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله و الصلاة و السلام على رسول الله

🔷 *Definisi Jar*
        *Jar* merupakan salah satu diantara 3 macam *I'rob* untuk *isim*. Dimana kalimah ( Bahasa Indonesia : *Kata* ) yang berhukum jar di sebut *majrur*. Dan tanda asli majrur adalah dengan harokat *kasroh*.

🔷 *Kapan isim berhukum jar?*
         Isim wajib berhukum jar salah satu sebabnya adalah bila *didahului oleh huruf -huruf jar*.

🔷 *Apa itu huruf  jar?*
         Huruf jar adalah  huruf yang bila mendahului suatu isim maka isim setelah huruf tersebut menjadi *majrur*. Huruf-huruf tersebut antara lain :
🍃 مِنْ : dari
🍃 إِلَى : ke
🍃 عَنْ : dari, tentang
🍃 عَلَى : di atas
🍃 فِيْ : di dalam
🍃 لِ : milik
🍃 بِ : dengan
🍃 وَ : demi
🍃 تَ : demi
🍃 كَ : seperti
🍃 حَتَّى : sampai
🍃 رُبَّ : betapa banyak

📍 *Kita perhatikan contoh berikut ini* :
🍃 الكِتَابُ   : عَلَى الكِتَابِ
         ( _Di atas buku_ : _Buku_ )
🍃 البَيْتُ    :  في البَيْتِ
         ( _Di dalam rumah_ : _Rumah_ )

           👉🏻 Dari contoh diatas bisa kita bedakan bahwa *isim yang di dahului oleh salah satu huruf jar, maka i'robnya menjadi jar*.

📍 *Contoh yang lain* :
🔖 العِلْمُ *كَالنُّوْرِ*
         ( _Ilmu itu *seperti cahaya*_ )
🔖 السَّاعَۃُ *عَلَی السَّرِيْرِ*
         ( _Jam tangan itu *di atas kasur*_ )

           👉🏻 Dari dua contoh diatas, isim menjadi majrur bila *didahului oleh huruf jar*.

___________________
📌 *CATATAN*
         📍 Penulisan huruf jar yang terdiri dari *satu huruf*, seperti :
بِ، كَ، تَ
                Jika setelahnya adalah isim ber ال, maka penulisan alifnya ( ا ) *bersambung dengan huruf jar*. Seperti,
🍃 بِالْقَلَمِ ( Dibaca : _bilqolami_ )
           ( _Dengan pena_ )
🍃 كَالْنُّوْرِ ( Dibaca : _kannuuri_ )
           ( _Seperti cahaya_ )
🍃 تَاللّٰهِ ( Dibaca : _tallaahi_ )
           ( _Demi Allah_ )
           👉🏻 Di dalam syariat Islam, kita hanya boleh bersumpah dengan nama Allah saja.
       📍 Khusus untuk huruf jar لِ, jika setelahnya adalah isim ber ال, maka *alifnya dihilangkan*. Kemudian, huruf *lam yang tersisa* ditulis *bersambung dengan huruf jar*. Misal,
🍃 لِ + الزَّهْرَاء -> لِلزَّهْرَاءِ
            ( Dibaca : _lizzahro'_ )
            ( _Milik Az-zahro'_ )

و صلى الله على نبينا محمد و على آله و صحبه و سلم


_________________
✒ Tim Nadwa

====================


📚 *MATERI 17 : NAIBUL FA'IL* 📚
__________________________________

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله و الصلاة و السلام على رسول الله

Seperti halnya dalam Bahasa Indonesia, dalam Bahasa Arab ada kalimat aktif dan kalimat pasif. 

Unsur pembentuk kalimat aktif adalah *fi’il ma’lum* (kata kerja aktif) dan *fa'il*, sedangkan kalimat pasif adalah *fi’il majhul* (kata kerja pasif) dan *naibul fa'il*.

Ketika kita hendak mengubah kalimat aktif menjadi *pasif*, yang kita lakukan adalah :

1⃣ *Menghilangkan fa'ilnya*
        Kalimat pasif digunakan karena kita tidak ingin menunjukkan fa'ilnya, dan sebaliknya lebih menonjolkan maf’ul bih.

         🔖 *Misal pada kalimat* :
🍃 كَتَبَ الطَّالِبُ الدَّرْسَ
                ( _Siswa itu telah menulis pelajaran tersebut_ )

                 Yang pertama kita lakukan adalah menghilangkan fa'ilnya, yaitu :  الطالب.

2⃣ *Mengubah fi’ilnya menjadi bentuk majhul* (pasif)
         Fi’il majhul dibentuk dari fi’il muta’adi ( fi’il yang *membutuhkan obyek* ), dengan cara :

            ✏ *Fi’il madhi* :
                    Harakat huruf pertama dijadikan *dhammah*, dan harakat huruf sebelum terakhir *dikasrah*.

              👉🏻 Misal kita ambil contoh kalimat di atas :

🍃 كَتَبَ الطَّالِبُ الدَّرْسَ

               Fi’ilnya adalah fi’il madhi : كتب, maka kita ubah fi’il ini dengan cara memberikan harakat *dhamah pada huruf pertama* dan harakat *kasrah pada huruf sebelum terakhirnya*, seperti ini:
📌 كَتَبَ – كُتِبَ

             ✏ *Fi’il mudhari* :
                      Harakat huruf pertama dijadikan *dhammah*, dan harakat huruf sebelum terakhir dijadikan *fathah*.

              👉🏻 Misal kita ambil contoh kalimat di atas, tetapi kita ganti fi’ilnya dengan yang mudhari.
🍃 يَكْتُبُ الطَّالِبُ الدَّرْسَ
                 ( _Siswa itu sedang menulis pelajaran tersebut_ )

                👉🏻 Fi’ilnya adalah fi’il mudhari : يكتب, maka kita ubah fi’il ini dengan cara memberikan harakat *dhammah pada huruf pertama* dan harakat *fathah pada huruf sebelum terakhirnya*, seperti ini :
📌 يَكْتُبُ - يُكْتَبُ

3⃣ *Menempatkan maf’ul bih sebagai naibul fa'il, dan mengubahnya menjadi marfu’*

         Karena fa'il yang merupakan unsur pokok kalimat telah dihilangkan, maka perlu disediakan penggantinya, dan inilah yang kita sebut *naibul fa'il* ( ِنَائِبُ الفَاعِل ).

         👉🏻 Naibul fail kita ambil dari *maf’ul bih* yang kita ubah menjadi *marfu’* agar memenuhi syarat sebagai pengganti fa'il.

         👉🏻 Misal pada kalimat di atas :
🍃 كَتَبَ الطَّالِبُ الدَّرْسَ

          Maka maf’ul bih الدرس yang semula berharakat akhir fathah sebagai tanda manshubnya, *diubah menjadi marfu’* dengan harakat dhamah sebagai tanda marfu’nya.

💡 Dengan melalui ketiga langkah di atas, telah kita dapatkan kalimat pasif sebagai berikut :

🖌 كُتِبَ الدَّرْسُ
       ( _Pelajaran itu telah ditulis_ )

Atau

🖌 يُكْتَبُ الدَّرْسُ
       ( _Pelajaran itu sedang ditulis_ )


Semoga bermanfaat.⛱⛱

و صلى الله على نبينا محمد و على آله و صحبه و سلم


________________
✒ Tim Nadwa

===========================



 📚 *MATERI 15 : TANDA NASHAB ISIM* 📚
________________________________

بسم الله الرحمن الرحيم
ااحمد لله رب العالمين و الصلاة و السلام على رسول الله

Kita telah mengetahui bahwa di antara jenis I'rab kata dalam bahasa Arab adalah *Nashab*.

❓ Apa saja *tanda nashab isim*? Berikut perinciannya,
       🔖 *Fathah* ( َ- )
         Ini merupakan *tanda asal* i'rab *Nashab*. Ada pada,
                🌱 *Mufrad*
🍃 مُحَمَّدًا
🍃 عَائِشَةَ
                🌱 *Jamak Taksir*
🍃 رُسُلًا
                  ( _Para rasul/utusan_ )

       🔖 *Alif* ( ا ). Ada pada,
                🌱 *Al-Asma' Al-Khomsah*
🍃 أَخَاكَ
                  ( _saudara laki-lakimu_ )

       🔖 *Kasrah* ( ِ- ). Ada pada,
                🌱 *Jamak Muannats Salim*
🍃 مُؤْمِنَاتٍ
                  ( _para perempuan yang beriman_ )

        🔖 *Ya'* ( ي ). Ada pada,
                 🌱 *Mutsanna*
🍃 وَالِدَيْنِ
                 ( _orang tua_ )

                 🌱 *Jamak Mudzakkar Salim*
🍃 مُسْلِمِيْنَ
                 ( _Orang-orang yang berislam_ )

_______________________
📌 *Catatan*
       💡 Penulisan *fathatain* ( ً- ) diikuti dengan *alif*. *Kecuali* pada,
               🔖 *ta' marbuthoh* ( ة ), seperti :
🍃 مُسْلِمَةً
                     ( _perempuan yang berislam_ )
🍃 ثَمَرَةً
                     ( _buah_ )
               🔖 dan *hamzah* ( ء ) yang *sebelumnya alif*. Seperti,
🍃 سَمَاءً ( _langit_ )
🍃 إِنْشَاءً ( _esai_ )

و صلى الله على نبينا محمد و على آله و صحبه و سلم


__________________
✒ Tim Nadwa

No comments:

Post a Comment