Ustad Ilham Prayogi LC
Kajian ilmu tajwid di kelapa dua masjid Nurul Ilmi
Pertanyaan ke 1
Bismillah
Semoga Allah senantiasa menjaga Ustadz dan keluarga...aamiin
Afwan mau tanya dalam surat Al Insan ayat 27
هؤلاء
Artinya mereka itu ..
Apakah termasuk mad Jaiz munfashil atau mad wajib muttashil ?
هؤلاء
Jawaban :
Ada dua mad disini
Mad Jaiz Munfashil dibaca 2 harakat
Yg pertama Mad Jaiz Munfashil, karena
ها
Huruf ها bukan munada dan bukan istifham, ...tapi ها tanbih, maksudnya untuk memberi peringatan kepada yg dimaksud agar diperhatikan.
Merupakan kalimat tersendiri diikuti dng أولاء setelahnya.
Adapun yg kedua Mad Wajib Muttashil,
Tp keduanya dibaca panjang yg sama menurut riwayat _Hafs an Ashim_ dari jalur _Syathibiyyah_,
Beda halnya yg berbeda panjangnya jika itu riwayat thoyyibatun nasyr di baca 2 Harokat
Pertanyaan ke 2 :
Di dalam surat Al Qiyamah ayat 29
والتفت
Itu kan lam fi'il ya sehingga lam harus dibaca jelas ..itu fi'il apa ya? Akar katanya dari apa?
Nah bagaimana caranya kita mengetahui lam fi'il dan lam ma'arifat ?
Apakah kita harus mengetahui maknanya terlebih dahulu atau cukup liat mushaf dg ciri2 penulisannya ?
Jawaban:
Ini fi'il madhi,
Dari kata
التَفَّ- يلتَفُّ
Akar katanya dari
لَفَفَ / لَفّ
Kami belum mengetahui ada perbedaan khusus antara lam fi'il dan lam ma'rifah pada tulisan mushaf baik yg standar cetakan Madinah maupun Indonesia karena keduanya sama² dng hamzah washl.
Jadi memang perlu mengetahui maknanya dng pendalaman Ilmu Shorf/Bahasa Arab.
Lagi pula bagi orang awam In Syaa Allah tidak memerlukan perbedaan itu selama membacanya baik dan benar sesuai dng Tulisan Mushaf.
Pertanyaan ke 3 :
Kata بل لانسان di dalam surat Al qiyamah :14
di baca kasroh
Maksudnya kasroh pada huruf *bali* ya um?
Jika itu yg dimaksud maka karn itu berkaitan dengan hukum sebab sebelmnya um,
Sedangkan bacaan lam fi'il dan laam makrifat berkaitan dng setelahnya,
Kata bali jadi kasroh yg asalnya berharaat sukun dng kata *bal,*
Itu disebabkan utk menyelamatkan bacaan dng huruf Alif lam berikutnya,
Karena tidak mungkin membaca huruf sukun yg bertemu dng sukun jga um, hampir sama kondisinya dng nun wiqoyah yg menyelamatkan huruf agar dapat dibaca.
Alif lam nya termasuk um..
Yg tidak termasuk itu kaitannya dng kata ْبَل sebelumnya yg berubah menjadi بَلِ،
Tidak ada yg mengatakan _bali_ itu termasuk hukum alif lam dalam suatu kaedah tajwid, karena yg masuk pembahasan alif lam ialah huruf alif dan lam nya jika bertemu dng huruf setelahnya dibaca dng izhar atau idghom.
➡ Contoh alif lam makrifah yg dibaca izhar ُالْقلم
➡ Contoh alif lam makrifah yg dibaca idghom الشّمسُ
🔼 Contoh alif lam fi'il izhar والْتَفَّت السّاق
🔼 Contoh alif lam fi'il idghom
قل رّبّي
*Coba perhatikan contoh kaedah diatas, itu alif lam maupun lam sja hanya berkaitan dng huruf setelah nya bukan huruf sblmnya.*
Adapun yg ada pada _bali_ itu *hanya mengalami perubahan harakat* dari kata asalnya _bal_ karena setelahnya ada alif lam baik yg makrifah maupun yg fi'il.
Jadi, itu upaya penyelamatan bacaan saja seperti halnya pada bacaan _nun wiqoyah_ dimana ada tanwin yg setelahnya alif lam, maka upaya penyelamatan harakat dng adanya _nun wiqoyah_.
Sampai saat ini blum ada ulama yg membedakan antara alif lam makrifah (izhar) dan alif lam fi'il (izhar) pada tulisan mushaf.
Jadi saran saya tidak perlu menyibukkan/menyulitkan diri kita dng sesuatu yg blm atau tidak dibahas ulama tajwid, cukup jelaskan sja apa adanya kepada orang awam...
Karena sampai saat ini perbedaan keduanya (alif lam makrifah yg izhar dan alif lam fi'il yg izhar) hanya tampak bagi mereka yg paham akan artinya adapun tulisan tidak ada perbedaan nya,
Sama-sama keduanya menggunakan hamzah washal (diatasnya) ada kepala shod
Semoga Bisa dimengerti ya Um 🌹
Wallahu a'lam
No comments:
Post a Comment