Contoh terapi sensori intergritas
Bismillah
Baru sempat browshing ..ternyata Si (sensory intergrasi) itu berkaitan dg permainan yg merangsang sensor motorik
Insya Allah mudah dan bisa diterapkan di rumah a, di di sekolah juga di tempat bermain seperti
1. Bermain trompolin
2. Mandi bola
3. Jepit jemuran utk menjepit potongan kertas , kain
4. Pasir sekarang ada pasir imitasi bisa di beli di toko sederhana sebelah pasar agung
5. Menginjak rumput
6. Mendengarkan Suara2 spt balon yang meletus , suara gemericik air , suara ketok2 palu,
7. Main berbisik2
8. Bermain tebak2 an dg Menulis angka dan huruf di punggung anak
9. Sikat sensory
10. Bermian spon yg cuci piring
11. Bermian busa di ember dg mengocok menggunakan tangan
12. Mensobek2 daun pisang , kertas
13. Membuat lem dg tapioka diberikan warna
14. Lempar tangkap bola
15. Berenang
16. Bermian balok, puzzle , menggunting , lem
17. Bermian pledo
18. Mewarnai , mencat
18. Dan masih banyak lagi permainan2 ana pernah liat di toko sederhana di lantai 2
Semua permainan itu didampingi orang tua/guru sambil diajak bermian dan diarahkan serta sambil di ajak bicara ...
jika anak suda melakukan kegiatan dg baik maka diapresiasi dg diberikan tos, jempol , bintang dll
Yang penting jauhkan anak dari gedget dan TV (tontonan yang merusak), berikan pemahaman ttg aqidah jika anak sudah menyimpang dg daya imajinasi yg menyelisihi syariat atau perilaku yg menyimpang ...
Masya Allah ... Alhamdulillah jadi menambah ilmu ..semoga barokah dan bermnafaat ...
Utk terapi wicara berikan anak instruksi satu2 ...
Dengan gaya bahasa dan intonasi yg bisa dipahami oleh anak ...
Jika anak memahami maka diberikan apresiasi juga ..
Ketika anak merengek dan menangis maka berikan pemahaman dan diajarkan utk bicara dgn jelasd lakukanlah dg konsisten ...
Semuanya Semuanya membutuhkan kesabaran dan keikhlasan serta wajah yang gembira serta ilmu ...teruslah memberikan semangat dan motivasi yg baik dg kata2 yg santun kepada anak ...
Jauhkan anak2 dari lebel2 yg jelek ...
Jangan lupa terus berdoa kepada Allah ...
No comments:
Post a Comment